JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KARANGASEM
Typography

AMLAPURA-fajarbali.com | Guna memberikan wadah kepada generasi muda untuk lebih memahami budaya dan tradisi, Pemkab Karangasem kembali menggelar Lomba Jegeg Bagus Karangasem 2019, yang kini telah sampai pada tahap Seleksi Pratama dimana akan memilih 8 pasang Finalis Jegeg Bagus yang diadakan di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, Minggu, (12/5/2019) lalu.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Karangasem, Ni Made Suradnyani,menyampaikan, pelaksanaan pemilihan jegeg bagus Karangasem tahun 2019 adalah menyiapkan Duta Pariwisata Kabupaten Karangasem dalam melestarikan mengenalkan dan mempromosikan seni budaya dan potensi pariwisata daerah pada tingkat lokal,Nasional maupun Internasional. Tujuan lainnya untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dan kapasitas generasi muda menjadi figur yang kreatif, inovatif, percaya diri dan memiliki wawasan yang baik tentang budaya daerah.

Made Suradnyani menyebutkan, kriteria peserta untuk kategori usia peserta dibatasi antara 16-24 tahun. Sementara untuk kategori tinggi badan, peserta Jegeg tinggi minimal adalah 163 cm sedangkan untuk Bagus, tinggi badan minimal 168 cm.Setelah melalui seleksi administrasi, 39 orang peserta dinyatakan lolos dengan rincian, 20 orang Bagus dan 19 orang Jegeg. “Dari jumlah itu akan disaring dan diseleksi lagi untuk mendapatkan 8 pasang calon finalis Jegeg Bagus Karangasem,” ujar Made Suradnyani.

Sedangkan Kadis Pariwisata Kabupaten Karangasem, I Wayan Astika, mengatakan, sektor kepariwisataan merupakan salah satu andalan Kabupaten Karangasem yang terus berkembang. Keberhasilan sektor ini akan mempengaruhi tingkat perekonomian dan tingkat kesejahteraan masyarakat khususnya dalam meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) . Selain itu, pariwisata merupakan penghasil PAD urutan kedua di Kabupaten Karangasem, yang akan berdampak pada terjadinya percepatan pengentasan kemiskinan. "Ini adalah salah satu upaya Pemerintah dalam mendukung kegiatan yang berdampak positif kepada generasi muda untuk melestarikan budaya.Saya harap ajang ini dapat mendorong generasi muda untuk senantiasa meneruskan dan bergerak dalam pembangunan kepariwisataan di Karangasem,” ujar  Wayan Astika.

Astika juga berharap, para peserta agar lomba ini tidak semata -mata hanya untuk mengejar juara, melainkan sebagai sarana menambah wawasan dan pengalaman. Ia meminta peserta yang lolos 8 besar,  mempersiapkan diri dengan maksimal dalam tahap penentu yaitu Grand Final yang akan dilaksanakan pada 23 Juni 2019 di Panggung Hiburan Stadion Padangkerta.

Adapun peserta Jegeg Bagus Karangasem yang lolos kedelapan besar yakni,  finalis Jegeg Karangasem ,Ni Komang Ratna Widyantari, Ni Nyoman Martha Adnyani, Putu Ratih Padmarini Gantari Sari, Ni Wayan Sumiati, Ni Metut Tika Suariningsih, Ni Kadek Ratih Maheswari,  Ida Ayu Putu Kosaliarini,Made Malinda Cintya Sukmatari. Sedangkan finalis Bagus Karangasem, I Gede Agung Wiweka Reswananda, I Kadek Pasek Kusuma Adi Putra, I Gusti Nyoman Agus Yoga Sastra Guna, Anak Agung Made Wisnu Pratya Wangsa, I Komang Arta Widnyana,I Putu Gede Andreawan, I Gede Prama Aditya, I Gede Purnamayasa. (bud)