JA Teline V - шаблон joomla Форекс

SMK Penerbangan Cakra Nusantara Gelar Seni Budaya Tingkat SMP se-Bali

PENDIDIKAN
Typography

SMK Penerbangan Cakra Nusantara melaksanakan Gelar Seni Budaya tingkat SMP se-Bali. Kegiatan ini menjadi wujud nyata dalam pelestarian seni dan budaya Bali yang kian memiliki kiprahnya di dunia internasional.

Selain sebagai program kegiatan di sekolah, kegiatan ini juga didukung oleh organisasi kesenian di sekolah, Cakra Taksu. Gelar Seni Budaya SMK Penerbangan Cakra Nusantara 2017 dilaksanakan di Wantilan Pura Tambang Badung Pamecutan selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 11 sampai 13 Desember 2017.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi SMP yang berasal dari seluruh Bali dengan total peserta kurang lebih 120 orang.

Menurut ketua panitia Gelar Seni Budaya SMK Penerbangan Cakra Nusantara 2017, I Putu Surya Darma, S.Sn., M.Sn., kegiatan ini merupakan bagian dari program pendidikan sekolah yang dilaksanakan setiap tahun. Melalui pentas seni yang dilombakan ini, diharapkan generasi muda Bali ikut berperan aktif dalam melestarikan serta meneruskan seni dan kebudayaan Bali sebagai warisan leluhur yang tak ternilai harganya.

Lomba-lomba yang dilaksanakan antara lain lomba tari Teruna Jaya dan Kendang Tunggal, lomba tari Jauk Manis, lomba Gender Wayang, lomba Busana Adat ke Pura dan lomba menyanyi Lagu Pop Daerah Bali.

Para pemenang lomba diberikan uang pembinaan dengan total jutaan rupiah, piagam penghargaan hingga tiket pendaftaran gratis serta potongan uang SPP jika pemenang bersekolah di SMK Penerbangan Cakra Nusantara.

Kepala SMK Penerbangan Cakra Nusantara, Indra Gita Saragih, S.Pd., menyampaikan bahwa pihak SMK Penerbangan Cakra Nusantara sangat peduli dengan kelestarian budaya di Bali sehingga dengan pelaksanaan Gelar Seni Budaya merupakan bentuk kepedulian pihak sekolah dengan cara memfasilitasi anak-anak Bali untuk menyalurkan bakat mereka melalui perlombaan ini.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh SMK Penerbangan Cakra Nusantara dan akan menjadi program rutin tahunan sekolah. Kedepan diharapkan tanggung jawab pelestarian seni dan budaya Bali dapat diteruskan oleh generasi muda penerus berikutnya.

Dalam mewujudkan dukungan pelestarian seni dan budaya Bali, diharapkan pemerintah Kota Denpasar ikut mendukung dengan memberikan ruang bebas dalam berkarya dan menyalurkan bakat generasi muda ini untuk melaksanakan kegiatan seperti Gelar Seni Budaya SMK Penerbangan Cakra Nusantara 2017.

Dengan demikian, pelestarian seni budaya menjadi maksimal dengan keiikutsertaan remaja, lingkungkan, baik masyarakat maupun sekolah serta pemerintah setempat.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara sendiri memiliki organisasi kesenian bernama Cakra Taksu yang rutin melaksanakan kegiatan seni dan budaya. Bagi adik-adik SMP atau sederajat yang ingin ikut bergabung bersama SMK Penerbangan Cakra Nusantara dapat datang langsung ke Jalan Drupadi No. 27 Denpasar atau menghubungi nomor pendaftaran (0361) 4742600. (ads)