JA Teline V - шаблон joomla Форекс

PENDIDIKAN
Typography
DENPASAR - fajarbali.com | Menjadi doktor adalah nikmat yang harus disyukuri, karena tidak semua yang mengambil studi doktor (strata tiga) dapat menyelesaikannya dengan beragam alasan. Tanpa dukungan banyak pihak dan izin Tuhan yang Maha Kuasa, nampaknya menjadi doktor menjadi sesuatu di luar imajinasi.


Dr. I Komang Gede, SE., MM., adalah salah satu pria muda (29 tahun) yang sukses menyelesaikan studi doktor pada Program Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya. Ujian terbuka promosi doktornya berlansung Kamis (13/1/2022) di Kampus Untag.

Gelar akademik prestisius itu berhak disadang setelah Komang Gede mampu mempertahankan disertasinya yang berjudul ‘Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Pemberdayaan, Etos Kerja terhadap JOB Enrichment, OCB dan Kinerja Karyawan Lembaga Perkreditan Desa di Provinsi Bali’. Ia lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Dikonfirmasi dari Denpasar, usai ujian terbuka, Komang Gede tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya. Ia seolah tak percaya pada capaiannya. Ingatannya tertarik ke dalam lorong waktu, bagaimana masa kecilnya harus membanting tulang membantu perekonomian keluarga. “Jika melihat kondisi keluarga, rasanya mustahil saya bisa di titik ini,” kata dia.

Komang Gede adalah anak ketujuh dari sembilan bersaudara. Ayahnya, I Nyoman Selegai berprofesi sebagai pande besi. Sedangkan ibunya, Ni Ketut Rinten bekerja menjadi buruh serabutan sambil membantu usaha suaminya. Pasangan suami istri yang tidak lulus sekolah dasar ini tinggal dan membesarkan anak-anak mereka tepat di bantaran sungai di Banjar Dinas Kelod, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem.

Dengan latar belakang pendidikan dan skill yang minim, tak banyak harapan yang ditanamkan Selegai dan Rinten terhadap sembilan buah hatinya, kecuali menjamin perut mereka tidak kosong. Dari sembilan bersaudara, hanya Komang Gede yang bisa merasakan nikmatnya mengunyah pendidikan tinggi. Syukur, hal ini berimbas kepada adiknya nomor delapan atas ajakan sang kakak.

Diakuinya, perubahan hidupnya dimulai setelah lulus SMP di kampung, ia menerima tawaran sanak saudaranya untuk melanjutkan SMA di Kota Denpasar. Kemudian berlanjut S1 di Universitas Ngurah Rai, S2 di Universitas Udayana. Keilmuannya linier bidang ekonomi. “Seandainya saya terus-terusan di kampung, paling mentok saya lulus SMP dan kerja serabutan juga,” kata dia.

Komang Gede meyakinkan, seluruh biaya pendidikan dari sarjana hingga doktor berasal dari keringatnya sendiri. Latar belakang pekerja keras sejak kecil, menumbuhkan jiwa kemandirian. Pekerjaan sambilan apa pun diambil saat masih kuliah S1. Hingga akhirnya setelah sarjana ia bekerja di sebuah Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Setelah lulus S2, Komang Gede diterima sebagai dosen di Universitas Hindu Indonesia (Unhi), Denpasar, dan tetap bekerja di BPR yang berbeda dari sebelumnya.

“Kalau saya relatif tidak menemui kendala selama studi karena saya sudah rancang dari awal. Saya bekerja tidak hanya satu tempat. Saya sadar dengan biaya S3 mencapai ratusan juta, harus dibarengengi dengan kerja keras, doa dan restu, istri, orangtua,” katanya.

Tak mau terlena, suami dari Ni Made Irma Nirmala ini langsung mengambil ancang-ancang meraih gelar guru besar (professor) di usia muda. Dia mengaku tidak suka mengulur-ngulur waktu mumpung situasi sangat memungkinkan. Saat ini, putra semata wayangnya, Davin, belum genap berusia satu bulan sehingga ia bisa fokus membiayai kelanjutan studinya.

“Setiap dosen pasti tujuannya menjadi professor. Jadi bagi saya, target itu tak muluk-muluk,” pungkas Komang Gede yang sebagian besar saudara kandungnya berprofesi sebagai tukang bangunan itu.(Gde).

