JA Teline V - шаблон joomla Форекс

HUKUM & KRIMINAL
Typography

 

DENPASAR -fajarbali.com |Setelah melaporkan akun Facebook bernama Ulian Demen yang memuat ujaran pelecehan dan pencemaran nama baik Pemangku dan dalang pewayangan, pelapor Jro Mangku Dalang I Putu Gede Sartika kembali dipanggil penyidik Ditreskrimsus Polda Bali, pada Jumat (11/9/2020), untuk menjalani pemeriksaan tambahan. 


Saat diperiksa, Jro Dalang Dug Byor yang didampingi Penasihat Hukumnya, Komang Sutrisna, SH dan Kadek Agus Aryanto, SH. Menurut Komang Sutrisna, laporan ini sebenarnya bukan lantaran sakit hati. Tapi laporan ini dilakukan untuk memberikan pembelajaran bersama untuk menghormati dan menghargai pemangku serta seni tradisional Bali yang memiliki pakem-pakem pertunjukan yang sakral. 


‘’Bila dibiarkan akan menjadi preseden buruk bagi pementasan seni di masyarakat," ujarnya. 


Apalagi kata mantan wartawan ini, merasa tidak puas lalu berkomentar tidak karuan dengan kata-kata kasar dan melecehkan Dalang nya di Medsos. "Jadi, mari belajar untuk menghormati seni sakral di Bali. Siapa lagi yang menghargai seni dan pelaku seni, jika tidak kita sendiri,’’ timpal Jro Dalang.


Lebih lanjut Jro Dalang menyebutkan, laporan pengaduan masyarakat (Dumas) tersebut, berawal dari pementarasan yang diselenggaran di Pura Samuan, Desa Adat Padangbai, Karangasem. Pihak Sanggar Siwa Latri, Keramas, Gianyar dengan Wayang Calonarang Dug Byor ini. 


Dirinya diundang oleh pihak Desa Adat berkaitan dengan upacara di pura tersebut. Disepakati pada tanggal 29 Juli 2020 digelar pagelaran. Saat Wayang berjalan, sekitar Jam 00.15 Wita, tapi ada sejumlah pemuda sempat mengganggu pertunjukan dengan berteriak-teriak. 


"Dengan mengatakan mengapa belum melakukan proses Ngundang Leak, dengan segala sumpah serapah yang tidak sopan dan disaksikan oleh penonton," ujarnya. 


Terus terang, kata Jro Dalang, lelampahan Wayang belum sampai prosesi ngundang-ngundang Leak. Ada pakem yang harus diselesaikan dulu, sebelum ke adegan itu. "Karena tidak sabar dan terus didesak, saya pun jelaskan apa makna ngundang dan apa yang disebut dengan daslemah. Saya akhirnya lanjutkan pagelaran dengan ngundang-ngundang,’’ papar Jro Dalang.


Pagelaran wayang hari itu, tambah Jro Dalang pun selesai. Prajuru mohon maaf atas kejadian itu, serta pihak Jro Dalang memaafkan. Dengan alasan para pemuda ini kemungkinan belum paham. 


Namun, yang disesali Prajuru adat sudah mohon maaf, serta pihaknya sudah tidak masalahkan. Namun, malah muncul ujaran pencemaran nama baik ini di Medsos. Pihaknya sudah berusaha berkomunikasi dengan prajuru terhadap masalah tersebut, namun pelaku sampai saat ini, tidak beretikad baik untuk menyelesaikan masalahnya. 


"Sampai saat ini, pemilik akun ini tidak beritikad baik, sampai akhirnya kami laporkan Dumas ke Polda Bali, 1 September lalu,’’ ungkap Jro Dalang.


Komang Sutrisna kembali menambahkan ujaran yang disampaikan oleh pemilik akun Ulian Demen ini, memiliki implimentasi hukum dan dampak kepada pemangku dan para seniman. 


‘’Jika tidak ditindaklanjutkan, ini preseden yang tidak baik. Para Pemangku dan praktisi seni sakral, bisa saja akan dilecehkan di lain kesempatan. Ini harus menjadi pelajaran bagi kita,’’ tandasnya. (hen)

HUKUM & KRIMINAL

Grid List

DENPASAR-Fajarbali.com |  Anna Legostaeva warga negara Rusia yang kedapatan mengantongi narkotika jenis hasis seberat 0,94 gram benar-benar bernasib mujur.


DENPASAR -fajarbali.com |Dua oknum Polisi Jembrana yang kedapatan melakukan pungli di jalan, hingga kini belum menjalani sidang kode etik profesi kepolisian. Sambil menunggu jadwal persidangan, keduanya masih tetap bekerja seperti biasa. 

