JA Teline V - шаблон joomla Форекс

EKONOMI
Typography
Denpasar-Fajarbali.com | Pandemi Covid-19 memberi tekanan begitu berat terhadap sektor pariwisata, sehingga perekonomian kian lesu, bisnis perhotelan, transportasi maupun Industri Kecil Menengah (IKM) mengalami penurunan omset secara drastis, bahkan sempat terjadi pemberhentian aktivitas total. Walau demikian, ternyata semangat masyarakat Bali untuk bangkit melalui sektor IKM tetap tinggi. Ini menjadi harapan untuk membantu pemulihan perekonomian Bali.



 Guna menggeliatkan kembali perekonomian Pulau Dewata, Pemerintah Provinsi Bali melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali kembali menggelar ajang IKM Bali Bangkit tahap III di Taman Budaya Provinsi Bali (Art Center) Denpasar yang dibuka secara resmi pada 15 September lalu.


Dari pantauan awak Fajar Bali di lokasi, Senin (20/9) masyarakat yang dantang ke IKM Bali Bangkit tahap III begitu antusias mengunjungi stand pameran maupun kuliner yang ada di areal Gedung Kesirarnawa dan Ardha Candra. Kondisi ini tentu menjadi angin segar bagi sejumlah IKM yang sempat 'mati suri' selama pandemi Covid-19.

Baca Juga: 
Penuhi Ketersediaan Stok Darah PMI Buleleng Maksimalkan Donor Darah di Komunitas
Bantu Sesama, Level 21 Mall Bali Gelar Donor Darah

Salah satu pengusaha Kain Tenun Ikat Tenganan Pegringsingan sekaligus Onwer Tunjung Biru Art Shop Kadek Anjas mengaku, bahwa ajang IKM Bali Bangkit tahap III ini mampu merangsang produktivitas dan geliat IKM meski tengah mengalami kelesuan akibat dampak pandemi.



Meski demikian, pandemi bukan menjadi penghambat untuk terus berkarya dan berinovasi. Hal itu dibuktikan dari kualitas dan kuantitas penjualan di gerai Tunjung Biru yang mulai meningkat.

"Saya sangat mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi Bali untuk kembali menggelar ajang IKM Bali Bangkit ini guna mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Ini kali kedua saya mengikuti ajang IKM Bali Bangkit dan dampaknya sangat positif untuk perkembangan usaha saya. Melalui ajang ini banyak masyarakat yang tahu produk kain tenun ikat khas Tenganan Pegringsingan dan tak sedikit dari mereka juga memilih untuk membeli walaupun jumlahnya tak banyak. Saya sangat bersyukur pemerintah masih menyediakan ruang dan memfasilitasi para pelaku IKM untuk terus berkarya. Untuk stand, kami tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis," ungkapnya.

Anjas menambahkan, selama mengikuti ajang IKM Bali Bangkit tahap II dan III ini, pihaknya sempat kurangi stok dan mengutamakan kualitas produk sesuai dengan keinginan pelanggan. Alhasil produk tenunnya cukup diminati.


"Meski tak sebanyak saat sebelum adanya pandemi, namun kami cukup bersyukur di tengah lesunya daya beli masyarakat, ternyata ada sebagian orang yang masih berkeinginan untuk mendapatkan produk tenun khas Tenganan Pegringsingan melalui ajang ini," ujarnya sembari berharap pemerintah menggencarkan promosi untuk menarik animo masyarakat.

Senada dengan Anjas, pelaku IKM lainya yakni Made Sucitra selaku owner Sucitra Gold and Silver Jewelry juga menyampaikan terimakasih atas kesempatan yang diberikan Pemprov Bali melalui ajang IKM Bali Bangkit tahap III. Ia mengaku pesanannya mulai mengalami peningkatan secara perlahan.


"Dengan adanya pameran Bali Bangkit di masa pandemi ini, banyak pelaku kerajinan yang sudah merasakan dampaknya, baik itu lebih dikenal masyarakat bahkan ada yang mulai mendapatkan pesanan. Namun kami tetap berharap promosinya ke masyarakat perlu ditingkatkan. Jadi makin banyak masyarakat yang tahu, bahwa di pandemi pun pameran Bali Bangkit masih diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan. Kedepannya, kita mau ajang seperti ini harus lebih ditingkatkan lagi," tutupnya.

