JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Taruna Taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara, Studi Industri di Depo Pemeliharaan 10 Lanud Husein Sastranegara Bandung

PENDIDIKAN
Typography

SMK Penerbangan Cakra Nusantara merupakan sekolah berbasis Industri, berwawasan internasional dan memiliki garansi kompetensi lengkap di bidang Penerbangan, Kedirgantaraan dan Kebandaraan dengan menggunakan kurikulum 2013 dimana 70% praktek dan 30% teori di sekolah.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara memiliki visi dan misi yang kuat untuk membentuk taruna-taruni yang unggul, tangguh dan mandiri khususnya di bidang penerbangan, kedirgantaraan  dan kebandaraan.

Setiap tahun ajaran baru, taruna-taruni peserta didik baru yang berada di kelas X SMK Penerbangan Cakra Nusantara mengikuti Studi Industri di Depo Pemeliharaan 10 Lanud Husein Sastranegara Bandung.

Kegiatan Study Industri ini dilakukan kurang lebih selama dua bulan di awal tahun ajaran baru sebelum mengenyam pendidikan secara teori di sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk sikap yang tangguh dan mandiri serta membentuk siswa yang lebih unggul dibandingkan siswa sekolah lain.

Kegiatan Study Industri ini memuat teori maupun praktek dalam perbaikan pesawat dan rangka mesin pesawat (Airframe Power Plant). Study Industri ini merupakan kerjasama yang sudah terbina selama 5 tahun dengan Depo Pemeliharaan 10 Lanud Husein Sastranegara Bandung, berbasis Industri Kedirgantaraan khususnya dalam  perbaikan pesawat dan rangka mesin pesawat (Airframe Power Plant).

Program sekolah berbasis Industri juga menjadi salah satu program pemerintah dalam rangka upaya peningkatan mutu, relevansi dan daya saing keluaran pendidikan SMK.

Menurut Putu Agus Mahendra, S.Pd., selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Penerbangan Cakra Nusantara, melalui studi industri ini, taruna-taruni dapat mempraktekkan langsung teori yang didapat khususnya dalam perbaikan pesawat dan rangka mesin pesawat (Airframe Power Plant) serta untuk membentuk karakter, kedisiplinan mental dan juga pengetahuan. Kerjasama yang terjalin ini sangat memiliki peranan penting dalam mempersiapkan taruna-taruni serta tamatannya dalam menghadapi persaingan di dunia kerja nyata. Peluang kerja di Industri Penerbangan Indonesia masih sangat besar.

Oleh karena itu, SMK Penerbangan Cakra Nusantara dalam mengimbangi tuntutan pasar dunia kerja khususnya dalam bidang penerbangan dengan melalui program sekolah berbasis kelas Industri penerbangan, melalui 4 program keahlian diantaranya: Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (Bandara), Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat Udara (Airframe Pwer Plant), Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara (Electrical Avionics), Teknik Telekomunikasi (Penerbangan).

“Dengan 4 program tersebut, diharapkan nantinya taruna-taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara semakin mampu mengikuti perkembangan dunia industri penerbangan dan SMK Penerbangan Cakra Nusantara menjadi sekolah penerbangan satu-satunya di seluruh Indonesia yang memberikan kesempatan membuka jurusan Teknik Telekomunikasi Transmisi Penerbangan,” terang Agus.

Bagi adik adik SMP atau sederajat yang tertarik berkarir di bidang Penerbangan dan Kedirgantaraan dapat datang langsung ke Jalan Drupadi No. 27 Denpasar atau menghubungi nomor pendaftaran (0361) 4742600. (ads)