JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA-fajarbali.com | Garam buatan para petani tradisonal di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung kini semakin populer. Apalagi semenjak produk Garam Kusamba tersebut dikemas dan dipasarkan di toko-toko modern.

Namun, kondisi tersebut nyatanya tak lantas membuat para petani garam bernafas lega. Sebaliknya, kini mereka justru khawatir, bersaing dengan banyaknya garam oplosan yang  beredar dan dijual dengan harga lebih murah di pasaran.

Hal itu diungkap oleh Ketua Kelompok Petani Garam Tradisional Sarining Segara Desa Kusamba, Wayan Rena (50), Rabu (3/11/2021). Katanya, memang cukup sulit membedakan antara Garam Kusamba asli dengan garam oplosan. Lantaran keduanya memang terlihat memiliki warna yang putih bersih dan berstektur lembut. Apalagi dari segi harga, garam oplosan semakin dicari konsumen karena dijual lebih murah, yakni berkisar Rp22.000 per kilogram. Sedangkan Garam Kusamba yang asli dijual seharga Rp25.000 per kilogram.

"Tapi pembeli sering  tertipu, karena garam oplosan ini mampu sangat menyerupai Garam Kusamba. Pembeli biasanya tergiur membeli, karena mengira garam oplosan itu Garam Kusamba dengan harga yang lebih murah," ujarnya. Menurut Rena, salah satu cara membedakan antara garam oplosan dengan Garam Kusamba adalah melalui rasa. Disampaikan, Garam Kusamba memiliki rasa yang asin dan gurih. Sementara garan oplosan rasanya asin namun kerap agak pahit.

Ironisnya, Rena mengungkap penjual garam oplosan justru kerap dilakukan oleh warga dari Kusamba. Yang mana biasanya, para penjual garam oplosan mendatangkan bahan baku dari luar Bali. Nah, sebelum dipasarkan, bahan baku yang berupa garam kasar tersebut diolah lagi sehingga warna dan bentuknya meyerupai Garam Kusamba. "Banyak yang jual garam oplosan itu justru dari Desa Kusamba. Garam oplosan itu merupakan garam kasar yang diolah kembali, sehingga bisa menyerupai Garam Kusamba. Bahkan saat ini Garam Kusamba yang banyak beredar di Klungkung itu adalah garam oplosan," ungkapnya.

Melihat kondisi ini, Rena sangat berharap pemerintah segera turun tangan. Yakni dengan memberi perlindungan terhadap produk lokal khususnya Garam Kusamba. Cara tersebu diyakini dapat memotivasi para petani Garam Kusamba khususnya di Karangdadi untuk terus berproduksi dengan optimal. Mengingat selama ini, warga setempat mengandalkan Garam Kusamba sebagai komoditi unggalan dan juga sumber penghasilan.

Di lain sisi, Gubernur Bali, I Wayan Koster bersama Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta juga sempat meninjau secara langsung proses pembuatan garam di pesisir Pantai Karangdadi. Dalam kesempatan tersehut, Gubernur Koster berjanji segera akan mengeluarkan izin produksi Garam Kusamba. "Izinnya nanti pasti keluar, karena ini memang sudah layak. Nanti pasarkan Garam Kamasan ini ke pasar modern dengan kemasan yang menarik," ujar Gubernur Koster didampingi Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati usai mencoba cara petani membuat garam tradisional.

Sementara Bupati Suwirta sangat berharap ada bimbingan dari pemerintah Provinsi Bali untuk bisa memproses izinnya. Apalagi pihaknya di Pemkab sudah tiga tahun berusaha membuat regulasi untuk mewujudkan garam beryodium Kusamba.
"Dulu kita tertatih-tatih agar petani garam di Kusamba bisa tetap berproduksi. Jadi kami berharap bimbingannya dalam mengurus izin," harapnya. (dia)

BERITA TERKINI

Grid List

DENPASAR - Fajarbali.com|Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) bernama Drg. M. Surya Antari (49) yang diduga melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan dalam jual beli rumah diseret ke Pengadilan Negeri (PN) Denpasar untuk diadili.

