JA Teline V - шаблон joomla Форекс

OLAHRAGA
Typography
DENPASAR-fajarbali.com l Segudang prestasi atlet panjat tebing di kejuaraan bertaraf internasional menjadikan Indonesia menjadi sorotan dunia. Maka, tak heran jika pada perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 ini, banyak yang menanyakan ketidakikutsertaan Indonesia. Meski demikian, Indonesia kini tengah menyusun langkah untuk menggapai medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid mengungkapkan ia memiliki optimisme yang tinggi atlet Indonesia bisa bersinar di Olimpiade 2024. "Olimpiade 2024 nanti bisa jadi momen bagi insan panjat tebing kita, terutama para atlet kita untuk bisa berjaya, untuk bisa kembali merajai, dan menjadi paling the best," kata dia, Rabu (4/8/2021).

Optimisme itu didukung fakta nomor speed akan dipertandingkan secara terpisah pada Olimpiade 2024 sehingga Indonesia memiliki peluang lebih besar untuk lolos dan meraih medali. International Olympic Committee (IOC) telah menyetujui masuknya panjat tebing dalam Olimpiade Paris 2024. Persetujuan tersebut diputuskan melalui voting dalam pertemuan sesi ke-134 IOC di Lausanne, Paris, Selasa (25/6/2019). Kemudian, pada 7 Desember 2020, Dewan Eksekutif IOC secara resmi memastikan panjat tebing dimasukkan dalam salah satu cabang olahraga yang digelar di Olimpiade Paris 2024. 

Berbeda dengan Olimpiade Tokyo 2020, nomor yang diusulkan untuk cabor panjat tebing adalah speed dan combined lead-boulder. Sehingga nantinya akan ada empat nomor yang dipertandingkan yakni speed putra-putri serta combined lead-boulder putra-putri. Adapun jumlah atlet yang ditargetkan untuk cabor panjat tebing sebanyak 72 orang yang terdiri dari 36 putra dan 36 putri.

Indonesia pun akan memanfaatkan peluang ini untuk mencetak prestasi tertinggi di dunia olahraga. Yenny mengungkapkan untuk nomor speed, atlet Indonesia memang terkenal di mata dunia. Selain berhasil menjadi juara di kompetisi tingkat dunia, atlet Indonesia juga membuktikan kualitasnya dengan beberapa kali mencetak rekor dunia untuk nomor speed world record.

Sebut saja kiprah dua atlet muda Indonesia yakni Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin yang mampu mencetak rekor dunia di ajang IFSC Climbing World Cup, Salt Lake City (USA) 2021.

Dalam ajang itu, Veddriq yang melawan rekan senegara Kiromal mampu mencatatkan waktu 5,208 detik. Catatan waktu ini sekaligus menjadi rekor baru setelah sebelumnya dipecahkan oleh Kiromal Katibin di babak kualifikasi dengan 5,258 detik. Terpaut 0,050 detik.

"Indonesia diakui, dihormati, dan dianggap sebagai lawan yang berat di mata dunia untuk kategori speed," ungkap Yenny.

Yenny tak memungkiri jika peluang Indonesia di Paris akan besar untuk meraih medali. Menurutnya, target yang dipasang harus tinggi dan bisa meraih emas. Oleh karena itu, target tersebut harus didukung dengan persiapan yang matang.

FPTI pun sudah menyusun langkah strategis yakni melakukan pembinaan secara intensif dari sekarang. Ia melihat banyak atlet muda yang sudah kelihatan potensinya dan diyakini masih bisa beraksi pada 2024 karena secara usia masih prima. 

"Karena apapun namanya, massa otot itu penting. Kalau udah agak senior, pasti massa ototnya akan otomatis menurun sehingga berpengaruh ke performa. Jadi, usia sangat penting. Kita punya stok atlet muda yang bagus. Potensinya luar biasa karena mereka juga menang di kejuaraan dunia," tutur dia.

Atlet potensial itu misalnya Rahmad Adi Mulyono dari Jawa Timur. Adi menorehkan namanya dalam sejarah panjat tebing dengan menjadi pemenang IFSC Connected Speed Knockout yang baru digelar untuk pertama kalinya. Kompetisi ini digelar pada 2 Agustus 2020.

