JA Teline V - шаблон joomla Форекс

HUKUM & KRIMINAL
Typography

DENPASAR - Fajarbali.com | Setelah beberapa kali batal memberikan kesaksian karena masih di luar negeri, Hedar Giacomo Boy Syam yang menjadi korban dalam kasus dugaan menyuruh memberikan keterangan palsu di dalam akta otentik dengan terdakwa Zainal Teyeb, Selasa (12/10/2021) hadir memberikan keterangannya.

Dalam sidang yang masih digelar secara daring, dihadapan majelis hakim pimpinan I Wayan Yasa, saksi oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Imam Ramdhoni dan kawan-kawan soat diwarnai perdebatan antara saksi dengan tim kuasa hukum terdakwa. 

Apa yang menjadi perdebatan antara saksi dengan kuasa hukum terdakwa memang tidak terdengar dengan jelas mengingat perdebatan terjadi dalam sidang yang gelar secara daring (dalam jaringan) sehingga suara kedua belah pihak saling bertabrakan. 

Dalam sidang yang digelar secara daring ini, juga kembali membuat beberapa pertanyaan, baik dari jaksa maupun kuasa hukum terdakwa harus diulangi. Belum lagi sempat terjadi putus koneksi internet sehingga saksi sama sekali tidak mendengarkan apa yang ditanyakan. 

Sementara itu di awal kesaksiannya, saksi minta olah jaksa untuk menceritakan atau memberikan kesaksian terkait peristiwa hukum yang dialami, mulai dari pembuatan hingga penandatanganan akta nomor 33 yang ada beberapa poin dianggap tidak sesuai dengan fakta.

Saksi pun lalu bercerita bahwa, sebelum kasus ini bergulir di Pengadilan, pada tanggal 27 September 2017 saksi dipanggil oleh terdakwa di rumahnya di Jalan Majapahit, Kuta. "Di rumah terdakwa ini ada kesepakatan yang muncul yang dibacakan oleh notaris sebagaimana tertuang dalam akta nomor 33," jelas saksi memulai keterangannya. 

Dalam kesepatakan yang tertuang dalam akata nomor 33 itu, terdakwa menyatakan bahwa dia memiliki tanah selua 13.700 M2 yang terdiri dari 8 sertifikat yang dihargai Rp 4,5 juta per meter persegi. Saksi lalu sepakat untuk membayar semua itu dengan 11 cek. 

"Dari 11 cek itu, dalam kesepakatan itu juga disebutkan jika salah satu dari 11 cek saya itu ada yang tidak cair, maka seluruh uang yang sudah terbayar hangus dan seluruh objek tanah dan bangunan diatasnya kembali ke terdakwa Zainal, " terang saksi. 

Pada saat itu pula, saksi langsung menyanggupi apa yang menjadi permintaan terdakwa sebagaimana tertuang dalam akta nomo 33 itu."Kemudian notaris membacakan akta dan saya bersama terdakwa sama-sama mendengarkan, dimana dalam akta dan dikuatkan di dalam akta bahwa luas tanahnya adalah 13.700M2,"uangkap saksi. 

Dilanjutkan saksi, setelah mendengar isi akta, kedua belah pihak setuju dan saat itu pula langsung dilakukan penandatanganan."Seiring berjalannya waktu, kami meminta salinan atau foto copy sertifikat, tapi tidak diberikan oleh notaris," aku saksi. 

Padahal, notaris mengatakan bahwa pada saat penandatanganan akta, semua sertifikat sudah ada padanya dan sudah dilakukan pengecekan. "Baru setelah kami akan melakukan pelunasan, baru muncul salinan aktanya, dan saat itu langsung dilakukan pengecekan oleh staf saya yang bernama Ardika dan Citra," terang saksi. 

