JA Teline V - шаблон joomla Форекс

POLITIK
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Sekitar Pukul 15.30, Gubernur Bali Made Mangku Pastika mendaftarkan diri maju sebagai Calon Anggota DPD RI ke Kantor KPU Provinsi Bali. Didampingi Ketua Tim Ketut Ngastawa, Pastika datang memakai baju serba putih.

Dengan mendaftar sebagai Calon Anggota, Pastika harus menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Gubernur Bali. Surat pengunduran diri tersebut harus diterima pada Bulan September mendatang. Sesuai dengan PKPU No 14/2018 tentang pencalonan perseorangan peserta pemilihan umum anggota DPD RI. 

Daftar daftar calon yang sudah mendaftar ke KPU, ada dua calon yang merupakan gaek. Yakni Made Mangku Pastika dan Anak Agung Gede Agung. Pastika sendiri diketahui berusia 67 Tahun (22 Juni 1951)  sedangkan Anak Agung Gede Agung berusia 69 Tahun (25 Mei 1949). “Saya calon tertua sama Gde Agung,” ujar Mangku Pastika saat mendaftar, Selasa (10/7/2018).

Kendati demikian, Pastika siap dan yakin bisa terpilih dan menjalankan amanat dari masyarakat Bali, yakni mengawal Bali Mandara. “Taglinenya adalah mengawal Bali Mandara. Harus bisa menghadapi tantangan besar di kancah nasional dan global,” terangnya.

Maka dari itu, kualitas dan jaringan yang luas sangat diperlukan baik di nasional maupun global. Dia menilai, kedepan Bali akan mendapat tantangan yang cukup besar. Apalagi Bali merupakan destinasi wisata dunia. Dia yakin menjadi DPD bisa banyak berperan karena kewenangan DPD sudah ditambah, yakni memverifikasi peraturan daerah (perda).

Ada hal lain yang ingin dilakukan oleh Pastika yakni mengusulkan revisi UU Nomor 64 Tahun 1958 tentang pembentukan daerah tingkat I Bali, NTT, NTB. Maka dari itu, sinergi dengan pusat sangat penting. “Boleh saja kita ngotot mau (merevisi). Tapi kalau mereka (Baleg) tidak mau, bagaimana? memangnya gampang menembus itu? Perlu jaringan,” tandasnya.

Disisi lain, Komisioner KPUD Bali Ni Putu Ayu Winariati mengaku dari verifikasi faktual ada 23 orang yang berhak mendaftarkan diri sebagai calon DPD RI. Pendaftaran akan dibuka sampai  Hari Rabu (11/7) pukul 24.00. Bagi Bakal Calon yang masih belum lengkap persyaratannya, masih memiliki waktu untuk melakukan perbaikan. “Kalau sampai pukul 24.00 tidak datang, berarti tidak bisa mendaftar,” katanya. (her)