JA Teline V - шаблон joomla Форекс

BULELENG
Typography

SINGARAJA -fajarbali.com | Lima Desa Di Kabupaten Buleleng raih sertifikat utama Bidang Lingkungan Hidup Melalui Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2019 dari  Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  Republik Indonesia.

Sebelum dipastikan lima Desa ini,  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng Yang dipimpin Oleh Gede Ariadi Pribadi, S.STP., MAP mengusulkan 17 Desa untuk dilakukan verifikasi. Penyerahan Sertifikat i dilangsungkan dalam Apel Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 91 Tahun 2019 di halaman Kantor Bupati Buleleng. Penyerahan ini dilaksanakan oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST didampingi Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG serta Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna.

Proklim Merupakan Program  Nasional yang Dikelola Oleh KLHK dalam rangka meningkatkan keterlibatkan Masyarakat untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim serta pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan dapat meningkatkan kesejahtraan ditingkat lokal sesuai kondisi wilayahnya.

Lima desa yang mendapat siertifikat Proklim adalah Desa Les Kecamatan Tejakula, Desa Sudaji Kecamatan Sawan, Desa Kerobokan Kecamatan Buleleng, Desa Selat Kecamatan Sukasada Dan Desa Munduk Kecamatan Banjar. Kepala dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng Gede Ariadi Pribadi, S.STP., MAP mengatakan penyerahan Sertifikat ini merupakan hasil dari penilaian dari KLHK terhadap lokasi Proklim yang sudah melaksanakan  adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim.”Penilaian  dari Proklim ini adalah Desa yang sudah melaksanakan kegiatan adaptasi dan mintigasi yang berkaitan dengan perubahan iklim terutama penanggulangan bencana, pengelolaan sampan dan juga penghijauan dilokasi,”ucapnya. Dengan diserahkan sertifikat kelima desa tersebut,  Gede Ariadi Pribadi akan melakasanakan Pembinaan terhadap kelima desa yang meraih Sertifikat Utama Proklim tahun 2019.”Dengan meraih Sertifikat Utama, kami di Dinas Lingkungan Hidup akan melaksanakan pembinaan terhadap kelima desa peraih sertifikat, mudah-mudahan kedepan kelima desa ini mendapatkan tropy terhapad proklim,”jelasnya.

Usai Apel Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST sangat mengapresiasi kepada kelima desa yang telah mendapatkan sertifikat utama di bidang proklim pada tahun 2019. Dengan raihan ini. Bupati PAS berharap kedepan para pelaku yang ada di desa harus menjadikan lingkungan sebagai bagian terpenting.”Seluruh Desa harus Mulai menjadikan lingkungan sesuatu hal yang  penting buat pelestarian lingkungan yang ada di Buleleng,”ucapnya. Lebih lanjut, Bupati PAS menambahkan Proklim merupakan upaya pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi dengan pelestarian lingkungan dan juga sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan.“Program ini juga bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di sekitar area konsesi, sehingga mereka bisa mencapai kesejahteraan secara sosial dan ekonomi melalui praktik yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan,”terangnya. W – 008