Nah, hasil pengecekan yang dilakukan oleh kedua stafnya ini ternyata dari 8 SHM (sertifikat hak milik) yang tertuang dalam akta No 33 luasnya tidak sampai 13.700 M2. Mengetahui itu, saksi langsung berkomunikasi dengan notaris. 

Saat bertemu, notaris menyatakan mungkin ada sertifikat yang lupa dimasukkan, mengingat pembuatan akta nomor 33 hanya dilakukan dalam waktu 24 jam."Notaris sempat mengatakan minta maaf, karena mungkin ada SHM yang belum dimaksukan dan meminta waktu untuk dilakukan perbaikan," beber saksi. 

Namun setelah ditunggu sekian lama, perbaikan yang dijanjikan oleh notaris tidak juga ada kabar beritanya sehingga saksi pun mengirimkan somasi ke pihak terdakwa. Isi somasi itu antara lain menanyakan apakah ada sertifikat lain yang belum masuk sehingga perlu dilakukan adendum (perbaikan) terhadap akta 33. 

Namun, jawaban dari pihak terdakwa menyatakan bahwa bahwa sertifikat yang lain bukan merupakan objek daripada akta. Karena bukan merupakan objek dari pada akta, maka saksi menganggap telah terjadi kelebihan pembayaran. Atas kejadian itu saksi mengatakan sempat melakukan mediasi dengan terdakwa. 

"Mediasi cukup lama hampir satu tahun tapi tidak ada hasil. Mediasi yang kami maksud disini adalah menanyakan apakah ada objek lain, apabila tidak ada maka bisa uang saya dikembalikan, tapi tetap tidak mau juga sehingga saya membuat laporan ke polisi dan kasusnya sampai ke persidangan ini," terang saksi.

Jaksa lalu menanyakan bagaimana terdakwa menyakinkan kepada saksi bahwa SHM yang menjadi objek dalam akta nomor 33 luasnya adalah 13.700M2? Saksi menjawab bahwa, pada saat di rumahnya, terdakwa mengatakan, semua objek tanah di perumahan Ombak Luxury Resident dijual kepada saksi. 

Saksi dalam sidang juga mengatakan, sebelumhya dia tidak pernah tahu adanya draft pembuatan akta nomor 33. Dia baru mengetahui adanya draft dalam pembuatan akta nomor 33 setelah diberi tahun oleh penyidik Polres Badung. 

Selain itu saksi juga mengaku tidak tahu bahwa yang membuat draft adalah saksi Yuri Pranatomo. "Kalau saya tahu yang buat draft adalah Yuri, maka saya tidak akan mau tandatangan," jelas saksi. Akibat perbuatan terdakwa Zainal Tayeb, Hedar mengaku merasa ditipu oleh terdakwa sehingga mengalami kerugian sebesar Rp 21 Miliar.(eli)

HUKUM & KRIMINAL

Grid List

DENPASAR - Fajarbali.com | Pengadilan Tinggi (PT) Denpasar, Jumat (22/10/2021) melakukan pengambilan sumpah puluhan advokat yang tergabung dalam organisasi Perhimpunan Advokat Indonesia Suara Advokat Indonesia (Peradi SAI) Denpasar. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Sidang dengan terdakwa Zainal Tayeb, Kamis (21/10/2021) kembali dilanjutkan. Dalam sidang yang digelar secara daring ini, giliran tim kuasa hukum terdakwa yang mengajukan ahli untuk dimintai pendapat hukumnya. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Dukungan moril untuk terdakwa kasus dugaan menyuruh menempatkan keterangan palsu di dalam akta otentik, Zainal Teyeb terus mengalir.


DENPASAR -fajarbali.com |Terdakwa penggelapan dana gereja GPIB Maranatha Denpasar, Unun Hardinansi Neno akhirnya divonis dua tahun penjara oleh Majelis Hakim. Vonis itu dijatuhkan oleh majelis hakim yang dipimpin oleh hakim ketua Putu Gede Noviyartha dan dua hakim lainnya Ida Ayu Adnya Dewi dan I Wayan Eka Mariartha dalam sidang di Pengadilan Negeri Denpasar pada Kamis (21/10/2021). 

