JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA-fajarbali.com | Para petani di Subak Telaga, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung kini bisa bernafas lega. Lantaran 47 hektar lahan pertanian yang kerap dilanda kekeringan kini bisa digarap dengan optimal. Menyusul rampungnya pembangunan instalansi irigasi air tanah dangkal di subak tersebut.

"Dengan adanya irigasi tanah dangkal ini mudah-mudahan bisa meningkatkan hasil pertanian di Subak Telaga. Tugaskan salah seorang petugas khusus yang akan memantau dan merawat alat ini sehingga tidak ada bantuan alat yang mangkrak akibat tidak diperhatikan. Mohon dirawat dan dijaga dengan baik. Mudah-mudahan para petani akan lebih bersemangat untuk bertani," ujar Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta kala peresmian irigasi air tanah dangkal di Subak Telaga, Sabtu (15/1).

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian I.B. Juanida  menjelaskan, selama ini para pemilik lahan di Subak Telaga sering mengalami kendala kekurangan air.  Terutama di saat musim kemarau, baik itu dalam kegiatan usaha tani maupun kegiatan bidang tanaman pangan. Padahal di dekat lokasi Subak Telaga terdapat potensi berupa sumber air tanah dangkal. Nah, selanjutnya, sumber air ini itulah yang dikembangkan menjadi irigasi tanah dangkal. "Dengan adanya Irigasi tanah dangkal di Subak Telaga maka akan sangat berguna bagi pengembangan usaha tani khususnya bidang tanaman pangan," jelasnya.

Pembangunan irigasi tanah dangkal ini didanai melalui dana alokasi khusus (DAK) Kabupaten Klungkung Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp134.640.000. Pembangunan saliran irigasi air tanah dangkal di Subak Telaga terdiri atas rumah pompa dan bak penampung dengan ukuran 3,5 x 3,5 x 2 (meter) yang menampung volume 24,5 kubik. Pengerjaan fisik bangunan dilaksanakan dengan swakelola dari subak telaga dengan mengambil tenaga dari anggota subak dan gotong royong. (dia)

BERITA TERKINI