JA Teline V - шаблон joomla Форекс

PENDIDIKAN
Typography
AMLAPURA-fajarbali.com | Kelulusan siswa tahun 2021 ini tidak lagi berpatokan pada hasil Ujian Nasional (UN). Hal itu di karenakan pemerihtah meniadakan pelaksanaan UN karena masih berlangsungnya pandemi covid-19. Sebagai gantinya, siswa dinyatakan lulus bila telah menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19, serta memperoleh nilai sikap dan  mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. 
 


Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, Selasa (6/4/2021) kemarin, membenarkan jika di tahun 2021 ini, kelulusan siswa SD dan SMP tidak lagi berpatokan dengan hasil UN. Hal itu, sebut Ngurah Kartika, sesuai dengan surat edaran (SE) Menteri Pendidikan dan kebudayan RI, nomor 1 tahun 2021.

"Disdikpora Karangasem telah mengeluarkan surat edaran peniadaan UN, pelaksanaan ujian sekolah dan kenaikan kelas per 23 Maret 2021 lalu," ujar Ngurah Kartika. 

Baca Juga :
Jelang Galungan, Permintaan Sarana Upakara Meningkat
Pemasangan Lampu Hias di Sekitar Kota Gianyar Berlanjut, Jarak dan Jumlah Titik Lampu Disesuaikan


Dalam surat edaran itu, kata Ngurah Kartika, siswa dinyatakan lulus setelah bila telah menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester. Selain itu, kelulusan siswa juga di bujtikan dengab memperoleh nilai sikap atau prilaku baik dan  mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

"UN dan Ujian Keseteraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang yang lebih tinggi," ujarnya. 

Ngurah Kartika mengatakan,ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan itu dilaksanakan dalam bentuk portofolio berupa evaluasi atas nilai, nilai sikap atau prilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya termasuk penugasan yang diberikan oleh guru,tes secara luring atau daring serta bentuk kegiatan penilian yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Sementara, jadwal penyelenggaran ujian sekolah untuk jenjang SD, katanya lagi, diselenggarakan pada 3 Mei sampai 12 Mei 2021. Sedangkan ujian sekolah jenjang SMP akan diselenggarakan pada 26 sampai 30 April 2021. 

Hal yang sama juga diberlakukan pada penyetaraan bagi lulusan program Paket A,paket B dan Program paket C. Ngurah Kartika juga menjelaskan, pengumuman kelulusan untuk jenjang SMP akan dilaksanakan pada 4 Juni 2021 dan SD 12 Juni 2021.  Mekanisma kelulusan itu menjadi tanggungjawab kepala satuan pendidikan masing-masing dengan tetap mengikuti protokol kesehatan  untuk mencegah penyebaran Covid-19. (bud)