JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Mantra-Kerta Akan Luncurkan Pengaduan Online Pro Bali

PILGUB BALI 2018
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Pasangan Calon Gubernur dan wakil Gubernur yang diusung Koalisi Rakyat Bali (KRB) Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra - I Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta) akan meluncurkan pengaduan online bernama Pro-Bali. Hal ini disampaikan Cagub Rai Mantra di hadapan para komisioner Ombudsman RI Perwakilan Bali di Kantor Ombudsman Bali, Kamis (17/5/2018).

Pemaparan aplikasi Pro Bali tersebut sangat mencengangkan dan membuat segenap hadirian terdiam sesaat. Menurut Rai Mantra, pengaduan online selama ini sudah dilakukan di Kota Denpasar, dan sudah terbukti sangat efektif.

"Denpasar sudah melakukan hal itu. Dan sudah terbukti sangat efektif. Semuanya tercover dengan baik," ujarnya. Menurut Rai Mantra, bila terpilih menjadi Gubernur Bali, atau siapa pun yang terpilih nanti, pengaduan online dalam aplikasi Pro-Bali ini sangat penting.

"Biasanya dalam pengaduan online via aplikasi, pejabat akan telinga panas, hati panas, muka merah. Ini harus siap-siap mental. Makanya pejabat harus jujur, transparan, tidak korupsi. Kalau hati panas, tensi tinggi, muka merah, itu tanda baik. Karena itu tanda dia masih memiliki hati untuk rakyatnya. Sebab bila tidak punya hati, maka ini jenis pemimpin yang tidak tahu malu, takut dikritik, takut menerima pengaduan dan seterusnya," ujarnya.

Sebab dalam pengaduan online itu, bisa saja ada masyarakat yang sakit, tidak ada obat di Puskesmas, bahkan ada yang minta uang. Ada juga masyarakat yang mengadukan tentang trotoar rusak, jalan rusak, got mampet, banjir, sampah, limbah dan sebagai. "Jadi, kalau mau menjadi gubernur harus siap-siap," ujarnya.

Menurutnya, dalam Bali Pro nanti bisa mendapatkan banyak keuntungan. Pengaduan langsung online, diterima oleh pejabat yang bersangkutan. "Kita sudah masuk era smart city. Jadinya semuanya harus berbasis teknologi. Banyak keuntungan yang kita dapatkan. Pemimpin yang tidak meninggalkan teknologi akan tertinggal jauh," ujarnya. Ada beberapa manfaatnya antara lain dari sisi efisiensi waktu, tenaga, biaya. Tinggal klik Pro Bali, tulis atau sampai keluhan, kirim.

Selesai. Keuntungan lainn adalah keterlibatan kontrol sosial mayarakat dan tanpa biaya. Masyarakat bisa dowload aplikasi sendiri. Lalu laporkan berbagai kejadian yang ada. Alurnya sangat jelas. Masyarakat silahkan mengirimkan pengaduan melalui aplikasi Bali Pro. Petugas atau operator menerimanya, kemudian materi itu diteruskan kepada staf atau instansi terkait.

Dan tidak berapa lama akan ada tindak lanjut, berupa staf turun langsung ke lapangan. Kalau ada pekerjaan yang segera diselesaikan maka hari itu pula akan diselesaikan. "Pengalaman di Denpasar, akhirnya semua unsur terlibat, mulai warga, kepala lingkungan, kepala dusun, kepala desa, camat dan sebagainya. Jadinya kontrol publik lebih besar ketimbang tidak ada Bali Pro," ujarnya. (her)