 

 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Wabah pandemi covid-19 meningkat di Bali, jajaran Polresta Denpasar dan Polsek-Polsek bergerak cepat melakukan sosialisasi dan razia masker  ke masyarakat. 


KUTA UTARA -fajarbali.com |Usai galungan, jambret kembali beraksi. Kali ini menimpa seorang turis wanita asal Ukraina, berinisial DB. Korban terjatuh dan luka-luka setelah dijambret di Jalan Raya Semer Kuta Utara, Kamis (17/9/2020) malam. 

 


Insiden jambret yang menimpa korban DB terjadi sekitar pukul 22.30 Wita. Malam itu korban jalan-jalan mengendarai motor seorang diri. "Korban dijambret malam hari saat mengendarai motor," ujar sumber, Jumat (18/9/2020). 


Seorang diri mengendarai motor di malam hari, korban melintas di Jalan Raya Semer, Kuta Utara, Badung. Tak disangka, dari arah belakang, penjambret diduga mengendarai sepeda motor Yamaha N-Max langsung merampas tas korban. 


Dalam aksi jambret tersebut korban kehilangan kesimbangan dan terjatuh dari motornya. "Korban terjatuh ke aspal dan mengalami luka-luka di sekujur tubuhnya," ungkap sumber. 


Warga yang melihat kejadian memberikan pertolongan. Sementara warga lainnya mengejar pelaku yang hilang di tengah malam. Akibat kejadian, korban kehilangan barang berupa tas coklat berisi HP, uang tunai dan juga kartu-kartu identitas korban. 


Dihubungi terpisah, Kanit Reskrim Polsek Kuta Utara AKP Androyuan Elim membenarkan korban terjatuh dari sepeda motornya hingga mengalami luka di sekujur tubuhnya. "Korbannya turis wanita asal Ukraina dan sudah dibawa berobat untuk perawatan medis," beber AKP Andro, Jumat (18/9/2020).  


Namun kata AKP Andro, korban hingga kini belum melaporkan resmi kejadian ke Polsek Kuta Utara. Pasalnya korban masih menjalani perawatan akibat luka yang dialaminya. "Ya benar. Korban belum membuat laporan. Dia masih minta waktu untuk istirahat. Mungkin besok baru dia bisa membuat laporan," pungkasnya. (hen)


SANUR -fajarbali.com |Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali, Maluku dan Maluku Utara menjalin kesepakatan untuk melaksanakan penguatan pembangunan zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kesepakatan ini dilaksanakan secara virtual bertempat di Hotel Grand Inna Bali Beach Sanur, pada Jumat (18/9/2020). 

 

MANGUPURA -fajarbali.com |Kepala Kepolisian Resor Badung AKBP Roby Septiadi, SIK langsung turun ke Pasar-pasar mengecek pendisiplinan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran virus corona yang terus mengalami peningkatan. 

 

MANGUPURA -fajarbali.com |Kepala Kepolisian Resor Badung AKBP Roby Septiadi, SIK didampingi Kapolsek Mengwi dan Kasat Lantas melaksanakan Safari Kamtibmas dalam rangka Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Badung. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Dandim 1611/Badung Kolonel Infanteri I Mase Alit Yudana bersama stakeholder lainnya, melaksanakan sidak Pendisiplinan Masyarakat dan Penegakkan Hukum sebagai implementasi Pergub Nomor 46 Tahun 2020 di sejumlah tempat hiburan malam di Denpasar, Jumat (11/09/2020) malam lalu. Dalam kegiatan ini banyak ditemukan masyarakat yang tidak disiplin mengenakan masker. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Setelah melaporkan akun Facebook bernama Ulian Demen yang memuat ujaran pelecehan dan pencemaran nama baik Pemangku dan dalang pewayangan, pelapor Jro Mangku Dalang I Putu Gede Sartika kembali dipanggil penyidik Ditreskrimsus Polda Bali, pada Jumat (11/9/2020), untuk menjalani pemeriksaan tambahan. 

 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Kasus penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika diungkap jajaran Direktorat Resnarkoba Polda Bali. Seorang bule asal Australia, berinisial DSC (46) diringkus ditempat tinggalnya di Jalan Raya Pupuan Tabanan, Kamis (10/9/2020), dengan barang bukti 1 linting ganja kering dan serbuk ekstasi. 


DENPASAR -fajarbali.com |Akhir-akhir ini kecelakaan lalulintas cenderung menimpa pengendara motor dalam kondisi pengaruh alkohol. Sebelumnya dua pemuda tabrakan di Jalan Sidakarya Denpasar Selatan, Kamis (10/9/2020) dinihari. 

POLITIK