JA Teline V - шаблон joomla Форекс

POLITIK
Typography

MANGUPURA-fajarbali.com | Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) melaksanakan pembahasan APBD Badung Tahun 2022 hasil evaluasi Gubernur Bali di Gedung Dewan, Senin (27/12).

Saat rapat berlangsung, sempat terjadi perdebatan antara Dewan dan eksekutif lantaran Dewan melihat struktur APBD 2022 mendadak berubah. Bahkan, rapat harus diskor selama 10 menit.

 

Ketua DPRD Badung Putu Parwata didampingi Wakil Ketua I, I Wayan  Suyasa dan Wakil Ketua II, I Made Sunarta saat memimpin rapat menyatakan, ada sejumlah pergeseran anggaran setelah dilakukan evaluasi gubernur. Yakni, pendapatan daerah dari Rp 1,9 triliun menjadi Rp 2,08 triliun atau naik Rp 150 miliar. Pendapatan transfer naik dari Rp 888 miliar menjadi Rp 907 miliar. Kemudian pendapatan lain-lain yang sah terdapat beberapa pengurangan sehingga total pendapatan menjadi Rp 2,989 triliun.

 

Untuk belanja operasional Rp 2,399 triliun naik menjadi Rp 2,502 triliun. Kenaikan juga terjadi pada belanja modal dari Rp 52 miliar menjadi Rp 420 miliar. sehingga belanja menjadi Rp 3,252 triliun.

“Ini terakhir setelah evaluasi Gubernur,” ujar Parwata pada rapat yang juga dihadiri Ketua TAPD Sekda Badung Wayan Adi Arnawa bersama jajarannya.

 

Struktur APBD tersebut pun langsung ditanggapi Wayan Suyasa. “Struktur APBD ada peningkatan. Ini inovasi eksekutif. Belanja modal ada kenaikan untuk apa saja," Sentil Suyasa yang juga Ketua DPD Golkar Badung ini.

 

Sekda Adi Arnawa sempat membeberkan bahwa perubahan yang menjolok pada penambahan belanja. Diantaranya, Karena pinjaman PEN disetujui. Yakni utk penataan Pantai Samigita. “Kita mohon bantuan pusat dan disetujui. Ini menyebabkan belanja kita naik tapi tidak merubah target pendapatan,” ujarnya.

 

Selain itu, menurut Adi Arnawa perubahan pada belanja modal juga terjadi karena perintah presiden. Seperti pelebaran jalan menuju venue G20. Kemudian pembangunan sekolah dan pengadaan meubelair. Sesuai amanat UU Pemkab juga wajib memberikan BPJS Ketenagakerjaan kepada pegawai kontrak.

 

“Ini semua yang baru diakomodir membuat (APBD) terjadi perubahan setelah evaluasi gubernur. Bahkan dana 342 M untuk penataan Pantai Samigita itu baru kita terima setelah penetapan APBD,” kata Adi Arnawa.

 

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi III Putu Alit Yandinata langsung menyampaikan pemandangan yang menohok. Menurutnya gubernur tidak mungkin melakukan evaluasi dengan meminta daerah menambah anggaran. Apalagi penambahan tersebut diluar kesepakatan eksekutif dan DPRD di Badung. “Logika saya evaluasi gubernur pasti ada yang dikurangi. Ini kok barang dan jasa bertambah? Itu tidak mungkin. Kalau penambahan infrastruktur dan sebagainya kita tidak pernah bahas,” Sodoknya.,

 

Politisi asal Dauh Yeh Cani Abiansemal ini bahkan menyebut sejumlah anggaran yang muncul pasca evaluasi gubernur ini justru sebelumnya ditolak oleh eksekutif dengan alasan Covid.

 

“Belanja modal yang kita ajukan kemarin tidak ada tambahan, tapi kok setelah ada evaluasi gubernur ini muncul ? Pegawai kontrak kenapa meningkat ? Tidak mungkin gubernur minta penambahan barang dan jasa. Kok, banyak muncul anggaran tidak jelas setelah evaluasi gubernur? Anehnya, dana BTT yang sudah kita sepakati sebelumnya mendadak dikurangi dan digeser ke barang dan jasa,” tanya dia dengan terheran-heran.

 

Hal serupa juga dilontarkan oleh anggota dewan yang lain, seperti Made Ponda Wirawan, Wayan Sandra, dan Made Sunarta selaku Koordinator Banggar.

 

“Malu dong kita, dulu katanya belum bisa membangun gedung sekolah karena kondisi Covid. Tapi, sekarang mendadak ada pembangunan sekolah dan pengadaan lahan,” sindir Ponda Wirawan.

