JA Teline V - шаблон joomla Форекс

GIANYAR
Typography
Gianyar-fajarbali.com | Setelah lampu hias di pusat kota Gianyar terpasang, Pemkab Gianyar melalui Dinas Perhubungan akan menambah pemasangan lampu hias baik di jalan nasional dan jalan kabupaten. Hal ini dijelaskan Kadishub Gianyar, I Wayan Suamba, Selasa (6/4/2021) kemarin.

Dikatakannya, lampu penerangan jalan (LPJ) yang ada unsur estetikanya nantinya menyesuaikan bentuknya dari LPJ yang ada di pusat kota. Ruas jalan yang nantinya dipasang LPJ adalah di Jalan Kebo Iwa, Bitera sampai ke Buruan dan jalan kabupaten lain. Dikatakannya lagi, yang sudah terpasang di Kota Gianyar berisi tiga lampu, namun yang terpasang nanti di jalan kabupaten, satu tiang dengan dua lampu.

“Dari Bapak Bupati pemasangan lampu penerangan seperti yang sudah terpasang dilanjutkan, saat ini sedang dalam perencanaan. Bentuk dan jarak nanti disesuaikan, namun prinsip disain masih sama dengan yang sudah terpasang,” jelas Wayan Suamba.

Baca Juga :
Bantu Tanggulangi Bencana di NTT, PMI Bali Galang Donasi
Siklon Tropis Seroja Berpotensi Timbulkan Cuaca Buruk di Bali


Kadishub Suamba juga menjelaskan, kelanjutan pemasangan LPJ itu saat ini dalam tahap perencanaan, sehingga belum diketahui berapa titik lampu yang akan terpasang dan berapa total anggaran yang dibutuhkan.

“Ini sedang penyusunan perencanaan, kita siapkan perencanaan. Artinya pemasangan LPJ berlanjut sampai ke ruas jalan kabupaten,” jelasnya.

Untuk lampu hias yang sudah terpasang sebanyak 230 titik yang semuanya di pusat kota dan sampai ruas jalan Dharmagiri. Pemasangan lebih lanjut berkisar antara 200 titik lampu, namun  pemasangan lampu ini jaraknya tidak serapat yang sudah terpasang. Suamba juga menjelaskan dengan lampu LED tersebut penggunaan listrik jauh lebih irit, dibandingkan dengan lampi mercury konvensional.

Sedangkan untuk seluruh Kabupaten Gianyar sudah terpasang LPJ sebanyak 6.700 LPJ. Kesemua titik lampu ini kedepannya semua menggunakan panel kilometer, sehingga berapa penghabisan pemakaian listrik, sebesar itu yang dibayar.

“Sebelumnya, pembayaran dengan system landsame, dibayar semua walau ada lampu mati. Sambungan illegal ini terus kita tertibkan, agar pemasangan LPJ melalui panel kilometer,” jelasnya.

Disisi lain, oleh masyarakat masih banyak terdapat sambungan illegal ke kabel PLN langsung untuk LPJ. Walau demikian, Pemkab Gianyar tidak bias memenuhi semua harapan masyarakat terkait pemasangan LPJ. Hal ini dikarenakan adanya skala prioritas yang tidak memungkinkan pemasangan lampu hias hingga ke pelosok Kota Gianyar. (sar)