JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Bawaslu Bali Mediasi Antara NasDem Dengan KPU

POLITIK
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Gugatan Partai NasDem Bali terhadap KPU akibat dihanguskannya Dapil Buleleng untuk Pileg 2019 masuk babak baru. Melalui Bawaslu Bali, NasDem akan bermediasi dengan KPU Provinsi Bali. mediasi ini akan dilakukan pada Hari Kamis (16/08) Pukul 18.00 Wita.

“Besok kami diundang untuk mediasi. Mediasi digelar pukul 6 sore,” ujar Sekretaris DPW Partai NasDem Bali Luh Putu Nopi Seri Jayanti usai melengkapi berkas permohonan sengketa di Bawaslu Bali, Rabu (15/8/x2018).

Kasubag Hukum, Humas, dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Bali I Made Aji Swardhana menjelaskan, mediasi dilakukan mediasi permohonan sengketa dari Partai NasDem Bali. Sesuai dengan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 18 Tahun 2017 junto Perbawaslu Nomor 18 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu, terlebih dahulu dilakukan mediasi. Selanjutnya akan digelar Sidang Ajudikasi. “Karena itu kami langsung mengundang para pihak yakni Partai NasDem sebagai pemohon dan KPU Provinsi Bali sebagai termohon,” terang dia.

Sesuai dengan mekanisme, apabila mediasi belum menemui titik terang, maka akan dilakukan mediasi tahap kedua. Bila mediasi tahap kedua masih deadlock, akan diselesaikan lewat siding ajudikasi.  

“Jika mediasi tahap kedua tidak juga bisa diselesaikan baru dilanjutkan ke sidang ajudikasi,” tutur dia didampingi Tim Asisten Bidang Hukum, Kadek Intan Rusmayanthi.

Nantinya, mediasi minimal akan diikuti oleh satu orang komisioner Bawaslu Bali sebagai pimpinan mediasi. Sedangkan sidang ajudikasi, maka sidang ajudikasi harus beranggotakan minimal tiga komisioner dan maksimal 5 komisioner Bawaslu Bali. (her)