JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography
SEMARAPURA-fajarbali.com | Minimnya curah hujan di wilayah Kabupaten Klungkung, membuat para petani was-was. Lantaran sawah-sawah mulai mengering dan dikhawatirkan berdampak pada hasil panen mereka. Seperti yang terjadi di Subak Dawan, Tempek Dauh Bukit di Desa Dawan Klod, Kecamatan Dawan. Seluas 4 hektar sawah dilanda krisis air, sehingga tanaman palawija yang sudah siap panen justru kekeringan.


Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta yang memperoleh laporan terkait keringnya lahan pertanian yang berada di dekat proyek jalan lingkar barat Dawan Klod itupun langsung meninjau ke lokasi. 

Kelian Subak Dawan Dauh Bukit, Wayan Sumerta menyampaikan, lahan pertanian dengan luas sekitar 4 hektar sangat susah teraliri air. Air hanya mengalir jika aliran sungai deras ketika sebelumnya terjadi hujan. Namun belakangan, ketika musim kemarau melanda wilayah Klungkung, sejumlah anggota subaknya pun mengeluh akibat tanaman yang hampir panen mengalami kekeringan.

Baca Juga :
PDIP Bali Gelar Lomba Busana Adat Bali Lantaran Banyak Penggunaan Tidak Sesuai Pakem
Sisihkan Puluhan Ribu Peserta, Puluhan Satdik di Buleleng Menjadi Sekolah Penggerak


"Padahal sudah dibuatkan saluran air, namun saluran ini belum bisa mengalirkan air sungai ketika surut ke lahan pertanian warga akibat bentuk saluran yang kurang memadai. Hal ini mengakibatkan banyak tanaman warga yang merupakan tanaman palawija mengering dan pasti menyebabkan menurunnya hasil panen," keluh Klian Subak Wayan Sumerta.

Menindaklanjuti persoalan tersebut, Wakil Bupati Made Kasta yang didampingi Perbekel Dawan Klod mengintruksikan Dinas PU PRPKP bidang SDA untuk segera menyikapi keluhan warga.

"Lahan warga harus segera mendapatkan air, segera lakukan kajian dan secepatnya perbaiki saluran irigasi ini sehingga air bisa kembali mengalir lagi ke lahan warga, apalagi sekarang sudah musim kering," ujar Wabup Kasta.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Made Kasta juga menyampaikan apresiasi kepada anggota KODIM 1610/Klungkung yang terus bekerja meski di bawah cuaca panas guna mewujudkan jalan lingkar ini. Apalagi beberapa anggota TNI ada yang tengah menjalankan ibadah puasa juga turut dalam kegiatan tersebut. (dia)