DENPASAR - Fajarbali.com| Kejaksaan Negeri (Kajari ) Denpasar melaksanakan eksekusi terhadap 19 narapidana (napi) kasus narkotika yang selama ini ditahan di rumah tahanan (rutan) Polresta Denpasar, Senin (29/11/2021). 

DENPASAR-Fajarbali.com | Gugatan pemilik Pipil I Nyoman Siang dan I Rentong dkk melawan konglomerat asal Jakarta, Kwee Sinto, 57, akan berakhir hari Rabu (1/12/2021) di PN Denpasar. 

 

UNGASAN -fajarbali.com |Polresta Denpasar menggelar launching musik video Garudaku Garudamu yang berlangsung di Festival Park Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Desa Ungasan, Kuta Selatan Badung, pada Senin 29 November 2021 malam. Launching ini sekaligus memperingati Hari Pahlawan tahun 2021. 

JAKARTA-fajarbali.com | Danone-AQUA  bersama  Kementerian  Koordinator  bidang Kemaritiman dan Investasi, Pemerintah Provinsi Bali, dan Pemerintah Kabupaten Badung hari ini meresmikan  Tempat  Pengolahan  Sampah  Terpadu  (TPST)  Sampahku  Tanggung  Jawabku (Samtaku) yang berlokasi di Jimbaran. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Kejaksaan Negeri (Kajari ) Denpasar melaksanakan eksekusi terhadap 19 narapidana (napi) kasus narkotika yang selama ini ditahan di rumah tahanan (rutan) Polresta Denpasar, Senin (29/11/2021). 

GIANYAR - fajarbali.com | Anggota DPR RI Komisi VI Nyoman Parta kembali melakukan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan RI, kali ini berlokasi di Balai Banjar Buluh, Desa Guwang, Sukawati, Jumat (26/11/ 2021). Sosialiasi dikemas game edukasi, Nyoman Parta menyajikan materi 4 Pilar dengan sangat menarik, pendekatan kekinian dengan melontarkan pertanyaan kepada para peserta dan berharap materi dapat diterima oleh semua kalangan. Acara ini melibatkan ibu-ibu PKK serta sekaa teruna teruni.hingga anak anak 

DENPASAR-Fajarbali.com|Pengusaha Jakarta bernama Kwee Sinto (57) digugat I Nyoman Siang dan I Rentong dkk sebagai pemilik tanah di Jimbaran, Kuta Selatan, Badung ke PN Denpasar.

 

KLUNGKUNG -fajarbali.com |Kabar gembira. Untuk pertama kalinya taksi terbang EHang 216 resmi melakukan Demo Flight di langit Klungkung, Bali. Kendaraan udara otonom berpenumpang itu sedang menunggu tahap supaya bisa resmi mengudara di langit Indonesia.

 

CANGGU -fajarbali.com |Pengendara yang melintas di Jalan Raya Canggu tepatnya di depan Potato Banjar Anyar Kerobokan Kuta Utara, Badung dikagetkan orang terkapar di tengah jalan. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Dalam mewujudkan Kota Denpasar bersih narkoba (bersinar) Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol DR. Petrus Reinhard Golose melantik Bendesa Adat sebagai Agen Berantas Narkoba. 

DENPASAR -Fajarbali.com|Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar menghukum terdakwa Zainal Tayeb dengan pidana penjara selama 3 tahun dan 6 bulah (3,5 tahun) dalam sidang daring, Kamis (25/11/2021).

DENPASAR - Fajarbali.com|Zainal Tayeb yang dijadikan terdakwa atas kasus menyuruh menempatkan keterangan palsu ke dalam akta otentik kecewa berat dengan hukuman 3,5 tahun penjara yang dijatuhkan majelis hakim.

