JA Teline V - шаблон joomla Форекс

FBW IHDN Denpasar Bertekad Cetak Sarjana "Sujana"

PENDIDIKAN
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Fakultas Brahma Widya (FBW) Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar senantiasa bertekad meningkatkan kualitas lulusan, menghasilkan sarjana yang sujana (berbudaya, akademis, religius, dan unggul).

Sejalan dengan itu, Fakultas Brahma Widya, IHDN Denpasar kembali melepas 16 calon wisudawan pada Yudisium XXIII, Jumat (21/9/2018) di Gedung Kampus FBW Denpasar. Calon wisudawan berasal dari program studi (Prodi) Filsafat Hindu dan Teologi Hindu.

Dekan FBW, Dr. Drs. I Made Girinata, M.Ag., menyatakan sistem pembelajaran yang telah diterapkan sejalan dengan cita-cita lembaga, menjadikan lulusan berkarakter dan berguna sesuai kebutuhan di masyarakat.

Ia menambahkan, pelepasan ini tiada lain adalah tindak lanjut Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999. "Tiada lain adalah ucapan terima kasih dari lembaga kepada orang tua (keluarga) yang telah mempercayakan putra-putrinya menuntut ilmu di Fakultas Brahma Widya, IHDN Denpasar," ucap Girinata.

Pihaknya berharap para lulusan bisa membuktikan dirinya sebagai agen perubahan, sesuai bidang ilmu keagamaan. Tentu setelah lulus, alumni bisa mengaplikasikan ilmu dengan melakukan inovasi-inovasi, berkaitan dengan pemertahanan budaya dan agama di Bali.

Menurut Girinata, ada enam sifat penting yang menjadi kunci sukses seseorang, yakni ketulusan, integritas, rendah hati, sopan santun, bijak, dan kedermawanan. Dengan demikian, bekal itu mesti dipakai bersaing, sehingga lulusan tak saja bekerja di beberapa lembaga pendidikan agama, tetapi bisa gesit mencari peluang.

Berkaitan dengan peluang, diceritakan pula, lulusan FBW, IHDN Denpasar kerap mengisi posisi di berbagai sektor lapangan kerja. "Kami bangga memiliki lulusan yang tidak hanya menunggu lowongan dari pemerintah saja, melainkan siap membuka usaha sendiri, bersaing di berbagai sektor kerja. Tak harus bekerja sesuai dengan bidangnya, tetapi bagaimana tampil percaya diri. Sejauh ini, FBW, IHDN Denpasar masih mendapat kepercayaan, sehingga lulusan kami mampu diterima di semua lini, bahkan sampai ada yang bekerja di bank,’’ terangnya, didampingi Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama I Ketut Gunarta, S.Ag., M.Ag.

Ditambahkan, selama ini Fakultas Brahma Widya telah menerapknan sistem pembelajaran lapangan melalui berbagai kegiatan kemahasiswaaan. Mahasiswa diberikan kesempatan turun ke desa-desa untuk melakukan sosialiasi, pencerahan, dan menfasilitasi terkait masalah sosial budaya, bahkan adat di satu wilayah. Berkat kegiatan itu, mahasiswa punya bayangan akan program kerja jangka panjang yang dilakukan pascastudi.

Oleh karena itu pula, lembaga berharap, lulusan juga tak hanya puas menyelesaikan pendidikan S.1, tetapi diharapkan mau melanjutkan pendidikan ke jenjang S.2 bahkan S.3. Studi lanjutan diharapkan jadi penguat diri di kala lulusan menemui kendala atau masalah yang lebih kompleks di masyarakat.

Dalam Yudisium XXIII kali ini, adapun lulusan terbaik diraih Ni Wayan Soma Ekasari, mahasiswi Prodi Filsafat Hindu, IPK 3,64, predikat Dengan Pujian/Cumlaude. Sementara lulusan terbaik Prodi Teologi Hindu adalah Wayan Panji Juni Antara, IPK 3,84, predikat Dengan Pujian/Cumlaude(eka)