JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Dewan Badung Dorong Subsidi untuk Sekolah Swasta

POLITIK
Typography

MANGUPURA-fajarbali.com | Wacana pemerintah memberi subsidi sekolah swasta agar tidak mati suri terus didorong oleh kalangan DPRD Badung. Wacana tersebut anggota Komisi IV DPRD Badung, Made Retha. Bahkan Politisi Demokrat Badung tersebut mengharapkan, subsidi tersebut berbentuk pendampingan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Sehingga katanya, siswa Badung yang tidak mendapat sekolah negeri bisa bersekolah di sekolah swasta dengan diberikan bantuan pendampingan dana BOS tersebut. “Dengan adanya pendampingan dana BOS ini siswa yang bersekolah di swasta bebannya bisa dikurangi,” ujarnya, Minggu (22/7/2018).

Lebih lanjut Mantan Bendesa Adat Bualu tersebut  mengungkapkan, misalkan dana BOS untuk siswa SMP sebesar Rp 700 ribu pertahun , namun kebutuhan seorang siswa pertahun lebih dari itu atau misalkan Rp 1 juta, sisanya Pemerintah Kabupaten Badung yang menanggungnya. “Pendampingan BOS ini dari APBD Badung. Dari pusat sudah memberikan. Tapi untuk meningkatkan agar siswa kita dapat sekolah gratis di sekolah swasta harus ada dana pendamping setiao dana BOS yang telah diberikan ini. Pemerintah bisa membuat Perbup untuk itu,” paparnya.

Retha juga mengatakan, dengan meratanya siswa bersekolah swasta dan negeri di Kabupaten Badung, jadi tidak ada alasan Badung tidak menerapkan fullday school seperti siswa di Denpasar. “Tidak ada lagi kecemburuan sekolah swasta yang tidak dapat murid dan kami harus hargai sekolah swasta yang dulunya telah ikut memperjuangkan, memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Badung sebelum adanya sekolah negeri disini,” terangnya.

Namun, pihaknya juga mengimbau, pemerintah tetap melakukan kajian sekolah-sekolah swasta mana saja yang mendapat bantuan subsidi. Mengingat, cukup banyak sekolah swasta di Kabupaten Badung, mulai dari standar nasional hingga sekolah internasional. (put)