JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA-fajarbali.com | Sidang paripurna yang digelar Selasa (16/11/2021) membahas dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) sekaligus. Yakni Ranperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2012 tentang Retribusi Tempat Khusus Parkir dan Ranperda tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung.

Untuk menghindari terjadinya kebocoran pendapatan, dalam Ranperda tentang Retribusi Tempat Khusus Parkir terungkap bahwa kendaraan yang 'menginap' di Terminal Pasar Galiran akan dikenai tarif parkir harian. Besaran retribusi harian bervariasi, sesuai dengan jenis kendaraannya.

Dalam penjelasan yang dipaparkan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta disebutkan,
Ranperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2012 tentang Retribusi Tempat Khusus Parkir diajukan dalam rangka meningkatkan pelayanan fasilitas parkir pada tempat khusus parkir dengan penyediaan tempat parkir harian yang disediakan bagi pengguna layanan parkir yang membutuhkan. Penyediaan fasilitas tempat parkir harian tersebut, memberikan potensi bagi pendapatan daerah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) guna menunjang pembangunan daerah melalui retribusi parkir.

Berdasar rancangan, rencananya setiap kendaraan yang 'menginap' di terminal akan dikenai retribusi harian. Dengan pengaturan, untuk alat berat dikenai Rp20.000/hari, tronton Rp20.000/hari,
bus/truk dan yang sejenis Rp20.000/hari
mini bus/mikrobus angkutan pariwisata Rp10.000/hari, sedan/jeep/mikrolet/
mikrobus/pick up dan yang sejenis Rp10.000/hari, dan sepeda motor Rp5.000/hari.

Sementara, terkait Ranperda tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung, Bupati Suwirta menjabarkan,  Ranperda tersebut disusun untuk menyesuaikan dengan perkembangan peraturan perundang-undangan. Di samping juga dalam upaya untuk meningkatkan peran dan fungsi pemerintah daerah dalam memberikan kemanfaatan umum serta pemberian layanan kepada masyarakat khususnya pada  pelayanan persetujuan bangunan gedung. Harapannya, terwujud penyelenggaraan bangunan gedung yang tertib. Baik secara administratif maupun secara teknis, agar terwujud bangunan gedung yang fungsional, andal, yang menjamin keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan pengguna, serta serasi dan selaras dengan lingkungannya.

Menindaklanjuti penjelasan 2 Ranperda yang disampaikan Bupati Suwirta. Fraksi-fraksi di DPRD Klungkung pun memberi tanggapan melalui pandangan umum fraksi. Diantaranya, Fraksi PDI Perjuangan melalui I Nengah Ary Priadnya yang menyoroti terkait besaran tarif retribusi parkir harian. Menurut Fraksi PDI Perjuangan, selama ini minibus/mikrobus angkutan pariwisata yang parkir di sebelah barat Pasar Semarapura baik kendaraan pribadi justru sudah dikenai retribusi Rp5000. Kondisi ini membuat Fraksi PDI Perjuangan menuntut penjelasan dari Bupati Suwirta.

Selanjutnya, pandangan umum Fraksi Nasdem yang dibacakan Wayan Mudayana mengkritisi, bahwa Ranperda tentang retribusi merupakan Raperda yang dapat dikategorikaan sebagai peraturan yang membebani masyarakat secara langsung atau mengandung materi pembebanan kepada masyarakat akibat besaran tarif yang telah ditentukan. Oleh karena itu, Fraksi Nasdem menilai perlu adanya kajian atau naskah akademik akan indeks harga dan perkembangan perekonomian daerah termasuk kajian akan pembebanan kepada masyarakat sangat penting. Sehingga dapat digunakan menjadi dasar atas perubahan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2012.

"Dalam pelaksanaan pengelolaan parkir perlunya one gate system, dan terkait dengan petugas pemungut parkir agar diatur dengan jelas regulasinya untuk menghindari adanya kebocoran pendapatan daerah dari parkir," usulnya dalam paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Klungkung, Anak Agung Gde Anom tersebut.

Sementara Fraksi Gerindra melalui I Made Wibawa merekomendasikan agar pemerintah menggunakan tolgate di setiap masuk tempat parkir baik itu pasar, terminal, dan parkir khusus. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kebocoran pendapatan.

Di lain sisi, Fraksi Persatuan Demokrat dalam pandangan umum yang dijabarkan I Made Jana mengapresiasi  Ranperda tentang Persetujuan Bangunan Gedung. Menurut Fraksi Persatuan Demokrat, Ranperda ini bukan saja  sebagai fungsi pengendalian, kelayakan dan ketertiban bangunan gedung, tetapi juga  berkaitan dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dari aspek pengendalian, diharapkan setiap   bangunan gedung sesuai standar, baik posisi dan estetikanya maupun struktur dan dampaknya terhadap lingkungan.  Begitu pula dari aspek pendapatan,  diharapkan berkontribusi terhadap pembiayaan pembanguan Kabupaten Klungkung.

