JA Teline V - шаблон joomla Форекс

EKONOMI
Typography
AMLAPURA-fajarbali.com | Untuk memeriahkan bulan bakti bung karno dan juga hari jadi Kota Amlapura yang ke-381, Pemkab Karangasem menggelar Pasar gotong royong di taman budaya Candra Buana, pada Sabtu (5/6/2021).

Pasar gotong royong diikuti oleh puluhan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang terdampak Pandemi Covid-19. Para pelaku UMKM ini bekerjasama dengan Dinas terkait seperti, Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian serta Dinas Koperasi dan UMKM Karangasem.

Sedangkan produk yang dijual tidak hanya komoditi pangan,  namun juga menjual produk Arak Sidemen. Bahkan, pembeli tampak berjubel di pasar gotong-royong untuk membeli komoditi pertanian dan peternakan lokal seperti sayur, telur, beras, jagung, ikan, dan lainnya. Selain itu, juga tersedia produk kerajinan seperti kain tenun, hasil kreasi masyarakat Karangasem.

Baca Juga :
Gelar Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali, PDIP Komit Dukung Pelestarian Adat dan Budaya
Penyuluh Bahasa Bali Berharap Penyelenggaraan Lomba Susastra Bali Lebih Sering dilaksanakan


Disela-sela pasar gotong royong, bupati I Gede Dana bersama ketua DPRD, I Wayan Suastika, Kapolres Karangasem, AKBP Ni Nyoman Suartini menyempatkan diri berkeliling memantau jalanya pasar gotong royong ini. Dalam kesempatan itu, Bupati Karangasem, I Gede Dana menyampaikan, selain untuk memeriahkan Bulan Bakti Bung Karno  dan Hari Jadi Kota Amlapura ke-381, pasar ini juga digelar untuk membangkitkan perekonomian masyarakat disaat masa Pandemi Covid-19.

“Pasar gotong royong juga kita wanti-wanti  kepada pedagang dan pengunjung untuk menerapkan Prokes covid-19 yang cukup ketat,” ujarnya.

Selain itu, kata Gede Dana, kegiatan ini satu jalur dengan Surat Edaran Gubernur Bali No 1536 tahun 2020 dan intruksi Gubernur Bali Wayan Koster tentang program Pasar Gotong Royong Krama Bali. Melihat antusiasme masyarakat, sebut Bupati Gede Dana, pihaknya  berkomitmen akan menggelar Pasar Gotong Royong ini secara rutin dan berkelanjutan.

“Rencananya memang akan terus berkelanjutan. Terlebih pelaksanaan pasar gotong royong ini bukan yang pertama kalinya di Karangasem. Setiap pelaksanaannya akan kami evaluasi terus, untuk bisa menyempurnakan lagi program ini agar lebih tepat sasaran,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu pedagang di pasar Gotong Royong ini, Wayan Widia mengaku sangat senang diadakan kegiatan semacam ini. Ia berharap pasar gotong royong akan dilaksanakan berkelanjutan. “Semoga pasar gotong-royong seperti ini bisa dilaksanakan keberlanjutan. Karena konsepnya bagus, saling bantu-membantu. Kami yang dirumahkan karena pandemi, diberikan ruang memasarkan produk kami,” harapnya. (bud)