JA Teline V - шаблон joomla Форекс

PENDIDIKAN
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Perkumpulan Pengelola Jurnal Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu (PPJ-PTKH) terbentuk di Denpasar, Jumat (23/8).

Perkumpulan terbentuk dari berbagai perguruan tinggi agama Hindu yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti Bali, NTB, NTT, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan daerah-daerah lainnya.
Pembentukan PPJ-PTKH ini dilakukan pada Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik yang berlangsung di Hotel Grand Mega Villa and Spa, Kuta, 22-24 Agustus 2019. Workshop ini diikuti pengelola jurnal Perguruan Tinggi Agama Hindu dan berbagai perguruan tinggi lainnya. Pada workshop ini hadir berbagai narasumber dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan pengelola-pengelola jurnal yang telah berpengalaman.
Ketua PPJ-PTKH, Dr. I Ketut Sudarsana, S.Ag., M.Pd.H. mengatakan, organisasi terbentuk untuk meningkatkan mutu terbitan ilmiah pada perguruan tinggi agama Hindu. Sampai saat ini, jurnal-jurnal dari Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu belum banyak yang terakreditasi, karena itu perlu dilakukan langkah-langkah persiapan untuk meningkatkan mutu jurnal. “Mudah-mudahan dengan ini, bisa masuk beberapa ke Sinta 2,”katanya.
PPJ-PTKH untuk pertama kalinya, katanya, bekerjasama dengan Kemenristekdikti untuk mendampingi jurnal-jurnal dari Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu. Dengan pendampingan ini diharapkan jurnal-jurnal tersebut bisa mendapatkan akreditasi minimal Sinta 4. “Setelah akreditasi ini, jika ada perbaikan bisa diakreditasi lagi untuk terus naik tingkat,”ujarnya.
Peningkatan kualitas dan kuantitas jurnal terakreditasi nasional dan jurnal internasional bereputasi ini menjadi sesuatu yang penting dalam rangka mewujudkan Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu menjadi uperguruan tinggi riset. Peningkatan kualitas jurnal ini menjadi penting karena menjadi media diseminasi untuk proses hilirisasi hasil-hasil penelitian sebagaimana diamanatkan oleh Kemenristekdikti. Disamping peningkatan jumlah dan kualitas riset di Indonesia, perlu dikembangkan juga media publikasi ilmiahnya agar artikel-artikel yang dihasilkan dari riset tersebut tidak semuanya diajukan ke jurnal di luar negeri saja, tetapi juga didiseminasi di jurnal-jurnal yang diterbitkan di Indonesia. Di sisi lain, peningkatan aksesibilitas laman jurnal ilmiah di Indonesia menjadi sangat penting pada era global saat ini, untuk mendapatkan dampak ilmiah yang signifikan.
Melalui wadah pengelola jurnal ini, diharapkan terjadi koordinasi antar pengelola sehingga bisa berbagi pengetahuan. Jurnal-jurnal tersebut diperlukan untuk publikasi berbagai penelitian dalam ranah agama Hindu, sehingga dapat dimanfaatkan berbagai pihak yang berkepentingan. Dijelaskan, hasil-hasil penelitian ini juga akan mendongkrak mutu suatu perguruan tinggi. (gde)