BACA JUGA :
Bupati Tamba Paparkan Pengembangan Pelabuhan Perikanan Swasta di Perancak
Diterjang Hujan lebat, Plafon Gedung Baru RSD Mangusada Jebol

"Adi itu usianya baru 19 tahun dan pada 2024 dia masih bisa jauh itu (dalam berprestasi). Masih bisa ikut," ujar dia.

Atlet potensial lainnya yakni Veddriq Leonardo dari Kalimantan Barat dan Kiromal Katibin dari Jawa Tengah. Selain itu, ada atlet putri potensial misalnya Desak Made Rita Kusuma Dewi dari Bali. 

"Rita itu bisa lebih lagi prestasinya. Pada prakualifikasi angkanya nomor tiga. Kadang pas pertandingan agak enggak mujur, enggak bisa sampai atas. Tergelincir. Ini nasib. Tetapi, secara hitungan angka dia sudah dapat waktu. Sudah bisa memecahkan itu," jelas dia.

Ia mengungkapkan FPTI sedang menyiapkan lini dua dan lini tiga untuk diambil sebagai persiapan menggapai prestasi di Olimpiade 2024. Para atlet pun mulai dipantau sejak di taraf kejuaraan junior misalnya di usia 13 hingga 15 tahun. FPTI akan melihat potensi yang ada secara jeli.

"Makin muda saat mendalami olahraga ini, makin terbentuk muscle memorynya atau memori ototnya. Misalnya Katibin, dia mulai dari usia 8 tahun. Penting sekali. Kalau betul-betul ada bakat dan minat dan ketemu dengan kita, pasti bisa kita fasilitasi."

Selain potensi, ia juga kagum dengan motivasi setiap atlet yang masuk pemusatan latihan nasional. Setiap atlet memiliki target sendiri yang selalu dijadikan motivasi setiap harinya sehingga semangat saat berlatih. 

Bahkan, meskipun mereka bersahabat di pelatnas, setiap atlet terpacu untuk mengalahkan rekan sejawatnya dan menjadi yang terbaik. Mereka termotivasi untuk berada di podium tertinggi sehingga Bendera Merah Putih berkibar dan Lagu Indonesia Raya berkumandang di dunia.

Lead dan Boulder

Sementara itu, untuk nomor lead dan boulder, Yenny mengakui Indonesia masih memiliki kelemahan. Menurutnya, untuk menciptakan atlet dengan kemampuan di lead dan boulder dan dari sisi combined, memerlukan banyak faktor pendukung. Faktor tersebut harus dilihat secara sistematik yang berarti tak bisa dilihat dari sisi atletnya saja.

"Kita harus bisa menciptakan sistem yang lebih baik untuk mendukung prestasi mereka. Nah, bukan cuma atlet yang dilatih, tetapi termasuk pembuat jalur. Di situlah atlet bisa berlatih dengan berbagai macam kreasi atau berbagai macam jalur yang berbeda sehingga mereka bisa lebih terbiasa untuk bertanding dalam model apapun."

Ia menyebutkan, untuk nomor lead dan boulder tidak bisa sekadar bicara soal kecepatan dan kekuatan otot atlet. Dalam nomor ini juga dibutuhkan IQ yang cukup tinggi karena atlet harus bisa mengambil keputusan tepat dalam waktu singkat. 

"Dia harus cepat ambil keputusan strategis, buat mapping, jalur akan seperti apa, rute mana yang akan diambil. Itu kan split second. Terjadi dalam hitungan seperberapa detik. Itu memerlukan intelektualitas, intelegensia yang cukup tinggi."

Yenny mengatakan, saat ini FPTI sedang mencoba untuk menjaring bibit baru untuk lead dan boulder yang tidak hanya memenuhi syarat secara fisik, tetapi juga mental serta kemampuan otak yang cukup tinggi. Ia mengakui untuk menemukan bibit tersebut tidaklah mudah. Ia pun berharap kepada masyarakat untuk proaktif berkomunikasi dengan FPTI jika menemukan bibit unggul di lapangan.