BERITA TERKINI

Grid List

 

DENPASAR -fajarbali.com |Buntut kaburnya 3 tahanan di Polres Jembrana, Polresta Denpasar memperketat pengamanan rutan dan mengawasi dari segala titik. Bahkan, Kapolresta Denpasar Kombespol Jansen Avitus Panjaitan menyempatkan diri mengecek kondisi rutan didampingi Kasat Tahti AKP I Nyoman Gunadi dan Kasi Propam Iptu Harun Budiarto. 

 

MANGUPURA -fajarbali.com |Tersangka Fajar Gilang (22) yang ditangkap Satresnarkoba Polres Badung dengan barang bukti sabu seberat 1.014,83 gram memberikan pengakuan terbaru. Menurut pria asal Surabaya Jawa Timur itu, barang haram sabu diperoleh dari seorang napi Lapas di Bali yang akrab dipanggil Saiful. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Meningkatnya tindak kejahatan, meningkat pula jumlah para tahanan. Itulah kondisi yang terlihat di rumah tahanan (rutan) mako Polresta Denpasar yang terbilang overload. Jika seharusnya tahanan hanya diisi 160 orang, kini membludak jadi 188 orang. 

 

MANGUPURA -fajarbali.com |Tidak ada istilah tebang pilih, Satresnarkoba Polres Badung membekuk seorang pelajar SMA di Tabanan nyambi kurir narkoba. Pelaku bernama Putu Mahesa Putra (20) dibekuk sedang menempel sabu di pinggir Jalan Tegal Saat Gang Angrek Banjar Tegal Saat Mengwi Badung, pada Jumat 14 Januari 2022 sekitar pukul 15.30 Wita. 

GIANYAR-fajarbali.com | Tulisan dalam lontar kini sudah bisa didigitalisasi dan disimpan dalam komputer. Hal ini dilakukan Panglingsir Griya Kelod Cebaang, Desa Serongga, Gianyar. Proses digitalisasi dilakukan untuk menyelamatkan arsip-arsip lontar yang sudah tersimpan sejak ratusan tahun silam. Terlebih saat ini, lontar yang diwariskan turun temurun mulai mengalami kerusakan karena faktor usia lontar dan serangga. 

GIANYAR-fajarbali.com | Atas kerusakan saluran  irigasi di kawasan pertanian Desa Pering dan saluran irigasi di Desa Belega, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Gianyar berharap petani bisa mengalihkan tanaman komoditi selain padi atau menanam palawija. Mengingat kalau menunggu perbaikan saluran irigasi masih cukup lama. 

DENPASAR – fajarbali.com | Yosep Boleng kembali terpilih untuk kedua kalinya memimpin paguyuban warga Flores Timur dan Lembata yang tergabung dalam Lamaholot Bali.

DENPASAR – fajarbali.com | Sesuai dengan program Pemerintah Pusat menghadapi pandemi covid-19, vaksinasi dosis lanjutan (booster) telah resmi dimulai. Presiden RI Joko Widodo dalam arahannya 12 Januari 2022 lalu mengatakan, Program vaksin booster ini akan diberikan secara gratis untuk masyarakat Indonesia dimana untuk Bulan Januari ini, vaksinasi ditargetkan menyasar 21 juta orang.

BANGLI-fajarbali.com | Serangkaian Songan Youth Festival berbagai kreasi perlombaan yang memadukan seni dan olah raga digelar STT Tirta Nirmala, Desa Songan, Kintamani, Bangli. Festival untuk mewadahi kreativitas para pemuda ini,  dibuka langsung Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Sabtu (22/01/2022).

DENPASAR – fajarbali.com | Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscablub) yang diselenggarakan di Sekretariat DPD Hanura Bali di Denpasar pada Sabtu (22/1) menghasilkan salah satu keputusan strategis, yakni menunjuk Wayan Budi sebagai nahkoda DPC Karangasem hingga 2025 menggantikan I Made Arnawa.

BANGLI-fajarbali.com | Anjuran Gubernur Bali, I Wayan Koster untuk mempatenkan tarian dan lagu Pucuk Bang sebagai maskot Bangli langsung ditindaklanjuti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangli. Koordinasi sudah dilakukan ke Pemprop Bali. Selain itu, Disparbud Bangli juga saat ini masih melakukan identifikasi untuk mendapatkan sejumlah Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang lain. 

Denpasar-fajarbali.com | Seorang pasien Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar, Bali berhasil melahirkan bayi kembar empat. Dimana kejadian itu merupakan peristiwa kelahiran bayi kembar empat yang pertama kalinya di rumah sakit tersebut.