 Dalam pelaksanaannya, Pameran Bali Bangkit tahap III ini juga menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat dengan dipasangnya papan barcode aplikasi PeduliLindungi dan fasilitas prokes pendukung lainnya di beberapa titik di Taman Budaya Provinsi Bali. Masyarakat yang berkunjung diharapkan dapat men-scan aplikasi tersebut untuk memastikan terbebas dari Covid-19.  (car)

BERITA TERKINI

Grid List

DENPASAR -Fajarbali.com | Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat ( HIPAKAD )  Bali berkolaborasi dengan Dokkes Polda Bali, Jumat (22/9/2021) mengadakan vaksinasi massal.

DENPASAR - Fajarbali.com | Pengadilan Tinggi (PT) Denpasar, Jumat (22/10/2021) melakukan pengambilan sumpah puluhan advokat yang tergabung dalam organisasi Perhimpunan Advokat Indonesia Suara Advokat Indonesia (Peradi SAI) Denpasar. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Sidang dengan terdakwa Zainal Tayeb, Kamis (21/10/2021) kembali dilanjutkan. Dalam sidang yang digelar secara daring ini, giliran tim kuasa hukum terdakwa yang mengajukan ahli untuk dimintai pendapat hukumnya. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Dukungan moril untuk terdakwa kasus dugaan menyuruh menempatkan keterangan palsu di dalam akta otentik, Zainal Teyeb terus mengalir.

DENPASAR – fajarbali.com  I Astra Motor Bali bersama dengan seluruh AHASS di wilayah Bali memberikan layanan tambahan yakni bisa service di hari minggu sebagai bentuk kemudahan yang ditawarkan kepada konsumen Honda yang tidak sempat datang ke bengkel untuk melakukan perawatan motor. Dengan tajuk ”Matic Minggu Service berhadiah oli MPX2”, promo program ini berlaku di periode 3 bulan yakni Oktober – Desember 2021. Konsumen yang melakukan service di hari Minggu akan secara otomatis diikutkan undian yang pengundiannya dilaksanakan di minggu ke 3 setiap bulannya selama periode program. Sekali pengundian sebanyak 25 konsumen yang beruntung untuk mendapatkan hadiah gratis ganti AHM oli MPX2.

DENPASAR – fajarbali.com  I Astra Motor Bali bersama dengan seluruh AHASS di wilayah Bali memberikan layanan tambahan yakni bisa service di hari minggu sebagai bentuk kemudahan yang ditawarkan kepada konsumen Honda yang tidak sempat datang ke bengkel untuk melakukan perawatan motor. Dengan tajuk ”Matic Minggu Service berhadiah oli MPX2”, promo program ini berlaku di periode 3 bulan yakni Oktober – Desember 2021. Konsumen yang melakukan service di hari Minggu akan secara otomatis diikutkan undian yang pengundiannya dilaksanakan di minggu ke 3 setiap bulannya selama periode program. Sekali pengundian sebanyak 25 konsumen yang beruntung untuk mendapatkan hadiah gratis ganti AHM oli MPX2.


DENPASAR -fajarbali.com |Terdakwa penggelapan dana gereja GPIB Maranatha Denpasar, Unun Hardinansi Neno akhirnya divonis dua tahun penjara oleh Majelis Hakim. Vonis itu dijatuhkan oleh majelis hakim yang dipimpin oleh hakim ketua Putu Gede Noviyartha dan dua hakim lainnya Ida Ayu Adnya Dewi dan I Wayan Eka Mariartha dalam sidang di Pengadilan Negeri Denpasar pada Kamis (21/10/2021). 

SEMARAPURA-fajarbali.com | Polres Klungkung memiliki terobosan baru untuk mencegah penularan Covid-19 di tahanan. Yakni dengan meluncurkan layanan zoom video call. Jadi pembesuk yang ingin berkomunikasi dengan tahanan tidak lagi dilakukan secara tatap muka, tetapi cukup dengan video call saja. Layanan inipun mulai diterapkan sejak Kamis (21/10/2021), dan tentunya tetap di bawah pengawasan ketat Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Sat Tahti) Polres Klungkung.

SEMARAPURA-fajarbali.com | Kabupaten Klungkung rupanya menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Bali yang belum menuntaskan pencairan bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial RI. Khususnya untuk program sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (PBNT) dan juga bansos tahap III.

MANGUPURA-fajarbali.com | Program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT PKLW) resmi diluncurkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa bertempat di Kodim 1611/Badung, Kamis (21/10/2021).

MANGUPURA-fajarbali.com | Setelah video Putu Dewi Ariantini atau dikenal dengan Dewi Pradewi viral di media sosial, Pemkab Badung langsung melakukan pertemuan dengan pihak satpam. Pertemuan dipimpin langsung Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Badung Made Suardita didampingi Kabag Umum Setda Badung, Nyoman Artaka dan Danru Satpam serta Satpam yang bersangkutan yakni Ketut Suandita, Kamis (21/10/2021 ) di Puspem Badung.

