JA Teline V - шаблон joomla Форекс

PENDIDIKAN
Typography

 


 

SINGARAJA-fajarbali.com | Calon mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) tahun akademik 2019/2020 mengikuti Orientasi Kehidupan Kampus (OKK). Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. menyampaikan bahwa para generasi muda tersebut harus mampu unggul, mengimplementasikan falsafah Tri Hita Karana dan mampu mencirikan sebagai generasi era revolusi industri 4.0.

 

Jampel menjelaskan Tri Hita Karana menjadi landasan dalam mewujudkan visi Undiksha sebagai universitas unggul di Asia pada tahun 2045. Oleh karena itu, falsafah yang sifatnya universal tersebut harus digaungkan, baik dalam menjaga hubungan baik dengan Tuhan, dengan sesama manusia dan dengan lingkungan. Tri Hita Karana ini tiga penyebab kebahagiaan, seluruh warga Undiksha harus mengingat dan mengimplementasikan hal itu. 

 

Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) untuk menyambut kedatangan Mahasiswa baru khususnya Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan yang nelanjutkan di Undiksha.

 

 

Dalam OKK ini mahasiswa baru dikenalkan mengenai apa saja yang ada di kampus, misalnya dikenalkan sistem kampus, peraturan, dan masih banyak lagi, agar mahasiswa baru mulai terbiasa dengan hal-hal yang mereka temui di kampus.

 

Mahasiswa baru Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Undiksha diajarkan tentang suatu kedisiplinan, dimulai dari kedisiplinan tepat waktu, kelengkapan, sistematika tugas hingga kedisiplinan untuk tidak melakukan plagiarisme. Dalam pelaksanaan OKK, dilarang keras adanya aksi perploncoan dari panitia. Harus mengedepankan edukasi dan menunjukkan kreativitas.

 

Pelaksanaan OKK ini dilakukan selama 7 hari yang dimana akan terbagi menjadi 3 sesi yang diantaranya yaitu sesi pertama 5 hari dilakukan di Lembaga, sesi yang kedua, dilimpahkan ke fakultas selama 1 hari, lalu sesi ketiga dilakukan selama 1 hari di Jurusan. 

 

Pelimpahan OKK di Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan ini dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2019 yang bertempat di Ruang Seminar Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS). Acara yang dilakukan pada saat pelimpahan di jurusan pun beragam, dimulai dari pengumpulan tugas, inspeksi kelengkapan dan atribut peserta, hingga adanya sosialisasi mengenai Profile Jurusan dan Profile staff Dosen di Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan.

Acara pengenalan jurusan dan staff dosen Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan ini langsung dibawakan oleh Bapak Ketua Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan itu sendiri, yaitu Bapak Dr. I Nengah Suastika S.Pd.,M.Pd. Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan yaitu Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, S.H., LL.M., Ketua Program Studi Ilmu Hukum, Ni Putu Rai Yuliartini, S.H., M.H. Ketua Program Studi PPKn yaitu Dr. Dewa Bagus Sanjaya, M.Si. beserta seluruh staf dosen dari Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan.

 

Setelah pengenalan staf dosen, maka dilanjutkan dengan pengenalan Program Studi yang dimana pematerinya langsung dibawakan oleh masing masing Ketua Program Studi, baik Program Studi Ilmu Hukum maupun Program Studi PPKn, yang dimana materinya berisi tentang Kurikulum, SKS, Pembagian kelas sampai dengan Pembimbing Akademik.

 

Adapun paruh siang yang dilakukan pada OKK pelimpahan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan ini diisi oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) itu sendiri yang dimana acaranya merupakan pengenalan Organisasi yang ada di Jurusan. (gde)