JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Bawaslu Bali Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota

POLITIK
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Setelah melakukan Tes Tertulis dan Computer Assisted Tes (CAT) serta Tes Psikologi, sebanyak 66 orang calon anggota Bawaslu Kabupaten/kota di Bali dinyatakan lolos. Selanjutnya, calon anggota yang dinyatakan lolos tersebut mengikuti uji kelayakan dan kepatutan selama dua hari, 7-8 Agustus di Hotel Puri Dalem Sanur.

Uji kelayakan dan kepatutan tersebut dipimpin langsung oleh Bawaslu Bali yang baru saja dilantik beberapa waktu yang lalu. Ketua Bawaslu Bali, Ketut Ariyani, didampingi anggota Bawaslu Bali Ketut Rudia, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Wayan Widyardana Putra, dan Wayan Wirka.

Hasil dari uji kelayakan dan kepatutan, nantinya akan diserahkan ke Bawaslu RI di Jakarta. “Habis pelaksanaan fit and proper test  (Uji Kelayakan dan Kepatutan) di sini, kewenangannya ada di Bawaslu RI,” terang Ketua Bawaslu Bali Ketut Ariyani, Rabu (8/8/2018).

Ariyani menjelaskan, Bawaslu Bali hanya melakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan saja. Sedangkan, untuk pemilihan calon anggota Bawaslu Kabupaten/kota sesuai kuota merupakan kewenangan dari Bawaslu Bali. “Di sini tidak menentukan. Kami di sini hanya melakukan FPT (fit and proper test saja-red) saja. Semua berkas nanti dikirim ke Bawaslu RI. Nanti Bawaslu RI yang berhak menentukan siapa yang layak ke lima besar atau ke tiga besar sesuai daerah masing-masing,” jelasnya.

Menurutnya, Bawaslu Bali mempunyai tenggang waktu hingga tanggal 12 Agustus untuk mengirim berkas hasil uji kelayakan dan kepatutan ke Bawaslu RI. Sementara Bawaslu RI punya jadwal untuk menentukan lima besar atau tiga besar untuk masing-masing Bawaslu kabupaten/kota yakni antara 13-14 Agustus. “Nanti jadwal pastinya akan dikirim ke kami oleh bawaslu RI. Kami menunggu surat resmi dari bawaslu RI,” pungkasnya. (her)