JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KESEHATAN
Typography
Denpasar-fajarbali.com | Munculnya kasus terpaparnya virus setelah menerima vaksinasi Covid-19 patut dijadikan pembelajaran bagi semua pihak. Mereka yang sudah divaksinasi bukan jaminan bebas atau kebal dari Covid-19. Pasalnya, setelah menerima vaksinasi pertama dan kedua, prokes 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan tetap wajib dijalankan dengan disiplin tinggi baik di rumah maupun di luar rumah.



Menurut Direktur Prima Medika Hospital, dr. Putu Dian Ekawati, MPH secara teori, antibodi terbentuk dengan sempurna setelah 30 hari pascavaksinasi tahap kedua.

"Salah satu kelompok yang berisiko tinggi terpapar Covid-19, pascavaksinasi yakni kaum lansia. Untuk itu, kami meminta masyarakat mengawal keamanan para lansia di rumah pascavaksinasi," ujarnya, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga :
Pengacara Ipung Propamkan Penyidik RPK Polda Bali
Terjerat Kasus Narkoba, Mantan Marinir Inggris Teracam 12 Tahun Penjara

Dokter Dian menjelaskan, untuk mengantisipasi terpaparnya virus kepada lansia, tentu yang harus dilakukan adalah perketat prokes lansia di rumah termasuk anggota keluarga yang lain. Termasuk, menghindari kerumunan dan kontak dengan anggota keluarga yang tak jelas riwayat kesehatannya.

Dirinya tak menampik jika setelah program vaksinasi dimulai, tak sedikit masyarakat yang mulai abai protokol kesehatan. "Sempat agak kendor terutama pakai masker dan masih terjadinya kerumunan diberbagai kegiatan. Vaksinasi memang melindungi kita dan orang disekitar dari risiko paparan virus. Tetapi selama herd immunity atau kekebalan kelompok belum terbentuk, masyarakat harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan jika ingin segera keluar dari pandemi," ucapnya.

Ia menegaskan, alasan tetap harus menjalankan protokol kesehatan usai divaksin karena sampai saat ini masih ada risiko terinfeksi, walau tidak mengembangkan gejala berat.

"Ini perlu diingat untuk masyarakat bahwa meski sudah divaksinasi Covid-19, seseorang wajib untuk tetap disiplin prokes. Mungkin sebagian bertanya-tanya, mengapa yang sudah mendapat vaksinasi harus tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan? Sebab kekebalan yang dibuat oleh vaksin membutuhkan waktu untuk berkembang. Namun setelah itu, kita tekankan bahwa protokol kesehatan harus terus dilakukan hingga pandemi benar-benar usai," pungkasnya. (dha)