JA Teline V - шаблон joomla Форекс

EKONOMI
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Yayasan Persahabatan Jepang Bali mendapat kepercayaan dari PT Panasonic Gobel Corporation menyalurkan sumbangan penerangan berupa lampu Solar Laterns kepada korban gempa Lombok, Rabu, (19/9) di Gedung Yayasan Persahabatan Jepang Bali, Sanur Denpasar.

Acara penyerahan 5000 unit solar laterns itu dihadiri oleh Ketua Pembina Yayasan Persahabatan Jepang Bali Makiko Iskandar, Ketua Japan Club Nusa Tenggara Barat Ushida, Executive Secretary PT. Panasonic Gobel Indonesia Erika Valentina, anggota Rotary Club of Bali Taman IGMA Wisnu Mataram, serta konsulat Jepang di Denpasar Hirohisa Chiba.

Sumbangan diserahkan oleh Executive Secretary PT. Panasonic Gobel Indonesia kepada Ketua Yayasan Jepang Bali dan disaksikan oleh Konsulat Jepang di Denpasar. Sumbangan selanjutnya diserahkan kepada Ketua Japan Cub NTB.

Solar laterns merupakan produk yang tidak diperjualbelikan. Diproduksi oleh PT. Panasonic Gobel khusus untuk didonasikan kepada masyarakat di daerah-daerah terpencil di negara-negara Asia Tenggara yang tingkat insfrastrukturnya masih minim dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup. Solar Laterns diklaim mampu menyala selama 3 hari dengan pencahayaan paling cerah dan 7 hari untuk pencahayaan yang agak redup. Sumber daya solar laterns adalah sinar matahari.

Makiko Iskandar dalam sambutannya menjelaskan, pada awal pembicaraannya dengan pihak Panasonic Gobel, solar laterns akan disumbangkan untuk daerah terpencil di Bali melalui Rotary Club yang dirinya juga menjadi anggota. Akan tetapi pada akhir Juli hingga awal Agustus 2018 musibah gempa bumi berskala 7 SR menimpa Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). Sehingga dengan rasa kemanusiaan, Makiko meminta agar sumbangan solar laterns dialihkan kepada korban bencana gempa Lombok yang lebih membutuhkan.

Makiko menyampaikan terima kasih kepada pihak Panasonic yang telah mempercayakan Yayasan Persahabatan Jepang Bali dalam penyaluran solar laterns. Ia berjanji akan segera menyampaikan sumbangan tersebut kepada korban gempa Lombok melalui Japan Club NTB.

Sementara Erika Valentina menjelaskan, PT Panasonic Gobel mempunyai program menyumbangkan 100 ribu Solar Laterns pada 2015-2018. Program ini tersebut diharapkan mampu mengatasi masalah penerangan pada daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau listrik. Dirinya juga menjelaskan mayarakat bisa mendapatkan program tersebut melalui pengajuan proposal. Namun ia juga mengatakan pihak Panasonic akan datang terlebih dahulu untuk mengecek kebenaran sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Konjen Jepang, Hirohisa Chiba menyampaikan terima kasih atas sumbangan yang telah diberikan kepada korban bencana gempa di Lombok. Hal Ini katanya akan menjadi jalinan yang baik antara kelompok masyarakat Jepang di Bali dan NTB dengan masyarakat Indonesia. Sumbangan seperti ini sangat dibutuhkan korban gempa Lombok. Oleh karena itu ia berharap semoga sumbangan tersebut bisa meringankan beban masyarakat  yang menjadi korban bencana gempa. (dj)