JA Teline V - шаблон joomla Форекс

GIANYAR
Typography
GIANYAR-fajarbali.com | Pada hari Senin, bertepatan penyajaan Galungan, sejumlah warga sudah melakukan potong Babi. Selain membeli daging di pasar beberapa warga juga melakukan potong Babi dengan mepatung. Daging babi hidup dengan harga Rp 38ribu, naik menjadi Rp 40 sampai Rp 45ribu di tingkat peternak. 
 
Dikonfirmasi Kepala Disperindag Gianyar, Luh Gede Eka Suary menjelaskan harga saat ini sudah mengalami kenaikan dibandingkan sepekan lalu, dimana saat itu harga daging hidup Rp 38 ribu per Kg. Namun menurut Eka, kenaikan tersebut relatif wajar. Sebab saat ini kebutuhan akan daging babi relatif tinggi untuk Hari Raya Galungan. "Hari ini, harga daging babi di peternak Rp 40 ribu per kilogram masih hidup. Sepekan lalu masih di angka Rp 38 ribu. Sementara di pasar, harga saat ini Rp 85 ribu per kilogram," ujarnya. 
 
Disebutkan, harga daging babi ditentukan peternak sendiri. Walau demikian, peternak melakukan kenaikan tidak signifikan dan masih bisa dijangkau oleh pembeli. "Belum ada keluhan, semua maklum harga saat jelang Galungan naik," jelas Eka Suary. Salah satu peternak, Made Dana Wirawan menjelaskan bersyukur bisa menjual dua ekor babinya. Dimana seekor babinya dengan berat 105 kg dan sudah bisa dipotong. 
 
Pada kalangan peternak, menurutnya bisa menikmati nilai ekonomis harga babi. "Sebelumnya, bibit babi dan pakan sulit. Kini sudah ada harganya dan distribusi pakan juga merata," ujar Wirawan. Ditambahkan, peternak juga bersemangat beternak dengan jumlah ternak rata-rata 6-10 ekor.sar

BERITA TERKINI