 

DENPASAR -fajarbali.com |Kepala BNN RI Komjen Pol DR. Petrus Reinhard Golose, Ketua KPK Komjen Pol Pirli Bahuri dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafly Amar menggelar diskusi Blanded Webinar yang berlangsung di gedung Perkasa Raga Garwita (PRG) Polda Bali, pada Rabu 24 November 2021. 

JAKARTA – fajarbali.com  I  Menginjak kuartal akhir tahun ini yang juga ditandai dengan mulai kerapnya hujan, (PT LG Electronics Indonesia (LG), Senin (22/11) lalu  memperkenalkan mesin cuci dengan kapasitas besar terbarunya yang berkapasitas 20 kilogram yaitu F2720SVRV. Pembersihan lebih mendalam dari allergen melalui fitur LG Steam™, serta perawatan pakaian lebih baik berkat terapan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence - AI) menjadi dua tawaran utama mesin cuci berjenis front loading ini.

 

DENPASAR -fajarbali.com |Sukses meraih medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua beberapa waktu lalu, personel Brimob mendapatkan penghargaan langsung dari Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putera. Pemberian penghargaan itu berlangsung di halaman mapolda Bali, Senin 22 November 2021. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Mantan Kapolda Bali yang saat ini menjabat Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Pol. Petrus Reinhard Golose kembali melaksanakan kunjungan kerja selama 4 hari di Bali. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Seiring perkembangan teknologi di dunia saat ini, masyarakat diminta mewaspadai munculnya berbagai macam narkoba sintetis jenis baru. Dari data United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) menemukan 1.047 News Psychoactive Substances (NPS) atau narkoba jenis baru yang sudah beredar luas di masyarakat dunia sejak tahun 2020. 

DENPASAR-Fajarbali.com|Tim kuasa hukum Zainal Tayeb, Senin (22/11/2021) diberi kesempatan membacakan nota pembelaan (pledoi) atas tuntutan 3 tahun penjara yang dimohonkan tim Jaksa Penutut Umum (JPU) Kejari Badung pada sidang sebelumnya.

SEMARAPURA-fajarbali.com | Tempat usaha pemotongan ayam di Banjar Minggir, Desa Gelgel, Klungkung didatangi petugas Satpol PP Klungkung, Senin (22/11/2021). Hal ini sebagai tindak lanjut atas keluhan warga dan petani, terkait pembuangan limbah ke suangi. Tak hanya limbah bulu ayam, yang kerap menyumbat saluran irigasi, tetapi juga usus ayam yang kerap menimbulkan bau tak sedap.

SEMARAPURA-fajarbali.com | Setelah nyaris 2 tahun terhenti karena pandemi Covid-19, kini Pemerintah Kabupaten Klungkung kembali melanjutkan program angkutan siswa gratis. Terhitung sejak Senin (22/11/2021), para sopir angkutan siswa gratis di Kecamatan Klungkung kembali beraktivitas.

SEMARAPURA-fajarbali.com | Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 13 tahun 2021 tentang Retribusi Tempat Khusus Parkir dan Ranperda tentang Retribusi Persetujuan Pembangunan Gedung akhirnya mencapai titik final.

BANGLI-fajarbali.com | Kasus bunuh diri kembali terjadi di wilayah hukum Polres Bangli. Kali ini, aksi ulah pati tersebut dilakukan I Wayan Neen, laki,58 th, tani, Alamat Br/desa Sekardadi, Kecamatan Kintamani, Bangli. Korban ditemukan telah tewas tergantung di kandang babi milik saudara kandungnya, Minggu (21/11/2021) sekira pukul 04.00 wita dini hari.

Denpasar-fajarbali.com | Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 yang akan diterapkan di seluruh wilayah Indonesia selama masa libur Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2021, tentu berdampak terhadap daerah yang sangat tergantung pada sektor pariwisata.