Denpasar-fajarbali.com | Dua orang pasien Covid-19 varian Omicron dilaporkan meninggal hari pada Sabtu (22/1). Menurut informasi resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kedua korban memiliki komorbid. Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi melalui siaran persnya mengatakan, kedua kasus tersebut merupakan pelaporan fatalitas pertama di Indonesia akibat varian baru yang memiliki daya tular tinggi. Disebutkan, satu kasus merupakan transmisi lokal, meninggal di RS Sari Asih Ciputat dan satu lagi merupakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri, meninggal di RSPI Sulianti Saroso.

NEGARA-fajarbali.com | Sejumlah Pejabat Tinggi Pratama, Administrator serta Pejabat Pengawas di Pemkab Jembrana kembali terjadi pergeseran atau mutasi. Hal itu terbukti dilantiknya sejumlah pejabat di Aula Lantai II Jimbarwana, Pemkab Jembrana Jumat(21/2). Hadir saat pelaksanaan pelantikan di antaranya  Ketua DPRD Ni Made Sri Sutharmi dan Sekda I Made Budiasa serta pimpinan OPD dilingkup Pemkab Jembrana.

NEGARA-fajarbali.com | Untuk membangkitkan sektor perekonomian adat di Kabupaten Jembrana, Bupati Jembrana I Nengah Tamba menghadiri penandatanganan perjanjian kerjasama Baga Utsaha Praduwen Desa Adat (BUPDA) di Desa Adat Tegalcangkring dengan PT Surya Sanjaya dan sekaligus Bupati Tamba meresmikan BUPDA Mart dan Banjar Creative Space, Sabtu (22/1).

GIANYAR-fajarbali.com | Mendukung perkembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Gianyar, Dekranasda Gianyar menggandeng PT. GOTO Gojek Tokopedia dan PT. Tokopedia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital serta menaikkan kelas perajin binaan Dekranasda Gianyar. Upaya itu juga didukung membuka Dekranasda Gianyar Hybrid Store di Block B Pasar Seni Sukawati. 

GIANYAR-fajarbali.com | Di Tahun 2022 ini vaksinasi kepada anjing peliharaan menyasar ke desa-desa yang diindikasikan terdapat anjing rabies atau pernah terdapat anjing rabies. Tiga desa yang disasar adalah Desa Peliatan Kecamatan Ubud, Desa Manukaya kecamatan Tampaksiring dan Desa Serongga Kecamatan Gianyar. 

DENPASAR-Fajarbali.com |

DENPASAR-Fajarbali.com

ENPASAR-Fajarbali.com|Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Buleleng telah menahan Hernawati, tersangka kasus dugaan penyimpangan pengelolaan keuangan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Amarta Desa Patas, Buleleng.

DENPASAR-Fajarbali.com |Sidang kasus dugaan korupsi bantuan keuangan khusus (BKK) pengadaan aci-aci dan sesajan untuk Banjar se kota Denpasar dengan terdakwa I Gusti Ngurah Bagus Mataram, Jumat (21/1/2022) kembali digelar.

DENPASAR – fajarbali.com  I  Menyambut serta membuka tahun baru  2022, Komunitas Honda Big Bike Chapter Bali menggelar kegiatan kebersamaan yang diberi tajuk  “Charity Event”, (15/1) 2021. Dengan konsep satu hati berbagi, komunitas HOBI mengunjungi Yayasan Saranam Seva yang berlokasi di Singaraja. Bentuk bantuan yang disalurkan berupa bahan pokok makanan , beras , sayuran , kacang-kacangan, susu , minyak, dll.  Kegiatan yang diselenggarakan secara terbatas dengan total 25 Riders yang menggunakan Honda  Rebel , Honda CB650 , Honda CB500X , Honda Xadv750 , Honda CB500FK dengan tetap mengikuti prokes.

DENPASAR-Fajarbali.com|Tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Buleleng, Kamis (20/1/2022) resmi menahan mantan Ketua BUMDes Amarta Desa Patas Buleleng Hernawati yang diduga melakukan tidak pidana korupsi. 

DENPASAR-Fajarbali.com | Tesangka kasus dugaan penyimpangan dalam pengelolaan keuangan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Amarta Desa Patas, Buleleng, Hernawati, Kamis (20/1/2022) resmi ditahan oleh tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Buleleng.