DENPASAR - Fajarbali.com | Kasus hukum yang menjerat Zainal Tayeb memang sedang bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

DENPASAR - Fajarbali.com | Sidang dengan terdakwa Zainal Teyeb, Selasa (19/10/2021) dilanjutkan dengan agenda mendengarkan keterangan ahli hukum pidana dari Universitas Udayana (Unud), I Gusti Ketut Ariawan.

DENPASAR- Fajarbali.com | Dukungan moril yang ditujukan kepada Zainal Tayeb tersakwa kasus dugaan menyuruh menempatkan keterangan palsu di dalam akta otentik terus mengalir. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Kasus pencabulan dialami seorang anak berinisial MC yang dilakukan oleh kakek tirinya di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Kasus ini bergulir tanpa kepastian meski peristiwa tersebut berlangsung cukup lama.

 

KUTA -fajarbali.com |Dalam setahun terakhir jajaran Bea Cukai memusnahkan ribuan botol minuman keras, rokok dan jutaan rokok yang nilainya mencapai Rp 1.8 miliar. Pemusnahan barang bukti (BB) hasil penindakan di bidang kepabeanan dan cukai ini dilaksanakan di halaman Kanwil Bea Cukai Bali dan Nusa Tenggara di Jalan Airport Ngurah Rai, Tuban, Badung, Senin 18 Oktober 2021 siang. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka alias DKP akhirnya resmi 'diinapkan' di Rutan Kerobokan, Denpasar sejak, Senin (18/10/2021).

 

KUTA UTARA -fajarbali.com |Keributan antar warga negara asing terjadi di Jalan Pantai Berawa Desa Tibubeneng Kuta Utara, pada Sabtu 16 Oktober 2011 sekitar pukul 00.50 Wita. Dalam perkelahian satu lawan satu, bule New Zealand berinisial JMJN mengalami luka robek dibagian leher akibat terkena pecahan botol dan dilarikan ke rumah sakit. Sementara pelaku asal Marocco berinisial YEY (25) diamankan di Polsek Kuta Utara. 

DENPASAR-Fajarbali.com | Penyidik Unit PPA Polres Karangasem telah menetapkan I Nengah Kicen sebagai tersangka atas kasus dugaan pembunuhan terhadap anak kandungnya yang masih berusia 13 tahun, I Kadek Sepi.

BERITA TERKINI

Grid List

DENPASAR -Fajarbali.com | Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat ( HIPAKAD )  Bali berkolaborasi dengan Dokkes Polda Bali, Jumat (22/9/2021) mengadakan vaksinasi massal.

DENPASAR - Fajarbali.com | Pengadilan Tinggi (PT) Denpasar, Jumat (22/10/2021) melakukan pengambilan sumpah puluhan advokat yang tergabung dalam organisasi Perhimpunan Advokat Indonesia Suara Advokat Indonesia (Peradi SAI) Denpasar. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Sidang dengan terdakwa Zainal Tayeb, Kamis (21/10/2021) kembali dilanjutkan. Dalam sidang yang digelar secara daring ini, giliran tim kuasa hukum terdakwa yang mengajukan ahli untuk dimintai pendapat hukumnya. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Dukungan moril untuk terdakwa kasus dugaan menyuruh menempatkan keterangan palsu di dalam akta otentik, Zainal Teyeb terus mengalir.

