JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Rotary Club of Bali Taman Bantu PMI Jembrana

JEMBRANA
Typography

NEGARA-fajarbali.com | Tuntuntan kebutuhan darah dari masyarakat, sekarang ini mengharuskan Unit Transfusi Darah (UTD) pada PMI, lebih meningkatan kualitas pelayanan yang harus ditunjang oleh peralatan yang standar.

Bercermin dari itu, Rotary Club of Bali Taman tergerak hatinya membantu sejumlah peralatan sarana penunjang transfusi darah kepada UTD PMI Kabupaten Jembrana. Penyerahan bantuan sarana dari Rotary Club of Bali Taman ini dilaksanakan di RSU Negara, Selasa (16/10/2018).

Sejumlah sarana peralatan yang dibantu di antaranya, 1 unit Centrifuge 12 tube, 1 unit electric sealer, 1 unit kursi donor, 2 unit pel bed, 1 unit coolbox kapasitas 12 kantong dan 1 unit timbangan digital. Hadir dalam penyerahan bantuan tersebut, President Rotary Club of Bali Taman, Nanda Devi, Wakil Sekretaris PMI Provinsi Bali dan  I Gusti Made Arya Wisnu Mataram mewakili Ketua PMI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Alit Putra.

Ketua Kepada UTD PMI Jembrana, dr. AA. Ngurah Made Avatara Sadhaka menjelaskan rata-rata produksi atau pengeluaran darah yang terjadi di Jembrana sebanyak 200 kantong perbulan. Jadi  sebanyak 200 kantong itu, dalam setahun bisa mencapai 2400 kantong darah yang dikeluarkan.

“Tapi itu produksinya masih kecil, tapi ada setiap bulan jumlah pengeluarannya bisa lebih,” ujarnya. Sekarang ini,sudah mulai banyak muncul kelompok-kelompok pendonor, dan ini merupakan hasil dari informasi yang disebarkan di Medsos.

“Mereka para pendonor di beberapa kelompok itu, rata-rata siap dipanggil untuk donor, jika ada yang membutuhkan,” terangnya. Selama ini, UTD PMI Jembrana memang masih kurang sarana untuk kegiatan donor darah atau transfusi darah. “Berkat bantuan dari Rotary, akan dapat lebih menunjang kegiatan PMI di Jembrana,terutama terkait kegiatan donor darah. Selama ini kami tidak punya sarana seperti  kursi donor dan pelbed untuk kegiatan donor di lapangan,” terangnya.

Wakil Sekretaris PMI Provinsi Bali, I Gusti Made Arya Wisnu Mataram pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada kepada Rotary Club of Bali Taman telah menyumbangkan beberapa peralatan kepada UTD PMI Jembrana. Kedepan sumbangan dan bantuan untuk PMI, terutama khusus pada Unit Transfusi Darah (UTD), tak hanya di UTD PMI Provinsi tetapi juga untuk UTD PMI yang tersebar di kabupaten / kota se Bali. Tentu saja, permohonan peralatan tetap berdasarkan kebutuhan dan data yang ada di PMI. Untuk UTD di kabupaten/kota, data dapat diakses di UTD Provinsi Bali yang berlokasi di RSUP Sanglah.

Sementara itu, President Rotary Club of Bali Taman, Nanda Devi usai penyerahan bantuan sarana peralatan  kepada UTD PMI Jembrana berharap bantuan sarana peralatan kepada PMI di kabupaten khususnya di Jembrana, agar dapat memudahkan aktifitas dari PMI, apalagi pendonor makin banyak dan darah yang ditampung makin banyak serta saat dibutuhkan darah-darah tersebut cukup tersedia.

“Sarana peralatan ini yang kami berikan, mudah-mudahan mempermudah dan menjadikan sesuatu yang lebih nyaman untuk pendonor.Jadi pendonor makin suka mendonorkan darahnya, sehingga jumlahnya makin bertambah, sehingga banyak jiwa yang bisa kami bantu,” ujarnya. (prm)