JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Fraksi di DPRD Bali Apresasi Realisasi Target Anggaran 

POLITIK
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Target Anggaran Tahun 2017 yakni sebesar Rp. 6,222 Trilyun yang telah ditetapkan, saat ini terealisasi sebesar 96,30 persen atau sekitar Rp. 5,992 Trilyun. Sejumlah fraksi menilai, angka jumlah tersebut dianggap telah memenuhi standar capaian target. 

Dari Fraksi Panca Bayu yang dibacakan oleh Nyoman Tirtawan, capaian tersebut patut dijadikan acuan untuk menyusun APBD tahun berikutnya. Sehingga, capaian berupa Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diperoleh selama 5 kali berturut-turut bisa dipertahankan. Disamping WTP, Fraksi Panca Bayu memandang jika Bali juga sukses meraih seluruh Index Pembangunan Manusia (IPM), Index Gini Ratio, angka kemiskinan dan tingkat pengangguran. Bahkan, angka IPM dan Gini Ratio angkanya diatas angka nasional dan angka kemiskinan serta tingkat pengangguran dibawah angka hasil.

Adapun keluhan dari Fraksi Panca Bayu adalah soal nasib Guru OJTM di SMA/SMK agar mendapatkan uang sesuai dengan UMP. Pasalnya, selama ini hanya mendapat bayaran sebesar Rp. 50 ribu perjam setiap kali tatap muka.

Dibacakan oleh I Komang Nova Sewi Putra, Fraksi Partai Demokrat menyatakan realisasi anggaran sebesar Rp. 6,222 Trilyun akan memberikan dampak yang positif terhadap pembangunan di Bali pada masa yang akan datang. Fraksi Demokrat juga menyampaikan keluhan dari tenaga pendamping Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) bahwa sewa sekretariat dimasing-masing kabupaten/kota hanya cair 1-2 kabupaten saja. Dengan birokrasi yang bertele-tele dan rumit serta telah terjadi setiap tahun. Yang lebih menyedihkan, pembayaran gaji atau honor yang merupakan hak pekerja dari Bulan Januari hingga Juni 2018 belum terbayarkan. 

Fraksi PDIP, dilihat dari realisasi anggaran Pendapatan dan Belanja Tahun 2017, bahwa modal belanja ditargetkan Rp. 744, 851 Millyar lebih, sedangkan realisasinya sebesar Rp. 660.432 Millyar lebih. Lebih rinci lagi, bahwa belanja modal tanah dengan target Rp. 29,449 Millyar, sedangkan realisasinya hanya sebesar Rp. 9,054 Milyar lebih. Jadi perbandingan antara target dengan realisasinya cukup besar. 

Sementara itu, Fraksi Partai Golkar berharap capaian realisasi anggaran bisa lebih tinggi lagi. Namun, akibat adanya pelemahan ekonomi dunia dan berbagai peristiwa baik nasional maupun regional juga turut mempengaruhi pencapaian pendapatan yang telah ditetapkan. Kendati demikian, dengan memperoleh WTP secara 5 tahun berturut-turut merupakan prestasi dan kerja keras bersama dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing. Harapan lainnya, adanya catatan dari BPK RI supaya bisa segera dituntaskan atau diambil langkah konkrit. Khususnya yang menyangkut administrasi, angka-angka, dan catatan yang selalu diberikan BPK RI menyangkut aset.

Terakhir, dari Fraksi Partai Gerindra memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Gubernur Bali beserta para jajarannya atas raihan WTP dari BPK secara 5 kali berturut-turut untuk kelima kalinya. Oleh karena itu, Fraksi Partai Gerinda sangat bangga bisa menjadi bagian dalam proses tersebut. Pihaknya yakin bahwa keberadaan DPRD Bali merupakan bagian dari keberhasilan tersebut. (her)