JA Teline V - шаблон joomla Форекс

PENDIDIKAN
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Direktur Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Denpasar AA Ngurah Kusumajaya, SP., MPH., mengukuhkan sebanyak 714 anggota Saka Bhakti Husada di Lapangan Argacoka, Sesetan, Denpasar, Jumat (23/11/2018).

Seluruh anggota merupakan mahasiswa tingkat satu dari semua jurusan yang di kelola Poltekkes Denpasar. Sebelum dikukuhkan, mental dan fisik anggota Saka Bhati Husada digembleng selama satu bulan penuh di masing-masing jurusan sesuai bidang kompetensinya, meliputi latihan dasar dan latihan krida. Spirit kepramukaan diharapkan melengkapi kompetensi mahasiswanya saat menjalankan tugas di lapangan.

Karena menurut AAN Kusumajaya, pada kegiatan Pramuka, peserta didiknya dilatih melayani dengan hati, tulus, semangat rela berkorban dan mengabdi kepada bangsa dan negara. “Kegiatan ini sangat penting dan sesuai dengan insturksi Menteri Kesehatan RI, bahwa kepramukaan harus digiatkan oleh Kemenkes,” kata AAN Kusumajaya, usai pengukuhan.

Dirinya mengingatkan, Indonesia merupakan negara kepualauan yang sangat rawan dilanda bencana. Sehingga mahasiswa Poltekkes sebagai calon tenaga kesehatan merupakan garda terdepan ataubamper yang tergabung dalam tim penanggulangan bencana wajib menguasai pertolongan pertama dan kegawatdaruratan pada keterampilan kerjanya.

Sebagai pendidik, AAN Kusumajaya mengimbau, materi kepramukaan mesti disampaikan dengan cara ‘kekinian’ agar bisa diterima dan menarik minat generasi milenial. “Sekarang zaman digital, makan materi kepramukaan ataupun perkuliahan sudah kami sesuaikan dengan memanfaatkan teknologi. Jika kita bertahan dengan cara lama, generasi muda akan sulit menerima,” ujar dia.

Di Poltekkes Denpasar, lanjut dia, kepramukaan telah diimplementasikan dengan baik, terutama saat peserta didiknya menggelar pengabdian kepada masyarakat. Selain sebagai ajang sosialisasi, dengan berpakaian pramuka dianggap mudah diterima oleh masyarakat luas, karena pramuka identik dengan kegiatan yang menyenangkan namun sarat manfaat. (gde)