JA Teline V - шаблон joomla Форекс

PENDIDIKAN
Typography
 

SEMARAPURA – fajarbali.com | Serati atau tukang membuat banten (sesajen) merupakan salah satu profesi vital bagi umat Hindu Bali. Oleh karena itu, tim pengabdi dari Prodi Sarjana Terapan dan Prodi Diploma Tiga Teknologi Laboratorium Medis Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar atau Polkesden menyasar Sekeha Serati Banten Desa Pakraman Cucukan, Desa Selat, Kabupaten Klungkung. Tujuannya, agar para serati tersebut tetap sehat dan terhindar dari gangguan penyakit tidak menular (PTM).

Sekeha (kelompok) serati tersebut terdiri dari puluhan ibu rumah tangga berusia di atas 30 tahun. Berdasarkan hasil pengamatan awal, beberapa anggotanya terdeteksi menderita kencing manis, hipertensi, mudah lelah serta mengeluh pusing saat melaksanakan aktivitasnya. Mereka jarang memeriksakan diri dan belum menerapkan pola Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan maksimal.

Padahal, dengan kepiawaian yang mereka miliki, tugas yang mereka emban sangat menguras fisik dan otak. Terkadang orderan tidak hanya datang dari umat Hindu di sekitar desa, namun di luar desa yang menggelar berbagai upacara yadnya. Demikian dikatakan Ketua Tim Pengabdi, Ida Bagus Oka Suyasa, S.Si., M.Si, didampingi anggota, Dr. dr. I GA Dewi Sarihati, M. Biomed, dan  Dr. drg. I GAAP Swastini, M.Biomed, ketika dikonfirmasi, Rabu (22/6) dari Denpasar.

Ida Bagus Oka Suyasa menuturkan, Program Kemitraan Masyarakat (PKM) kali ini mengusung tema “Penyuluhan Diabetes Mellitus dan Upaya Menghindari Covid 19, serta Pelatihan Pemantauan Gula Darah Mandiri Pada Sekeha Serati Banten Desa Pekraman Cucukan, Desa Selat, Kabupaten Klungkung’’.

Tema ini, menurutnya, sesuai dengan situasi pandemi covid-19. Meski pun kasus di Bali sudah melandai, ia tetap mengajak sekaha sarati dan masyarakat setempat taan protokol kesehatan sebab pemerintah belum menyatakan status endemi secara resmi. Sehingga potensi terpapar Covid-19 tetap ada.

”Kami ingin meningkatkan pengetahuan masyarakat, khususnya sekaha serati tentang diabetes militus, hipertensi, mencegah terpapar covid-19 hingga mampu memantau gula darahnya secara mandiri,” jelas Ida Bagus Oka Suyasa.

Saat pemeriksaan gula darah, lanjut Ida Bagus Oka Suyasa, dari 30 orang yang di-scerning, beberapa di antaranya menunjukkan kadar yang tinggi di atas 200 mg/dl dalam keadaan tidak berpuasa. “Tentunya hasil tersebut perlu ditindaklanjuti untuk pemeriksaan lebih lanjut ke fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) agar bisa dicarikan solusi yang tepat,” katanya.

Serati 2 22 6 22
Pada PKM yang digelar Jumat 10 Juni 2022 lalu di Banjar Geria Cucukan, pengabdi menghibahkan dua set peralatan cek gula darah, membagikan booklet diabetes melitus dan upaya mencegah Covid 19 kepada sekeha serati dan prajuru Desa Adat Cucukan. Melalui bantuan yang diberikan tersebut, pengabdi berharap anggota serati melakukan screening kadar gula darah rutin serta menerapkan Germas secara disiplin.

Perlu diketahui, PTM atau Non Communicable Disease merupakan penyakit yang tidak ditularkan dari orang ke orang. Penyakit ini merupakan akibat dari terganggunya sistem metabolik maupun kesehatan lingkungan disekitar pengidapnya. Beberapa penyakit yang tergolong tidak menular yaitu Penyakit Jantung Koroner (PJK), Gagal Jantung, Stroke, Hipertensi, dan Diabetes Mellitus tipe 2.

Bendesa Desa Adat Cucukan Ida Bagus Ari Sanjaya mengakui sekaha serati Cucukan yang merupakan bagian dari warganya minim pengetahuan tentang diabetes melitus dan masih kurangnya penerapan Germas. Pihaknya berterima kasih terhadap Polkesden yang telah memilih desanya sebagai lokasi pengabdian karena sejalan dengan tujuan menuju Dusun Cucukan Bebas PTM.

Ia mengajak seluruh warganya menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan diri untuk menghindari PTM seperti kencing manis, asam urat, kolesterol dan hipertensi. PKM ini juga dibantu oleh Surya Bayu Kurniawan, S.Si (Pranata Laboratorum Pendidikan Teknologi Laboratorium Medis), I Made Krisna Paramartha, (Mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis) serta Christina Amellia Hirwan (Mahasiswa Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis). PKM merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat yang digulitkan Poltekes. (Gde)

BERITA TERKINI