JA Teline V - шаблон joomla Форекс

GIANYAR-fajarbali.com | Pasar Tubuh, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar diresmikan dan diserahkan langsung oleh Bupati Gianyar Made Mahayastra, Selasa (19/2/2019).

GIANYAR-fajarbali.com | DLH Gianyar menyebutkan kualitas air pada sumber mata air dan di sejumlah beji (mata air untuk upakara) yang terdapat di Gianyar kondisinya masih dalam batas  baku mutu. Walau demikian, yang dikhawatirkan adalah akibat pencemaran lingkungan tidak diantisipasi segera oleh warga di sekitarnya.

GIANYAR-fajarbali.com | Di tengah semangatnya kepedulian terhadap lingkungan, masih ada warga yang membuang sampah sembarangan.

GIANYAR-fajarbali.com | Setelah mendapat predikat sebagai Kota Pusaka, kini Kabupaten GIanyar mendapat julukan sebagai Kota Kerajinan Dunia (World Craft City WCC).

SEMARAPURA-fajarbali.com | Tak ada toleransi lagi, Rabu (13/2/2019) Pemerintah Kabupaten Klungkung menghentikan sekaligus melarang aktivitas pencarian batu sikat di sepanjang Pantai Klotok.

SEMARAPURA-fajarbali.com | Penegakan Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kabupaten Klungkung nampaknya tak bisa ditawar-tawar lagi.

SEMARAPURA-fajarbali.com | Warga Desa Tegak, Kecamatan Klungkung terus menggali potensi yang tersimpan di desanya. Khususnya di sektor pariwisata. Hal ini menyusul cita-cita Desa Tegak bertransformasi menjadi desa wisata. Salah satu objek yang diunggulkan yakni, mata air Tirta Sudamala Centeng. Mata air yang dipercaya sanggup menyembuhkan berbagai penyakit non medis ini dipercaya sanggup menopang Desa Tegak menjadi salah satu tujuan wisata spiritual. 

Minggu (10/2/2019) Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta bersama rokoh masyarakat Tegak serta paguyuban Jaya Kumara Santi (JKS) meninjau mata air Tirta Sudamala Centeng tersebut. Selama ini, mata air yang terletak di bantaran Tukad Centeng ini belum dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga airnya sebagian besar terbuang percuma ke Tukad Centeng. Padahal debit airnya mencapai 10 liter per detik. 

"Warga setempat hanya mampu mengambil air dari mata air ini menggunakan botol galon plastik. Mata air ini diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, terutama penyakit non medis serta  tirta pengelukatan pengelebur mala," jelas Wabup Kasta.

Untuk mencapai mata air tersebut, pengunjung harus menuruni anak tangga sejauh 200 meter. Selain untuk pengelukatan pengelebur mala, sumber mata air ini juga digunakan sebagai tempat pesucian Ida Batara Desa Pakraman Tegak.

Mendapati potensi tersebut, Wabup Kasta langsung mengintruksikan kepada masyarakat Desa Tegak untuk segera membentuk Pokdarwis. Selanjutnya anggota Pokdarwis bertugas melakukan penataan, sehingga mata air ini dapat jadikan objek wisata spiritual. "Sudah dari dulu kami berjanji untuk turun ke sumber mata air Tirta Sudamala Centeng, semoga sumber mata air ini bisa diangkat menjadi objek wisata spiritual pengelukatan Sudamala," harap Wabup Kasta.

Sementara Perbekel Desa Tegak, I Ketut Sujana, mengatakan selama ini warga hanya memanfaatkan mata air tersebut untuk tirta dan dikonsumsi sendiri. "Untuk mencapai sumber air ini diperlukan tenaga ekstra karena harus berjalan kaki menuruni anak tangga yang sedikit terjal. Kami perlahan-lahan  segera akan merancang desa wisata. Apalagi Desa Tegak memiliki  sejumlah objek yang potensial untuk dikembangkan sebagai desa wisata. Harapan kami ditahun 2021 nanti, semua ini sudah bisa dikembangkan," ungkapnya. (dia)

SEMARAPURA-fajarbali.com | Bertahun-tahun terbengkalai, kondisi Dermaga Gunaksa kian memprihatinkan. Padmasana dan tembok penyengker tergerus, gudang genset serta breakwater hancur.

BANGLI-fajarbali.com | Seorang pelaku pencurian dibekuk jajaran tim Opsnal Polres Bangli, lantaran terungkap melakukan aksi pencurian berupa kamera dan sejumlah perhiasan emas.

BANGLI-fajarbali.com | Bupati Bangli I Made Gianyar meminta masyarakat, khususnya generasi muda atau kaum milenial di Bangli tidak malu menjadi petani.

BANGLI-fajarbali.com | Kondisi ruas jalan di Desa Buahan penghubung tiga desa yakni desa Terunyan, Desa Abang Batu Dinding dan Desa Abang Songan-Kintamani belakangan kian mengkhawatirkan.

BANGLI-fajarbali.com | Minimnya tenaga pendidik di Kabupaten Bangli selama ini kerap menjadi keluhan. Ironisnya, peluang untuk merekrut CPNS termasuk PPPK justru tidak diambil oleh Kabupaten Bangli.

AMLAPURA-fajarbali.com | Kecelakaan Jalur lalulintas di wilayah Kecamatan Sidemen menuju Klungkung, tepatnya di Desa Talibeng kembali terjadi. Kali ini, tabrakan beruntun antara mobil truk pengangkut galian C dengan truk kosong, Pick Up serta sepeda motor.

AMLAPURA-fajarbali.com | Bupati Kabupaten Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri  meraih penghargaan Adhitya Karya Mahatva Yodha Award 2018 atas dedikasinya sebagai Pembina Umum Karang Taruna Terbaik Kabupaten/Kota se-Indonesia.

AMLAPURA-fajarbali.com | Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa melayat ke rumah duka dua warga korban longsor di Dusun  Jatituhu, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem yang terjadi pada Minggu (28/1/2019) malam. 

AMLAPURA-fajarbali.com | Menindaklanjuti laporan dari BPBD Kabupaten Karangasem, Bupati IGA Mas Sumatri tinjau lokasi terjadinya bencana gelombang pasang di sepanjang Pantai di Kecamatan Kubu, yang terjadi pada Rabu (23/1/2019).