DENPASAR – fajarbali.com  I Astra Motor Bali bersama dengan seluruh AHASS di wilayah Bali memberikan layanan tambahan yakni bisa service di hari minggu sebagai bentuk kemudahan yang ditawarkan kepada konsumen Honda yang tidak sempat datang ke bengkel untuk melakukan perawatan motor. Dengan tajuk ”Matic Minggu Service berhadiah oli MPX2”, promo program ini berlaku di periode 3 bulan yakni Oktober – Desember 2021. Konsumen yang melakukan service di hari Minggu akan secara otomatis diikutkan undian yang pengundiannya dilaksanakan di minggu ke 3 setiap bulannya selama periode program. Sekali pengundian sebanyak 25 konsumen yang beruntung untuk mendapatkan hadiah gratis ganti AHM oli MPX2.

DENPASAR – fajarbali.com  I Astra Motor Bali bersama dengan seluruh AHASS di wilayah Bali memberikan layanan tambahan yakni bisa service di hari minggu sebagai bentuk kemudahan yang ditawarkan kepada konsumen Honda yang tidak sempat datang ke bengkel untuk melakukan perawatan motor. Dengan tajuk ”Matic Minggu Service berhadiah oli MPX2”, promo program ini berlaku di periode 3 bulan yakni Oktober – Desember 2021. Konsumen yang melakukan service di hari Minggu akan secara otomatis diikutkan undian yang pengundiannya dilaksanakan di minggu ke 3 setiap bulannya selama periode program. Sekali pengundian sebanyak 25 konsumen yang beruntung untuk mendapatkan hadiah gratis ganti AHM oli MPX2.


DENPASAR -fajarbali.com |Terdakwa penggelapan dana gereja GPIB Maranatha Denpasar, Unun Hardinansi Neno akhirnya divonis dua tahun penjara oleh Majelis Hakim. Vonis itu dijatuhkan oleh majelis hakim yang dipimpin oleh hakim ketua Putu Gede Noviyartha dan dua hakim lainnya Ida Ayu Adnya Dewi dan I Wayan Eka Mariartha dalam sidang di Pengadilan Negeri Denpasar pada Kamis (21/10/2021). 

SEMARAPURA-fajarbali.com | Polres Klungkung memiliki terobosan baru untuk mencegah penularan Covid-19 di tahanan. Yakni dengan meluncurkan layanan zoom video call. Jadi pembesuk yang ingin berkomunikasi dengan tahanan tidak lagi dilakukan secara tatap muka, tetapi cukup dengan video call saja. Layanan inipun mulai diterapkan sejak Kamis (21/10/2021), dan tentunya tetap di bawah pengawasan ketat Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Sat Tahti) Polres Klungkung.

SEMARAPURA-fajarbali.com | Kabupaten Klungkung rupanya menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Bali yang belum menuntaskan pencairan bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial RI. Khususnya untuk program sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (PBNT) dan juga bansos tahap III.

MANGUPURA-fajarbali.com | Program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT PKLW) resmi diluncurkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa bertempat di Kodim 1611/Badung, Kamis (21/10/2021).

MANGUPURA-fajarbali.com | Setelah video Putu Dewi Ariantini atau dikenal dengan Dewi Pradewi viral di media sosial, Pemkab Badung langsung melakukan pertemuan dengan pihak satpam. Pertemuan dipimpin langsung Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Badung Made Suardita didampingi Kabag Umum Setda Badung, Nyoman Artaka dan Danru Satpam serta Satpam yang bersangkutan yakni Ketut Suandita, Kamis (21/10/2021 ) di Puspem Badung.

AMLAPURA-fajarbali.com | Gempa berkekuatan Magnitudo 4,8 yang merusakan ribuan rumah warga rusak berat serta satu korban jiwa di Desa Ban,Kecamatan Kubu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dengan didampingi BPBD  Karangasem melakukan pengecekan serta penelusuran jalur sesar di Desa Ban. Hal itu dikatakan Plt Kabid Kebencanaan dan Kesiapsiagaan, BPBD Karangasem, Putu Eka Putra Tirtana,Kamis (21/10/20121).

AMLAPURA-fajarbali.com | Bunga Kasna atau Bunga Edelweis secara resmi ditetapkan sebagai Ikon dan Bunga Khas Karangasem. Bunga Kasna sendiri tumbuh subur dan dilestarikan oleh masyarakat lokal di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem.