Mengenai absennya Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo, putri Gus Dur ini mengungkapkan pandemi menjadi salah satu penyebabnya. "Sebetulnya bukan atlet kita tidak mengikuti kejuaraan prakualifikasi Olimpiade. Tetapi, yang terjadi sendiri adalah kejuaraannya sendiri tidak bisa diadakan karena pandemi sehingga IFSC, induk panjat tebing seluruh dunia, memutuskan pemenang di kejuaraan sebelumnya ditentukan menjadi peserta Olimpiade," ujar dia.

Di sinilah, ujar Yenny, Indonesia berada di posisi yang tidak diuntungkan sehingga tidak bisa mengirimkan atletnya berlaga di Tokyo. (rls)

BERITA TERKINI

Grid List

DENPASAR - Fajarbali.com|Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) bernama Drg. M. Surya Antari (49) yang diduga melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan dalam jual beli rumah diseret ke Pengadilan Negeri (PN) Denpasar untuk diadili.

DENPASAR - Fajarbali.com| Kejaksaan Negeri (Kajari ) Denpasar melaksanakan eksekusi terhadap 19 narapidana (napi) kasus narkotika yang selama ini ditahan di rumah tahanan (rutan) Polresta Denpasar, Senin (29/11/2021). 

DENPASAR-Fajarbali.com | Gugatan pemilik Pipil I Nyoman Siang dan I Rentong dkk melawan konglomerat asal Jakarta, Kwee Sinto, 57, akan berakhir hari Rabu (1/12/2021) di PN Denpasar. 

 

UNGASAN -fajarbali.com |Polresta Denpasar menggelar launching musik video Garudaku Garudamu yang berlangsung di Festival Park Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Desa Ungasan, Kuta Selatan Badung, pada Senin 29 November 2021 malam. Launching ini sekaligus memperingati Hari Pahlawan tahun 2021. 

JAKARTA-fajarbali.com | Danone-AQUA  bersama  Kementerian  Koordinator  bidang Kemaritiman dan Investasi, Pemerintah Provinsi Bali, dan Pemerintah Kabupaten Badung hari ini meresmikan  Tempat  Pengolahan  Sampah  Terpadu  (TPST)  Sampahku  Tanggung  Jawabku (Samtaku) yang berlokasi di Jimbaran. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Kejaksaan Negeri (Kajari ) Denpasar melaksanakan eksekusi terhadap 19 narapidana (napi) kasus narkotika yang selama ini ditahan di rumah tahanan (rutan) Polresta Denpasar, Senin (29/11/2021). 

GIANYAR - fajarbali.com | Anggota DPR RI Komisi VI Nyoman Parta kembali melakukan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan RI, kali ini berlokasi di Balai Banjar Buluh, Desa Guwang, Sukawati, Jumat (26/11/ 2021). Sosialiasi dikemas game edukasi, Nyoman Parta menyajikan materi 4 Pilar dengan sangat menarik, pendekatan kekinian dengan melontarkan pertanyaan kepada para peserta dan berharap materi dapat diterima oleh semua kalangan. Acara ini melibatkan ibu-ibu PKK serta sekaa teruna teruni.hingga anak anak 

DENPASAR-Fajarbali.com|Pengusaha Jakarta bernama Kwee Sinto (57) digugat I Nyoman Siang dan I Rentong dkk sebagai pemilik tanah di Jimbaran, Kuta Selatan, Badung ke PN Denpasar.

 

KLUNGKUNG -fajarbali.com |Kabar gembira. Untuk pertama kalinya taksi terbang EHang 216 resmi melakukan Demo Flight di langit Klungkung, Bali. Kendaraan udara otonom berpenumpang itu sedang menunggu tahap supaya bisa resmi mengudara di langit Indonesia.

 

CANGGU -fajarbali.com |Pengendara yang melintas di Jalan Raya Canggu tepatnya di depan Potato Banjar Anyar Kerobokan Kuta Utara, Badung dikagetkan orang terkapar di tengah jalan. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Dalam mewujudkan Kota Denpasar bersih narkoba (bersinar) Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol DR. Petrus Reinhard Golose melantik Bendesa Adat sebagai Agen Berantas Narkoba. 

DENPASAR -Fajarbali.com|Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar menghukum terdakwa Zainal Tayeb dengan pidana penjara selama 3 tahun dan 6 bulah (3,5 tahun) dalam sidang daring, Kamis (25/11/2021).

