JA Teline V - шаблон joomla Форекс

EKONOMI
Typography
Denpasar-fajarbali.com | Saat ini pariwisata nasional tengah berusaha bangkit kembali. Upaya tersebut akan berjalan lancar dengan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. Praktisi pariwisata, K Swabawa mengatakan, bila saat ini beberapa perusahaan dalam merekrut SDM sangatlah ketat. Maka dari itu diperlukan beragam hal agar mampu bersaing dengan SDM lainnya.



"Saat ini dalam mencari tenaga kerja industri pariwisata akan melakukan perekrutan kembali karyawan yang sebelumnya punya pengalaman namun terpaksa diberhentikan karena pandemi, atau mencari lulusan program sarjana, dan lulusan pendidikan vokasi. Dari semua itu, akan diambil yang paling berkualitas," ujarnya, Minggu (4/4/2021).

Baca Juga :
Terseret Kasus Pembayaran PPN, Mantan Direktur PT. GMP Dituntut 15 Bulan Penjara
BPJS Kesehatan Singaraja Lanjutkan Sinergi dengan Kejaksaan Negeri Jembrana


Menurutnya, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki SDM berkualitas sehingga mampu bersaing terlebih di masa pandemi. Pertama, Hard Skills SDM yaitu wajib memiliki pengetahuan atau ilmu yang dipelajari di lembaga pendidikan atau sejenisnya, seperti memahami keahlian teknis dari pelayanan publik, atau mengoperasikan perangkat lainnya. Misalnya, mengoperasikan komputer atau memasak apbila tertarik menjadi juru masak hotel.

Kedua, Health & Safety yakni di tengah laju virus Covid-19 yang tidak dapat diketahui pasti kapan akan berhenti, pengetahuan tentang kesehatan dan perlindungan sangatlah penting. Selain untuk melindungi diri sendiri, ilmu ini berguna untuk diterapkan dalam memberikan pelayanan pada masyarakat yang datang ke hotel.

Ketiga ada People Skills yang merupakan skil dasar untuk bekerja di ranah pelayanan publik. Setiap SDM wajib membuat hubungan yang nyaman dengan orang lain. Misalnya menghadapi perilaku tamu yang beragam, memiliki karakter hospitality, serta mampu memberikan pelayanan dengan nilai lebih.

Sementara yang keempat adalah Digital Skills yaitu para SDM harus melek dengan teknologi digital. Dengan begitu dapat menjalankan segala hal secara digital baik dalam proses promosi dan komunikasi.

"Sedangkan yang kelima adalah Growth Mindset yaitu pola pikir yang dapat membuat seseorang untuk mau belajar dan berkembang. SDM akan sempurna bila memiliki modal ini, dimana akan selalu bekerja keras dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan apapun," bebernya. (dha)