JA Teline V - шаблон joomla Форекс

BANGLI
Typography
BANGLI - fajarbali.com | Secara berturut-turut, Pemerintah Kabupaten Bangli kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019 dari BPK RI Perwakilan Provinsi Bali. Raihan prestasi ini merupakan ke-4 kalinya bagi Pemkab Bangli.


Penyerahan piagam penghargaan Pemerintah RI kepada Pemkab Bangli yang meraih opini WTP atas LKPD diserahkan oleh Kakanwil Ditjen Pembendaharaan Provinsi Bali Tri Budhianto diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangli Ir. Ida Bagus Gde Giri Putra, MM. Penyerahan tersebut dilaksanakan di Ruang Krisna Setda Kabupaten Bangli yang dihadiri oleh Pimpinan Unit Kerja dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangli, Selasa, (17/11/2020)




Sekda Bangli Ida bagus Gde Giri Putra mengatakan, dengan Bangli mendapat penghargaan Opini WTP ke-4 kalinya, merupakan motivasi kedepan sehingga tata kelola keuangan daerah semakin baik, dalam pengertian sesuai aturan dan bisa memberikan kontribusi buat kesejahteraan masyarakat. "Yang kita kejar bagaimana catatan-catatan itu semakin mengecil untuk menjadi WTP yang sempurna yang tanpa catatan. Ini menjadi beban dan motivasi kita kedepan.  Harus selalu ada evaluasi dan review terhadap kegiatan-kegiatan yang dianggap kurang sesuai secara administrasi. Dan inilah yang kita evaluasi dan untuk kita lakukan secara solid dan nanti para OPD didalam melaksanakan kegiatan APBD dalam tata kelola APBD berikutnya harus  semakin maju kedepannya. Sehingga keuangan bisa cair cepat, tepat guna, tepat waktu, tepat sasaran dan tanpa mengurangi nilai-nilai dari ranah aturan yang ada," ungkapnya. 




Sementara Kakanwil Ditjen Pembendaharaan Provinsi Bali Tri Budhianto mengatakan dengan Bangli meraih Opini WTP yang ke- 4 berturut-turut, ini merupakan prestasi yang luar biasa. "Ini harus tetap dipertahankan lagi untuk seterusnya dan untuk itu memang perlu koordinasi, sinergi yang luar biasa dari seluruh jajaran yang ada di pemerintah kabupaten Bangli," pintanya. Terlebih, lanjut dia, untuk pelaporan keuangan pemerintah daerah pemeriksaannya dilakukan oleh BPK, dari tahun ke tahun semakin bertambah dan tadinya hanya melihat laporan keuangannya saja dan sekarang BPK sudah mulai melihat kinerjanya. "Jadi dari tahun ke tahun semakin meningkat kualitasnya, nah untuk itu memang perlu persiapan dari seluruh aparatur yang ada di pemerintah kabupaten Bangli ini untuk mempersiapkan agar selalu mempertahankan capaian opini WTP," jelasnya. 




Karena bagaimanapun juga opini WTP ini mencerminkan bahwa pengelolaan keuangan daerah sudah dilakukan dengan baik, dari sisi kesesuaian dengan peraturannya, kemudian juga pengungkapannya atas laporan keuangan yang kita dapat dengan jelas. Berikutnya, juga kesesuaian dengan sistem standar akutansi pemerintah dan juga termasuk peran dari aparat pemeriksa daerahnya, itu berarti sistemnya sudah berjalan dengan baik. Dengan demikian, ini mencerminkan kepada masyarakat  bahwa pengelolaan keuangan di Bangli sudah berjalan dengan baik dan harapannya ini berimbas kepada pembangunan, sehingga pembangunannya sudah berjalan dengan baik. Diakui pula, pihaknya belum pernah melihat sampai saat ini WTP yang mulus pasti ada catatan catatannya, dan itu menjadi perhatian kita bagaimana supaya kedepannya catatan-catatan itu tidak muncul lagi. (arw).