AMLAPURA-fajarbali.com | Gempa berkekuatan Magnitudo 4,8 yang merusakan ribuan rumah warga rusak berat serta satu korban jiwa di Desa Ban,Kecamatan Kubu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dengan didampingi BPBD  Karangasem melakukan pengecekan serta penelusuran jalur sesar di Desa Ban. Hal itu dikatakan Plt Kabid Kebencanaan dan Kesiapsiagaan, BPBD Karangasem, Putu Eka Putra Tirtana,Kamis (21/10/20121).

AMLAPURA-fajarbali.com | Bunga Kasna atau Bunga Edelweis secara resmi ditetapkan sebagai Ikon dan Bunga Khas Karangasem. Bunga Kasna sendiri tumbuh subur dan dilestarikan oleh masyarakat lokal di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem.

MANGUPURA-fajarbali.com | Sebelum ditetapkannya Rancangan APBD 2022, Komisi IV DPRD Badung menggelar rapat dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Badung, Kamis (21/10/20121).

GIANYAR-fajarbali.com | Rencana pelaksanaan eksekusi adat di Desa Adat Jero Kuta Pejeng, draft perdamaian mulai ada titik temu. Dalam penyusunan draft kesepakatan yang melibatkan  pihak krama yang keberatan dan prajuru adat, tiga point yang telah disepakati. Mulai dari pembatalan sertifikat, pencabutan sanksi adat serta penghentikan proses hukum pidana. 

DENPASAR-fajarbali.com | Pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Bali diharapkan dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi Pulau Dewata. Namun demikian, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) hingga saat ini belum menunjukkan hasil yang optimal.

AMLAPURA-Fajarbali.com|
Bencana gempa bumi dengan magnitudo 4.8 SR yang mengguncang Karangasem pada Sabtu (16/10/2021) lalu, telah membuaat ribuan rumah warga di Desa Ban,Kecamatan Kubu, dan Desa Pempatan, Kecamatan Rendang,mengalami kerusakan. Tidak saja rusak ringan, puluhan rumah warga juga mengalami kerusakan cukup berat terutama di pusat gempa yakni di Dusun Jati Tuhu, Desa Ban,kecamatan Kubu,Karangasem.

AMLAPURA-fajarbali.com|
Ditengah pandemic yang masih melanda, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kabupaten Karangasem membuat gebrakan untuk memajukan para pengusaha kecil ini. Salah satunya, dengan mengumpulkan para pengusaha kecil kedalam wadah Himpunan Wirausaha Karangasem (HiWiKa). Sebagai bentuk keseriusan pemerintah kabupaten, Diskop UMKM juga secara resmi  melaunching Rumah Kreatif HiWiKa yang juga sebagai tempat display sample produk anggota HiWiKa berlokasi di Lingkungan Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem,pada Rabu (20/10/2021). 

DENPASAR - Fajarbali.com | Kasus hukum yang menjerat Zainal Tayeb memang sedang bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

DENPASAR - Fajarbali.com | Sidang dengan terdakwa Zainal Teyeb, Selasa (19/10/2021) dilanjutkan dengan agenda mendengarkan keterangan ahli hukum pidana dari Universitas Udayana (Unud), I Gusti Ketut Ariawan.

DENPASAR- Fajarbali.com | Dukungan moril yang ditujukan kepada Zainal Tayeb tersakwa kasus dugaan menyuruh menempatkan keterangan palsu di dalam akta otentik terus mengalir. 

SINGARAJA-fajarbali.com | Memasuki tahun terakhir pada 2022, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Buleleng, Bali 2017-2022 siap dikebut. Ini dilakukan mengingat masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng hanya tersisa sebelas bulan lagi.

SINGARAJA-fajarbali.com | Sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap Covid-19, aplikasi PeduliLindungi sangat wajib untuk diterapkan sebagai alternatif screening awal Covid-19, selain protokol kesehatan (prokes) yang ketat dan vaksinasi tentunya. Dilihat dari data kemarin, jumlah tempat yang sudah teraktivasi aplikasi PeduliLindungi di Kabupaten Buleleng sebanyak 784 titik. Demikian disampaikan Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan saat menyampaikan release hariannya, Senin (18/10/20121).

DENPASAR-fajarbali.com | Menindaklanjuti Pemilu yang akan digelar pada Tahun 2024 mendatang, DPRD Bali berupaya untuk melakukan berbagai persiapan, utamanya soal anggaran. Terbukti dengan adanya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif Dewan tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Umum Legislatif, Gubernur, dan Wakil Gubernur Tahun 2024.