Sementara pandangan umum Fraksi Hanura yang disampaikan Luh Andriani fokus terhadap Ranperda tentang Retribusi Tempat Khusus Parkir. Fraksi Hanura menilai perlu dilakukan peninjauan  tarif retribusi tempat khusus parkir yang sudah rancangan.  Mengingat besaran tarif tersebut disusun di tengah situasi perekonomian daerah yang belum pulih akibat pandemi Covid-19. "Apakah secara sosiologis sudah mempertimbangkan kondisi saat ini?"tanyanya.

Terakhir Fraksi Golkar, dalam pandangan umum fraksinya yang dibacakan oleh
I Kadek Wirya Sumardika berpendapat bahwa kedua Ranperda ini memang harus segera dilakukan penyesuaian, mengingat perkembangan situasi dan kondisi di lapangan. Terkait parkir,  jumlah angkutan dari luar daerah yang membawa dan mengambil barang ke pasar Klungkung mengalami peningkatan. Sehingga segera Pemerintah Daerah perlu menyediakan lokasi khusus parkir guna menghindari kesembrautan.

"Mengenai Rancangan Peraturan Daerah Tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung, kami Fraksi Golkar menekankan kepada Saudara Bupati agar segera melakukan penyesuaian pengaturan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dalam Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2013 Tentang Retribusi Ijin Mendirikan Bangunan  menjadi Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung," ujarnya. (dia)

BERITA TERKINI

Grid List

DENPASAR - Fajarbali.com|Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) bernama Drg. M. Surya Antari (49) yang diduga melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan dalam jual beli rumah diseret ke Pengadilan Negeri (PN) Denpasar untuk diadili.

DENPASAR - Fajarbali.com| Kejaksaan Negeri (Kajari ) Denpasar melaksanakan eksekusi terhadap 19 narapidana (napi) kasus narkotika yang selama ini ditahan di rumah tahanan (rutan) Polresta Denpasar, Senin (29/11/2021). 

DENPASAR-Fajarbali.com | Gugatan pemilik Pipil I Nyoman Siang dan I Rentong dkk melawan konglomerat asal Jakarta, Kwee Sinto, 57, akan berakhir hari Rabu (1/12/2021) di PN Denpasar. 

 

UNGASAN -fajarbali.com |Polresta Denpasar menggelar launching musik video Garudaku Garudamu yang berlangsung di Festival Park Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Desa Ungasan, Kuta Selatan Badung, pada Senin 29 November 2021 malam. Launching ini sekaligus memperingati Hari Pahlawan tahun 2021. 

JAKARTA-fajarbali.com | Danone-AQUA  bersama  Kementerian  Koordinator  bidang Kemaritiman dan Investasi, Pemerintah Provinsi Bali, dan Pemerintah Kabupaten Badung hari ini meresmikan  Tempat  Pengolahan  Sampah  Terpadu  (TPST)  Sampahku  Tanggung  Jawabku (Samtaku) yang berlokasi di Jimbaran. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Kejaksaan Negeri (Kajari ) Denpasar melaksanakan eksekusi terhadap 19 narapidana (napi) kasus narkotika yang selama ini ditahan di rumah tahanan (rutan) Polresta Denpasar, Senin (29/11/2021). 

GIANYAR - fajarbali.com | Anggota DPR RI Komisi VI Nyoman Parta kembali melakukan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan RI, kali ini berlokasi di Balai Banjar Buluh, Desa Guwang, Sukawati, Jumat (26/11/ 2021). Sosialiasi dikemas game edukasi, Nyoman Parta menyajikan materi 4 Pilar dengan sangat menarik, pendekatan kekinian dengan melontarkan pertanyaan kepada para peserta dan berharap materi dapat diterima oleh semua kalangan. Acara ini melibatkan ibu-ibu PKK serta sekaa teruna teruni.hingga anak anak 

DENPASAR-Fajarbali.com|Pengusaha Jakarta bernama Kwee Sinto (57) digugat I Nyoman Siang dan I Rentong dkk sebagai pemilik tanah di Jimbaran, Kuta Selatan, Badung ke PN Denpasar.

 

KLUNGKUNG -fajarbali.com |Kabar gembira. Untuk pertama kalinya taksi terbang EHang 216 resmi melakukan Demo Flight di langit Klungkung, Bali. Kendaraan udara otonom berpenumpang itu sedang menunggu tahap supaya bisa resmi mengudara di langit Indonesia.

