JA Teline V - шаблон joomla Форекс

GIANYAR
Typography

GIANYAR - fajarbali.com | Stok darah di PMI Gianyar semakin menipis akibat meluasnya pandemi COVID-19 yang mengharuskan pembatasan aktivitas berkumpul. Bahkan banyak lembaga, perusahaan dan instasi lainnya yang membatalkan kegiatan donor darah yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Sementara stok darah yang kini tersisa sangat riskan dan hanya tersedia stok amergensi. 

 

 

Hal ini disampaikan Ketua PMI Gianyar, Cokorda Wisnu Parta. Atas kondisi ini, membuat pihak PMI Gianyar gusar, karena penurunan stok darah sangat signifikan. Dikatakannya, kebutuhan darah rata-rata 900 kantong perbulan sebelumnya hanya terpenuhi sekitar 700 kantong, pada bulan Maret ini malah turun hingga 300 kantong yang terpenuhi. “Stok darah yang kami miliki sekarang benar-benar pada posisi sangat riskan. Karena kami hanya memiliki stok darah untuk amergenci saja,” ungkap Ketua PMI Gianyar, Cokorda Wisnu Partha, disela kegiatan donor yang digagas PDIP Gianyar di Blahbatuh, Senin (30/3/2020).

 

Disisi lain, jumlah pendonor di Gianyar terus berkurang akibat pembatasan kegiatan sosial. Belum lagi kekhawatiran pendonor dengan kondisi kesehatanannya serta kesangsian sterilisasi saat pelaksanaan donor. Mengantisipasi keraguan para pendonor, PMI Gianyar menjamin jika tempat dan semua peralatan steril dan setiap saat dilakukan penyemprotan desinfektan. “Bagi pendonor kami minta agar tidak terpengaruh isu-isu yang menyatakan bahwa berdonor akan melemahkan kondisi tubuh. Malah sebaliknya, akan menyehatkan dan tidak ada kaitannya dengan tingkat imun,” tegas Cok Parta.

 

Ketua Komisi I DPRD Gianyar, salah satu srikandi PDIP, Ni Made Ratnadi menyebutkan kegiatan donor darah ini digagas lantaran banyaknya keluhan warga yang kesulitan serta tidak mendapat pelayanan darah dari PMI. Setelah dilakukan pengecekan, kondisinya memang benar bahwa PMI benar-benar paceklik darah akibat banyaknya pembatalan pelaksanaan donor darah oelh lembaga-lembaga masyarakat. “Melihat kondisi ini, meski di tengah berjuang melawan Covid 19, kami pun harus bergerak demi kemanusiaan ini. Cuma untuk menghindari kerumunan kami lakukan secara bertahap ddan pemanggilan pendonor secara bergantian pula,” terang Ratnadi.

 

Senin kemarin pihaknya menggelar di dua tempat yakni di Blahbatuh dan Sukawati dengan melibatkan kader dan simpatisan. Aksi ini dipastikan terus berlanjut hingga kebutuhan darah di Gianyar terpenuhi. Tidak hanya kader partai, pada kesempatan ini juga akan mengajak seluruh masyarakat untuk ambil bagian untuk menyumbangkan darahnya. “Di pertama ini, donor masih berlangsung dan baru mengumpulkan 15 kantong darah. Kami yakin, PDIP dan berkat kesadaran masyarakat, kebutuhan darah akan terpenuhi,” tutupnya.(gds).