JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KARANGASEM
Typography

AMLAPURA-fajarbali.com | Pemerintah Kabupaten Karangasem merayakan puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38. Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa mengajak, dalam Peringatan Hari Pangan Sedunia  ini untuk manfaatkan sumber-sumber kabohidrat dari potensi pangan lokal.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati, saat menghadiri peringatan hari pangan sedunia mengangkat tema “Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Perkarangan Yang Berkelanjutan” di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, Senin (10/12/2018).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Karangasem, I Nyoman Mertha Tanaya mengatakan, peringatan Hari Pangan Sedunia dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, perhatian dan tindakan terhadap pentingnya penanganan masalah pangan untuk menjamin pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi serta keamanan pangan di tingkat global, nasional dan regional. Mertha Tanaya menambahkan berbagai kegiatan juga telah dilaksanakan serangkaian dengan peringatan Hari Pangan Sedunia ke-38, diantaranya kegiatan Lomba Ketahanan Pangan dan Lomba Cipta Menu.

"Selain itu, kami juga telah mengadakan Pameran Produk Olahan Pangan Lokal dan Pameran Rumah Pangan Lestari dengan sistem Vertikultur," ujar Mertha Tanaya. 

Sementara Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa,mengatakan, peringatan Hari Pangan Sedunia dimaksudkan untuk mengingatkan bahwa betapa pentingnya pangan masa sekarang dan masa yang akan datang, sehingga pemantapan ketahanan pangan merupakan salah satu prioritas dalam pembangunan dan merupakan tanggungjawab bersama bagi semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat yang harus laksanakan untuk keberlanjutan peradaban manusia dalam upaya membangun kemandirian pangan.

"Peringatan Hari Pangan Sedunia tingkat Kabupaten ini juga harus dimaknai sebagai salah satu langkah untuk terus meningkatkan ketahanan pangan bagi seluruh masyarakat  dalam memenuhi ketersediaan, kecukupan dan penganekaragaman pangan," ujarnya. 

Untuk meningkatkan kualitas konsumsi pangan, wakil bupati Wayan Artha Dipa menganjurkan, untuk lebih meningkatkan asupan buah-buahan, sayuran, daging dan ikan, dan mengurangi porsi beras sebagai sumber kabohidrat. Pihaknya juga mengajak agar manfaatkan sumber-sumber kabohidrat dari potensi pangan lokal diantaranya umbi-umbian. "Keragaman konsumsi pangan merupakan salah satu strategi untuk mencapai ketahanan pangan secara berkelanjutan," ujarnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Karangasem Artha Dipa menyerahkan hadiah dan piagam penghargaan kepada para pemenang lomba serangkaian peringatan Hari Pangan Sedunia dan juga kepada I Wayan Murdani sebagai Ketua Kelompok Tani Putri Mandiri dari Desa Duda Timur atas keberhasilannya meraih Juara II Pengolahan Pangan Lokal Tingkat Provinsi Bali Tahun 2018. Peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2018 di Kabupaten Karangasem memamerkan berbagai produk hasil olahan pangan lokal Karangasem. (bud)