JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Wabup Suiasa Buka Festival Baleganjur Desa Mengwi

BADUNG
Typography

MANGUPURA-fajarbali.com | Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa bersama anggota DPRD Kabupaten Badung I Nyoman Satria, membuka Festival Baleganjur Desa Mengwi di areal parkir Lapangan Umum Mengwi, Sabtu (10/3/2018), ditandai memukul kendang. Kegiatan tersebut juga dihadiri Sekcam Mengwi Nyoman Suartana, beserta Tripika Kecamatan, Perbekel Mengwi I Ketut Umbara, Ketua BPD Desa Mengwi I Made Sudiarta, Ketua LPM Mengwi I Made Tinggal, Bendesa Adat Mengwi Ida Bagus Anom dan seluruh tokoh masyarakat Desa Adat Mengwi.  

Menurut Ketua Karang Teruna Wiratama Mandala Desa Mengwi, I Gede Ketut Mardika, Festival Baleganjur tersebut bertujuan untuk meningkatkan kreativitas generasi muda di Desa Adat Mengwi serta melestarikan Seni, Adat dan Budaya di Bali serta mempererat persaudaraan diantara sekaa teruna se- Desa Adat Mengwi. 

Festival Baleganjur terssbut diikuti 9 Sekaa Teruna dari 11 Sekaa Teruna di Desa Mengwi, diantaranya ST Dharma Kumara Br Delod Bale Agung, ST Wira Bhakti Br Pande, ST Cura Dharma Br Serangan, ST Niti Dharma Br Batu, ST Dwarawathi Br Gambang, ST Garuda Br Pengiasan, ST Wijna Karya Br Peregae, ST Wahna Budi Satya Br Pandean, dan ST Taman Swastika Br Alangkajeng.

Lebih lanjut, Mardika mengatakan, Festival Beleganjur ini digelar serangkaian hari raya Nyepi tahun 2018, dengan tujuan untuk melestarikan seni dan budaya terutama di bidang seni beleganjur. Untuk hadiah peserta diberikan piala, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 10 juta untuk juara I. Hadiah kedua diberikan piala, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 7,5 juta. Sedangkan hadiah ketiga diberikan piala, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 5 juta. 

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyampaikan, apresiasi dan mendukung pelaksanaan Festival Beleganjur Desa Mengwi Tahun 2018 ini. Atas nama Pemkab Badung, Suiasa juga mengapresiasi keikutsertaan Sekaa Teruna di Desa Mengwi, yang telah mampu melestarikan seni budaya di Badung. "Kami sangat mengapresiasi semangat Sekaa Teruna. Kegiatan semacam ini merupakan bukti komitmen dan kesungguhan masyarakat bersama pemerintah untuk mewujudkan suatu pelestarian dengan mengajegkan Budaya, Adat, Agama, Seni dan Tradisi sehingga kegiatan ini perlu kita kembangkan dan tingkatkan kedepannya,” jelasnya. 

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyerahkan dana memotivasi atas kegiatan Festival Baleganjur sebesar Rp. 50 juta yang diterima oleh I Ketut Gede Mardika. (put)