JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KARANGASEM
Typography

AMLAPURA-fajarbali.com | Tidak bisa dipungkiri pariwisata masih menjadi primadona dan penghasil dolar yang menggiurkan. Sehingga tidak salah, pengembangan desa wisata terus bermunculan. Tujuannya pun jelas untuk menarik para wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Seperti Desa Tegallinggah, Desa Adat Karangasem, kecamatan Karangasem kini memulai mengkonsep pengembangan desa wisata yang muaranya nanti adalah Puri-puri kerjaaan Karangasem. untuk mewujudkan hal itu, secara khusus mengundang I Nyoman Giri Prasta yang merupakan bupati Badung, pada Rabu (20/6/2018) malam.

Dalam paruman yang dihadiri sekitar 600 warga ini, kelian banjar adat Tegallinggah, I Komang Sudanta mengatakan, pihaknya mengundang Nyoman Giri Prasta mengingat kabupaten Badung sudah sangat banyak mengembangkan desa pariwisata sehingga tidak salah mengundang kehadiran bupati Badung untuk memberikan masukan dan saran kepada Desa Tegallinggah. Tentunya, kata Sudanta diharapkan Kabupaten Badung juga mendukung langkah desa dalam pengembangan Desa Wisata. “Kita tahu sendiri Badung masih menjadi pusat pariwisata, setidaknya kita ingin meniru pola –pola yang dilakukan itu,” ujar Sudanta.

Dikatakan Sundanta, Desa Tegallinggah memiliki pemandangan alam yang masih alami. Disamping itu, Desa Tegallinggah juga cukup berdekatan dengan Puri-Puri Kerajaan Karangasem yang selama ini sudah menjadi salah satu obyek wisata. Dengan pengembangan desa Wisata ini, diharapkan juga dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. “Konsepnya masih kita susun, kita butuh dukungan Pemkab Badung yang telah berhasil mengembangkan desa wisata,” ujarnya lagi.

Hal serupa juga dikatakan Bendesa Adat Karangasem, I Wayan Bagiarta. Dikatakanya, tidak hanya Desa Tegallinggah yang akan dikembangkan menjadi desa wisata, tetapi beberapa desa di wilayah Desa Adat Karangasem potensial dikembangkan sebagai desa wisata. Tentunya, selain panorama alamnya, konsep desa wisata perpaduan alam dan budaya yang akan menjadi daya tarik untuk dijual kepada wisatawan. Selain itu, porosnya nanti tetap puri kerajaan di wilayah desa Adat Karangasem. “Beberapa desa dinas di wilayah desa adat Karangasem sangat potensial jika dikembangkan  sebagai desa wisata, kita dorong pengembanganya,” ujar Bagiarta.

Sedangkan dihadapan warga yang hadiri, Nyoman Giri Prasta menyambut baik gagasan pengembangan desa Wisata di Karangasem. sebagai tindak lanjut keseriusanya membantu desa di Karangasem, pihaknya mengaku segera membantuk tim pengkaji pengembangan Desa Tegallinggah sebagai desa wisata pendukung Puri Karangasem yang sedang di gagas Desa Adat Karangasem itu. Tidak itu saja, pihaknya juga siap membantu baik sarana dan prasarana pendukung desa wisata yang digagas desa Tegallinggah. “Porosanya Puri Karangasem, untuk menjaga kelestarian Puri,kami akan turunkan tim penkaji dulu,” ujarnya. (bud)