JA Teline V - шаблон joomla Форекс

PENDIDIKAN
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Sebagai upaya memberikan pengenalan tentang potensi diri pencari kerja serta memberikan informasi tentang pasar kerja, Dinas Ketenagakerjaan dan Sertifikasi Kompetensi (DTKSK) Kota Denpasar menggencarkan program penyuluhan jabatan. Kegiatan yang menyasar siswa SMA/SMK serta pencari kerja di Kota Denpasar yang pada kesempatan kali ini dilaksanakan di SMK Farmasi 3 Saraswati Denpasar, Senin (8/4/2019).

Kadis DTKSK Kota Denpasar, I Gusti Agung Rai Anom Suradi didampingi Kabid Penempatan Tenaga Kerja DTKSK Kota Denpasar, I Putu Sandika menjelaskan, memasuki milenium baru saat ini terjadi perubahan dunia kerja yang mengarah pada sistem pengembangan SDM yang bersifat multi skill, fleksibel serta mengarah pada perkembangan kewirausahaan. Dengan demikian, para pencari kerja termasuk siswa SMA/SMK dituntut untuk memiliki standar kompetensi sesuai dengan keahlianya masing-masing.

“Pengetahuan, keterampilan, sikap kerja, pendidikan formal, inisiatif, kreativitas, tanggung jawab, kerjasama dan mampu berkomunikasi adalah yang dominan dibutuhkan dunia kerja saat ini,” ungkap Sandika.

Dijelaskan, pemerintah dalam kesempatan ini hadir sebagai fasilitator guna menjembatani para pencari kerja dengan pemberi kerja. Sehingga masalah pengangguran di Kota Denpasar dapat diminimalisir.

“Disini kami menghubungkan antara pencari dan pemberi kerja, utamanya sektor usaha di bidang industri dan pariwisata dengan lembaga pendidikan serta siswa didik untuk mengetahui informasi jabatan dan kompetensi yang diperlukan melalui penyuluhan jabatan, binaker dan dilanjutkan dengan Job Fair serta Bursa Kerja Online (BKO),” terangnya.

Sandika mengatakan, penyuluhan jabatan yang kali ini melibatkan 50 orang ini akan terus dilaksanakan dengan menyasar seluruh siswa SMA/SMK serta pencari kerja di Kota Denpasar. Dengan demikian ketika nanti telh lulus sekolah, para pencari kerja telah memiliki gambaran tentang dunia kerja, serta mampu memberikan pemetsan tentang kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan maupun yang tersedia.

“Besar harapan kami seluruh pencari kerja di usia produktif dengan penyuluhan jabatan ini dapat mengidentifikasikan keahlianya sehingga skill yang dimiliki dapat sesuai dengan jenis pekerjaan yang tersedia,” paparnya.

Sementara salah satu siswa, Ditsa Taruna mengaku senang dapat mengikuti penyuluhan jabatan ini. Dimana, ketika nanti dirinya telah menamatkan sekolah, telah ada gambaran tentang potensi diri dan pekerjaan apa yang akan diambil. “Kami sangat menyambut baik kegiatan ini, semoga dapat terus dilaksanakan untuk memberikan gambaran pekerjaan bagi siswa SMA/SMK serta pencari kerja di Kota Denpasar,” terangnya. (car)