JA Teline V - шаблон joomla Форекс

GIANYAR
Typography

GIANYAR-fajarbali.com | Sekitar 3.000 warga Blahbatuh dan sekitarnya ikut mengusung Bade Padma Negara yang terbagi dalam 9 etape.

Warga ini mengusung bade dari Puri Agung Blahbatuh ke arah barat, Setra Ageng Blahbatuh sekitar 2 km. Dari pagi Selasa (18/12/2018) keramaian sudah tampak di Puri Agung Blahbatuh.

Bade Padma Negara dengan ketinggian 24 meter ini dikerjakan dalam waktu singkat, sebagai tempat pemereman terkahir mendiang I Gusti Ngurah Jelantik. Sedangkan 3.000 pengusung tersebut berasal dari 13 banjar di delapan banjar dari Blahbatuh dan lima banjar dari luar Blahbatuh.

Selain dipadati oleh 3.000 orang yang mengusung, sepanjang jalan dari Puri Blahbatuh menuju Setra juga dipadati warga untuk menonton sambil mengabadikan peristiwa tersebut. Termasuk hadir pula undangan dari berbagai daerah termasuk kerabat dari Puri sajebag Bali.

BERITA TERKAIT: Tiga Ribu Krama Bakal Usung Bade Padma Negara Setinggi 24 Meter

Putra mendiang, Anak Agung Kakarsana di sela-sela persiapan pelebon menyebutkan pelebon tersebut untuk menghormati mendiang ayahnya, yang juga merupakan penglingsir Puri Ageng Blahbatuh. Disebutkannya mendiang ayahnya ikut aktif dalam kegiatan forum kerajaan nusantara dan pengemar tanaman hias anggrek. Dikatakannya, pemereman dengan Padma Negara adalah pakem yang sudah ada di puri, “Pemereman, warga pengusung dan melibatkan 13 banjar,” terang AA Kakarsana.  Disebutkannya juga, undangan yang hadir mulai dari raja-raja se-nusantara, TNI, Polri dan Penglingsir Puri di Bali dan tokoh masyarakat.

Ditemui di lokasi, Kapolres Gianyar, AKBP Priyanto Priyo Hutomo menyebutkan Polres Gianyar mengerakan 80 orang personil untuk pengamanan.

“Fokus utama kami adalah pengamanan jalur lalulintas. Karena arah ke Puri Blahbatuh tertutup kecuali untuk undangan dan penghuni,” terang Kapolres Priyanto Priyo Hutomo. Dikatakannya sejauh pemantauannya, seluruh personel yang bertugas di setiap titik, arus lalulintas berjalan lancer.

Yang paling belakang saat pengusungan Bade Padma Negara hadir komunitas Trash Hero, yang memunguti sampah di sepanjang jalan setelah pengarakan. Sampah yang banyak dipungut adalah sampah bekas minuman air atau air mineral yang disediakan untuk pengusung dan dibawa oleh penonton. (sar)