JA Teline V - шаблон joomla Форекс

BANGLI
Typography

BANGLI-fajarbali.com | Berbagai persiapan untuk acara pelantikan 30 calon terpilih anggota DPRD Bangli periode 2019-2024, telah mulai dilakukan Sekretariat Dewan (Sekwan) Bangli.

Salah satunya, pengukuran Pakaian Sipil Lengkap (PSL) bagi calon wakil rakyat yang akan digunakan pada saat Pelantikan tanggal 12 Agustus 2019 sudah rampung dilakukan.  Yang mana, untuk anggaran pelantikan yang disiapkan sebanyak Rp 600 juta.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Bangli, Anak Agung Panji Awatarayana saat dikonfirmasi Kamis (04/07) membenarkan persiapan pelantikan anggota dewan anyar telah mulai dilakukan.

“Untuk pengukuran pakaian yang akan digunakan saat pelantikan, hari ini sudah selesai semuanya,” jelasnya. Kata dia, pengukuran pakain tersebut sudah dilakukan meski KPU Bangli belum melakukan penetapan kursi dan calon terpilih karena persiapan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. “Untuk pengadaan PSL, kan tidak bisa selesai dalam hitungan sehari atau dua hari. Apalagi yang kita siapkan dalam satu paket, dari pakaian jas, peci, dasi, lencana berlapis emas 8 gram hingga plang nama masing-masing calon anggota dewan,” ungkap Agung Panji.

Kata dia, pengadaan pakaian untuk anggota dewan telah mengacu pada aturan yang berlaku. Yakni,  PP nomor 18 tahun 2017, tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Dikatakan, pengadaan pakaian ada yang tiap lima tahun sekali, dan ada pula yang tiap tahun. Contohnya pakaian sipil harian, pakaian sipil resmi, pakaian dinas harian lengan panjang, serta pakaian bercirikan khas daerah. ini disediakan tiap tahun. “Sedangkan pakaian sipil lengkap, pengadaannya sekali dalam lima tahun,” tegasnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga mengakui sesuai rencana tempat pelantikan akan dilakukan di Kantor DPRD Bangli tanggal 12 Agustus 2019. “Untuk lima tahun lalu, pelantikan dilakukan tanggal 11 Agustus 2014. Namun karena tanggal 11 Agustus 2019 adalah hari minggu, sehingga pelantikan rencananya akan dilakukan keesokan harinya, pada hari Senin tanggal 12 Agustus mendatang. Itu, juga sudah ada aturannya,” sebutnya.

Sementara anggaran pelantikan 30 anggota wakil rakyat itu, pihaknya mengaku sudah merancang anggaran mencapai Rp. 600 juta. Sebab, kata Agung Panji, selain untuk pengadaan pakaian juga untuk keperluan biaya dokumentasi, dekorasi, cetak kartu undangan, sewa tenda, petugas keamanan, hingga sarana upacara berupa banten. Namun yang paling banyak menyedot anggaran, diakui, untul biaya konsumsi sebesar Rp. 86,4 juta, serta biaya pengadaan pakaian dinas dan atributnya sebesar Rp. 390 juta.

Meski demikian, karena jumlah anggaran itu masih berupa rancangan dan dibuat berdasarkan standar biaya saat ini. Sehingga dalam pelaksanaan nantinya, tetap menyesuaikan berdasarkan proses penawaran. Ia juga tidak menampik, jumlah anggaran pelantikan anggota DPRD Bangli periode 2019-2024, mengalami peningkatan dari periode sebelumnya.

“Secara total, kurang lebih peningkatannya sebesar 20 persen, dibandingkan anggaran pelantikan anggota dewan periode sebelumnya. Peningkatan ini terjadi di semua item. Ini wajar terjadi karena ada fluktuasi harga antara tahun ini dibandingkan dengan lima tahun lalu,” pungkasnya. (ard)