JA Teline V - шаблон joomla Форекс

LINTAS KRIMINAL
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Direktur Reskrimum Polda Bali Kombespol Andi Fairan menegaskan, penangkapan lima bule asal Bulgaria sebagai pelaku penjahat skimming sudah keempat kalinya dilakukan jajaran Ditreskrimum Polda Bali.

Para tersangka ini khusus menyasar wisatawan asing yang berlibur ke Bali.  “Kami sudah keempat kalinya mengungkap kasus skimming dari kelompok Bulgaria ini. Mereka ini penjahat transnasional,” tegas Kombes Andi, Kamis (6/2/2019). 

Kelima tersangka, kata Kombes Andi, datang ke Bali secara terpisah dengan tujuan untuk mencuri data nasabah Bank secara eletroknik. “Dari keterangan lima tersangka, ada yang sudah setahun beraksi. Bahkan ada yang datang Bulan Maret, Agustus dan akhir Desember 2018 lalu. Para pelaku ini mencari tempat tinggal tersendiri untuk menghindari pemantauan petugas kepolisian,” ujarnya. 

Diterangkannya, dalam aksi pencurian ini, kerja kelima tersangka cukup rapi. Setelah selesai beraksi di Bali, ada yang pulang membawa hasil ke negaranya. Selanjutnya, jaringan lainnya datang ke Bali untuk melakukan aksi yang sama. “Mereka menggunakan sistem sirkulasi, ada yang datang, ada yang pulang membawa hasil kejahatan. Nah jaringan lain masuk melakukan aksi yang sama,” ucapnya. 

Herannya, kata Kombes Andi, jaringan skimming ini tidak pernah beraksi di negaranya sendiri. Mereka datang ke Bali sudah direncanakan dan membawa alat alat perlengkapan skimming seperti kartu ATM warna putih dan penutup PIN kamera. “Mereka tidak pernah beraksi di negaranya, tapi beraksi di Bali karena disini banyak wisatawan asing yang berlibur,” terang perwira melati tiga di pundak itu. 

Ditambahkannya, pemasangan peralatan skimmer di mesin ATM membutuhkan waktu 10 menit saja. Selanjutnya mereka memantau siapa yang masuk ke ATM untuk bertransaksi. Dalam sekejab saja, ratusan juta uang nasabah diambil para tersangka dengan melakukan pencurian data elektronik secara illegal di kartu debit atau kartu kredit. 

Dari hasil interogasi, kelima pelaku mengaku sudah beraksi di beberapa TKP yakni di ATM di Jalan Labuan Sahid Pecatu Kuta Selatan, ATM Pecatu, ATM SPBU Teras Ayung, ATM Bank Mandiri Padangbay Karangasem, Bank Mandiri di Jalan Imam Bonjol dan ATM di Batubolong Canggu Kuta Utara. (hen)