JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KESEHATAN
Typography

DENAPASAR - fajarbali.com | Dalam rangka meperingati Hari Juang TNI Angkatan Darat (AD) 2019, Kodam IX/Udayana melaksanakan kegiatan bhakti sosial donor darah yang digelar di Markas PMI Provinsi Bali, Denpasar, Kamis (12/12/2019). Kegiatan donor darah yang dilaksanakan tersebut merupakan kerjasama Kodam IX/Udayana dengan PMI Provinsi Bali dan diikuti 300 orang Prajurit TNI dari Kodam IX/Udayana.

 

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana dalam amanatnya yang dibacakan Irdam IX/Udayana Kolonel Kav Taufik Budi Santoso menyampaikan, donor darah merupakan kegiatan kemanusiaan yang tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan darah, karena sebagai pendonorpun akan mendapatkan manfaat besar, terutama ketika rutin mendonorkan darah, maka akan banyak manfaat yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Sehingga, diyakini tubuh akan tetap sehat dan bugar serta dapat bekerja secara efisien.

Ditemui disela-sela acara, Irdam IX/Udayana Kolonel Kav Taufik Budi Santoso mengatakan, kegiatan bakti sosial yang laksanakan adalah untuk menyambut hari kelahiran TNI Angkatan Darat yang sekarang dikenal dengan Hari Juang TNI Angkatan Darat. “Dengan mengusung tema 'Setetes Darah Anda Menyelamatkan Jiwa Orang Lain' kita berharap semoga kegiatan sosial ini bermanfaat untuk masyarakat. Selain itu, tujuan dari penyelenggaraan donor darah ini untuk mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dengan menyumbangkan darah, berarti kita telah menyelamatkan nyawa orang lain. Mengingat, setetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi keselamatan jiwa orang lain,” terangnya.

Kolonel Kav Taufik Budi Santoso juga menambahkan, semangat pengabdian TNI AD ada disegala bidang dan TNI selalu ingin berpartisipasi meringankan beban masyarakat salah satunya dengan menggelar donor darah. "Selain memiliki misi sosial kemanusiaan, kegiatan donor darah ini bila ditinjau dari segi kesehatan juga memiliki manfaat sangat positif bagi para pendonor itu sendiri, yaitu meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis, dan dapat mendeteksi secara dini jika tengah mengindap penyakit serius," tuturnya. 

Sementara itu, Ketua PMI Bali, I Gusti Bagus Alit Putra sangat menyambut baik kegiatan yang digelar Kodam IX/Udayana. "PMI Bali sangat mengapresiasi dan berterimakasih setinggi-tingginya kepada pihak kodam karena kegiatan ini dapat meringankan tugas PMI. Semoga kerjasama ini dapat berlanjut seterusnya," katanya.

Alit Putra juga menambahkan, apa yang dilakukan hari ini dapat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat. Untuk itu, Ia berharap agar kepedulian ini tidak berhenti sampai disini saja. “Kalau mau jujur kebutuhan PMI untuk memenuhi ketersediaan darah itu cukup banyak, tapi dengan adanya bantuan ini kami berharap PMI bisa lebih baik lagi dalam melakukan pengabdian dan pelayanan yang maksimal kepada seluruh masyarakat,” tutup Alit Putra.

Dalam kesempatan tersebut kegiatan donor darah dirangkaikan pula dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Kodam IX/Udayana yang diserahkan langsung oleh Ketua PMI Bali, I Gusti Bagus Alit Putra dan diterima oleh Irdam IX/Udayana Kolonel Kav Taufik Budi Santoso. (dar).