MANGUPURA-fajarbali.com | Sebelum ditetapkannya Rancangan APBD 2022, Komisi IV DPRD Badung menggelar rapat dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Badung, Kamis (21/10/20121).

GIANYAR-fajarbali.com | Rencana pelaksanaan eksekusi adat di Desa Adat Jero Kuta Pejeng, draft perdamaian mulai ada titik temu. Dalam penyusunan draft kesepakatan yang melibatkan  pihak krama yang keberatan dan prajuru adat, tiga point yang telah disepakati. Mulai dari pembatalan sertifikat, pencabutan sanksi adat serta penghentikan proses hukum pidana. 

DENPASAR-fajarbali.com | Pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Bali diharapkan dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi Pulau Dewata. Namun demikian, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) hingga saat ini belum menunjukkan hasil yang optimal.

AMLAPURA-Fajarbali.com|
Bencana gempa bumi dengan magnitudo 4.8 SR yang mengguncang Karangasem pada Sabtu (16/10/2021) lalu, telah membuaat ribuan rumah warga di Desa Ban,Kecamatan Kubu, dan Desa Pempatan, Kecamatan Rendang,mengalami kerusakan. Tidak saja rusak ringan, puluhan rumah warga juga mengalami kerusakan cukup berat terutama di pusat gempa yakni di Dusun Jati Tuhu, Desa Ban,kecamatan Kubu,Karangasem.

AMLAPURA-fajarbali.com|
Ditengah pandemic yang masih melanda, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kabupaten Karangasem membuat gebrakan untuk memajukan para pengusaha kecil ini. Salah satunya, dengan mengumpulkan para pengusaha kecil kedalam wadah Himpunan Wirausaha Karangasem (HiWiKa). Sebagai bentuk keseriusan pemerintah kabupaten, Diskop UMKM juga secara resmi  melaunching Rumah Kreatif HiWiKa yang juga sebagai tempat display sample produk anggota HiWiKa berlokasi di Lingkungan Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem,pada Rabu (20/10/2021). 

DENPASAR - Fajarbali.com | Kasus hukum yang menjerat Zainal Tayeb memang sedang bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

DENPASAR - Fajarbali.com | Sidang dengan terdakwa Zainal Teyeb, Selasa (19/10/2021) dilanjutkan dengan agenda mendengarkan keterangan ahli hukum pidana dari Universitas Udayana (Unud), I Gusti Ketut Ariawan.

DENPASAR- Fajarbali.com | Dukungan moril yang ditujukan kepada Zainal Tayeb tersakwa kasus dugaan menyuruh menempatkan keterangan palsu di dalam akta otentik terus mengalir. 

SINGARAJA-fajarbali.com | Memasuki tahun terakhir pada 2022, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Buleleng, Bali 2017-2022 siap dikebut. Ini dilakukan mengingat masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng hanya tersisa sebelas bulan lagi.

SINGARAJA-fajarbali.com | Sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap Covid-19, aplikasi PeduliLindungi sangat wajib untuk diterapkan sebagai alternatif screening awal Covid-19, selain protokol kesehatan (prokes) yang ketat dan vaksinasi tentunya. Dilihat dari data kemarin, jumlah tempat yang sudah teraktivasi aplikasi PeduliLindungi di Kabupaten Buleleng sebanyak 784 titik. Demikian disampaikan Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan saat menyampaikan release hariannya, Senin (18/10/20121).

DENPASAR-fajarbali.com | Menindaklanjuti Pemilu yang akan digelar pada Tahun 2024 mendatang, DPRD Bali berupaya untuk melakukan berbagai persiapan, utamanya soal anggaran. Terbukti dengan adanya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif Dewan tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Umum Legislatif, Gubernur, dan Wakil Gubernur Tahun 2024.