DENPASAR - Fajarbali.com|Zainal Tayeb yang dijadikan terdakwa atas kasus menyuruh menempatkan keterangan palsu ke dalam akta otentik kecewa berat dengan hukuman 3,5 tahun penjara yang dijatuhkan majelis hakim.

 

DENPASAR -fajarbali.com |Kepala BNN RI Komjen Pol DR. Petrus Reinhard Golose, Ketua KPK Komjen Pol Pirli Bahuri dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafly Amar menggelar diskusi Blanded Webinar yang berlangsung di gedung Perkasa Raga Garwita (PRG) Polda Bali, pada Rabu 24 November 2021. 

JAKARTA – fajarbali.com  I  Menginjak kuartal akhir tahun ini yang juga ditandai dengan mulai kerapnya hujan, (PT LG Electronics Indonesia (LG), Senin (22/11) lalu  memperkenalkan mesin cuci dengan kapasitas besar terbarunya yang berkapasitas 20 kilogram yaitu F2720SVRV. Pembersihan lebih mendalam dari allergen melalui fitur LG Steam™, serta perawatan pakaian lebih baik berkat terapan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence - AI) menjadi dua tawaran utama mesin cuci berjenis front loading ini.

 

DENPASAR -fajarbali.com |Sukses meraih medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua beberapa waktu lalu, personel Brimob mendapatkan penghargaan langsung dari Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putera. Pemberian penghargaan itu berlangsung di halaman mapolda Bali, Senin 22 November 2021. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Mantan Kapolda Bali yang saat ini menjabat Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Pol. Petrus Reinhard Golose kembali melaksanakan kunjungan kerja selama 4 hari di Bali. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Seiring perkembangan teknologi di dunia saat ini, masyarakat diminta mewaspadai munculnya berbagai macam narkoba sintetis jenis baru. Dari data United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) menemukan 1.047 News Psychoactive Substances (NPS) atau narkoba jenis baru yang sudah beredar luas di masyarakat dunia sejak tahun 2020. 

DENPASAR-Fajarbali.com|Tim kuasa hukum Zainal Tayeb, Senin (22/11/2021) diberi kesempatan membacakan nota pembelaan (pledoi) atas tuntutan 3 tahun penjara yang dimohonkan tim Jaksa Penutut Umum (JPU) Kejari Badung pada sidang sebelumnya.

SEMARAPURA-fajarbali.com | Tempat usaha pemotongan ayam di Banjar Minggir, Desa Gelgel, Klungkung didatangi petugas Satpol PP Klungkung, Senin (22/11/2021). Hal ini sebagai tindak lanjut atas keluhan warga dan petani, terkait pembuangan limbah ke suangi. Tak hanya limbah bulu ayam, yang kerap menyumbat saluran irigasi, tetapi juga usus ayam yang kerap menimbulkan bau tak sedap.

SEMARAPURA-fajarbali.com | Setelah nyaris 2 tahun terhenti karena pandemi Covid-19, kini Pemerintah Kabupaten Klungkung kembali melanjutkan program angkutan siswa gratis. Terhitung sejak Senin (22/11/2021), para sopir angkutan siswa gratis di Kecamatan Klungkung kembali beraktivitas.

SEMARAPURA-fajarbali.com | Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 13 tahun 2021 tentang Retribusi Tempat Khusus Parkir dan Ranperda tentang Retribusi Persetujuan Pembangunan Gedung akhirnya mencapai titik final.

BANGLI-fajarbali.com | Kasus bunuh diri kembali terjadi di wilayah hukum Polres Bangli. Kali ini, aksi ulah pati tersebut dilakukan I Wayan Neen, laki,58 th, tani, Alamat Br/desa Sekardadi, Kecamatan Kintamani, Bangli. Korban ditemukan telah tewas tergantung di kandang babi milik saudara kandungnya, Minggu (21/11/2021) sekira pukul 04.00 wita dini hari.

Denpasar-fajarbali.com | Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 yang akan diterapkan di seluruh wilayah Indonesia selama masa libur Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2021, tentu berdampak terhadap daerah yang sangat tergantung pada sektor pariwisata.