 

CANGGU -fajarbali.com |Pengendara yang melintas di Jalan Raya Canggu tepatnya di depan Potato Banjar Anyar Kerobokan Kuta Utara, Badung dikagetkan orang terkapar di tengah jalan. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Dalam mewujudkan Kota Denpasar bersih narkoba (bersinar) Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol DR. Petrus Reinhard Golose melantik Bendesa Adat sebagai Agen Berantas Narkoba. 

DENPASAR -Fajarbali.com|Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar menghukum terdakwa Zainal Tayeb dengan pidana penjara selama 3 tahun dan 6 bulah (3,5 tahun) dalam sidang daring, Kamis (25/11/2021).

DENPASAR - Fajarbali.com|Zainal Tayeb yang dijadikan terdakwa atas kasus menyuruh menempatkan keterangan palsu ke dalam akta otentik kecewa berat dengan hukuman 3,5 tahun penjara yang dijatuhkan majelis hakim.

 

DENPASAR -fajarbali.com |Kepala BNN RI Komjen Pol DR. Petrus Reinhard Golose, Ketua KPK Komjen Pol Pirli Bahuri dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafly Amar menggelar diskusi Blanded Webinar yang berlangsung di gedung Perkasa Raga Garwita (PRG) Polda Bali, pada Rabu 24 November 2021. 

JAKARTA – fajarbali.com  I  Menginjak kuartal akhir tahun ini yang juga ditandai dengan mulai kerapnya hujan, (PT LG Electronics Indonesia (LG), Senin (22/11) lalu  memperkenalkan mesin cuci dengan kapasitas besar terbarunya yang berkapasitas 20 kilogram yaitu F2720SVRV. Pembersihan lebih mendalam dari allergen melalui fitur LG Steam™, serta perawatan pakaian lebih baik berkat terapan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence - AI) menjadi dua tawaran utama mesin cuci berjenis front loading ini.

 

DENPASAR -fajarbali.com |Sukses meraih medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua beberapa waktu lalu, personel Brimob mendapatkan penghargaan langsung dari Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putera. Pemberian penghargaan itu berlangsung di halaman mapolda Bali, Senin 22 November 2021. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Mantan Kapolda Bali yang saat ini menjabat Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Pol. Petrus Reinhard Golose kembali melaksanakan kunjungan kerja selama 4 hari di Bali. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Seiring perkembangan teknologi di dunia saat ini, masyarakat diminta mewaspadai munculnya berbagai macam narkoba sintetis jenis baru. Dari data United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) menemukan 1.047 News Psychoactive Substances (NPS) atau narkoba jenis baru yang sudah beredar luas di masyarakat dunia sejak tahun 2020. 

DENPASAR-Fajarbali.com|Tim kuasa hukum Zainal Tayeb, Senin (22/11/2021) diberi kesempatan membacakan nota pembelaan (pledoi) atas tuntutan 3 tahun penjara yang dimohonkan tim Jaksa Penutut Umum (JPU) Kejari Badung pada sidang sebelumnya.

SEMARAPURA-fajarbali.com | Tempat usaha pemotongan ayam di Banjar Minggir, Desa Gelgel, Klungkung didatangi petugas Satpol PP Klungkung, Senin (22/11/2021). Hal ini sebagai tindak lanjut atas keluhan warga dan petani, terkait pembuangan limbah ke suangi. Tak hanya limbah bulu ayam, yang kerap menyumbat saluran irigasi, tetapi juga usus ayam yang kerap menimbulkan bau tak sedap.

SEMARAPURA-fajarbali.com | Setelah nyaris 2 tahun terhenti karena pandemi Covid-19, kini Pemerintah Kabupaten Klungkung kembali melanjutkan program angkutan siswa gratis. Terhitung sejak Senin (22/11/2021), para sopir angkutan siswa gratis di Kecamatan Klungkung kembali beraktivitas.

SEMARAPURA-fajarbali.com | Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 13 tahun 2021 tentang Retribusi Tempat Khusus Parkir dan Ranperda tentang Retribusi Persetujuan Pembangunan Gedung akhirnya mencapai titik final.

BANGLI-fajarbali.com | Kasus bunuh diri kembali terjadi di wilayah hukum Polres Bangli. Kali ini, aksi ulah pati tersebut dilakukan I Wayan Neen, laki,58 th, tani, Alamat Br/desa Sekardadi, Kecamatan Kintamani, Bangli. Korban ditemukan telah tewas tergantung di kandang babi milik saudara kandungnya, Minggu (21/11/2021) sekira pukul 04.00 wita dini hari.

Denpasar-fajarbali.com | Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 yang akan diterapkan di seluruh wilayah Indonesia selama masa libur Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2021, tentu berdampak terhadap daerah yang sangat tergantung pada sektor pariwisata.