JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA-fajarbali.com | Warga Dusun Sidayu Tojan, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung kini dapat menikmati akses jalan 'mulus'.

Lantaran program padat karya pembuatan badan jalan dan betonisasi di wilayah tersebut telah tuntas. Dengan anggaran Rp251 juta kini warga tak perlu melintasi perswahan untuk menuju pemukiman dan Pura Puncak Sari.

Senin (15/4) Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, I Gede Kusumajaya menyampaikan, melalui pola padat karya yang sudah selesai dikerjakan ini, masyarakat akan lebih mudah, cepat, dan leluasa dalam melakukan aktivitas. Diharapkan juga dengan selesainya akses jalan ini dapat membantu memperdayakan potensi sumber daya yang ada di Dusun Sidayu Tojan. Di samping juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan meningkatkan perekonomian lokal serta pariwisata.

"Kepada seluruh masyarakat Dusun Sidayu Tojan agar selalu menjaga proyek padat karya ini dengan sebaik-baiknya. Bilaperlu dilakukan pemeliharaan secara rutin guna untuk mengantisipasi biar tidak cepat rusak dan dari segi pengerjaan dan campuran betonisasinya sudah cukup bagus" ujar Wabup Kasta.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, I Gede Kusumajaya mengatakan padat karya yang sudah selesai dilaksanakan ini merupakan pembukaan badan jalan dan betonisasi jalan pemukiman rumah penduduk menuju Pura Puncak Sari dan lahan pertanian. Dengan sumber anggaran berasal dari APBD Kabupaten Klungkung Tahun 2019 sebesar Rp251.321.000. Kegiatan ini sudah dimulai dari tanggal 22 Maret 2019. Berdasarkan monitoring petugas lapangan, kegiatan ini sudah selesai 100 persen sesuai dengan waktu yang ditentukan.

"Program ini dikerjakan selama 20 hari oleh ratusan tenaga kerja yang merupakan warga setempat serta dengan upah yang diberikan pun bervariasi. Untuk pengayah Rp 80.000 per hari dan tukang Rp 85.000 per hari dengan dimensi volume pekerjaan panjang 300 meter dan lebar 3 meter dengan hasil yang sangat memuaskan" ujar Gede Kusumajaya.

Perbekel Desa Takmung, Nyoman Mudita, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung yang telah mewujudkan jalan bagi kepentingan warganya. Menurutnya, jalan ini sangat diperlukan warga setempat karena sebelum adanya jalan ini kondisi jalan menuju ke pemukiman dan Pura Puncak Sari harus melewati persawahan. “Program padat karya ini sangat diperlukan masyarakat untuk memperlancar akses masyarakat baik menuju pemukiman dan tempat ibadah serta memperlancar ekonomi kerakyatan," ujar Nyoman Mudita saat penutupan program padat karya tersebut. (dia)