 

Pihaknya pun minta konsistensi pemerintah dalam menetapkan anggaran dan program kegiatan. “Sebelum rapat draf (APBD) mestinya diberikan dulu untuk dipelajari. Ini kami baru dikasi. Dan banyak yang janggal,” ungkapnya.

 

Made Sunarta juga mengungkapkan kekesalannya. Pasalnya, hibah dan pokir dewan justru disunat untuk dialihkan ke pengadaan barang dan jasa. “Saya menyampaikan aspirasi teman-teman, pokir dan hibah sekitar 54 miliar dihilangkan. Ini tentu kami pertanyakan karena ini sudah masuk pembahasan, sementara yang muncul sekarang tidak pernah kita bahas,” katanya.

 

Parwata usai rapat kemudian menambahkan, rapat diskors agar tidak terjadi salah jumlah dan tepat sasaran. Program yang sudah tercantum harus dieksekusi sesuai harapan bersama. Ternyata, terungkap ada salah jumlah dari jajaran eksekutif. "Sedikit tadi ada kesalahan jumlah," ujarnya 

 

Berdasarkan evaluasi Gubernur, politisi asal Dalung ini menyatakan bahwa Pendapatan Daerah total sebesar Rp 2,9 triliun lebih setelah ada pengurangan dana transfer dari provinsi sebesar Rp 6 miliar. Kemudian ada penambahan dana pinjaman Rp 263 miliar untuk PEN. Sehingga total APBD Badung tahun 2022 sebesar Rp 3,252 T.

 

“Itu yang kita sudah sepakati. Untuk hibah, demi kepentingan masyarakat tidak ada masalah. Melalui OPD akan ada kegiatan kemasyarakatan sehingga masyarakat bisa berjalan,” pungkas Parwata. (put)

BERITA TERKINI

Grid List

 

DENPASAR -fajarbali.com |Buntut kaburnya 3 tahanan di Polres Jembrana, Polresta Denpasar memperketat pengamanan rutan dan mengawasi dari segala titik. Bahkan, Kapolresta Denpasar Kombespol Jansen Avitus Panjaitan menyempatkan diri mengecek kondisi rutan didampingi Kasat Tahti AKP I Nyoman Gunadi dan Kasi Propam Iptu Harun Budiarto. 

 

MANGUPURA -fajarbali.com |Tersangka Fajar Gilang (22) yang ditangkap Satresnarkoba Polres Badung dengan barang bukti sabu seberat 1.014,83 gram memberikan pengakuan terbaru. Menurut pria asal Surabaya Jawa Timur itu, barang haram sabu diperoleh dari seorang napi Lapas di Bali yang akrab dipanggil Saiful. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Meningkatnya tindak kejahatan, meningkat pula jumlah para tahanan. Itulah kondisi yang terlihat di rumah tahanan (rutan) mako Polresta Denpasar yang terbilang overload. Jika seharusnya tahanan hanya diisi 160 orang, kini membludak jadi 188 orang. 

 

MANGUPURA -fajarbali.com |Tidak ada istilah tebang pilih, Satresnarkoba Polres Badung membekuk seorang pelajar SMA di Tabanan nyambi kurir narkoba. Pelaku bernama Putu Mahesa Putra (20) dibekuk sedang menempel sabu di pinggir Jalan Tegal Saat Gang Angrek Banjar Tegal Saat Mengwi Badung, pada Jumat 14 Januari 2022 sekitar pukul 15.30 Wita. 

GIANYAR-fajarbali.com | Tulisan dalam lontar kini sudah bisa didigitalisasi dan disimpan dalam komputer. Hal ini dilakukan Panglingsir Griya Kelod Cebaang, Desa Serongga, Gianyar. Proses digitalisasi dilakukan untuk menyelamatkan arsip-arsip lontar yang sudah tersimpan sejak ratusan tahun silam. Terlebih saat ini, lontar yang diwariskan turun temurun mulai mengalami kerusakan karena faktor usia lontar dan serangga. 

GIANYAR-fajarbali.com | Atas kerusakan saluran  irigasi di kawasan pertanian Desa Pering dan saluran irigasi di Desa Belega, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Gianyar berharap petani bisa mengalihkan tanaman komoditi selain padi atau menanam palawija. Mengingat kalau menunggu perbaikan saluran irigasi masih cukup lama. 

DENPASAR – fajarbali.com | Yosep Boleng kembali terpilih untuk kedua kalinya memimpin paguyuban warga Flores Timur dan Lembata yang tergabung dalam Lamaholot Bali.

DENPASAR – fajarbali.com | Sesuai dengan program Pemerintah Pusat menghadapi pandemi covid-19, vaksinasi dosis lanjutan (booster) telah resmi dimulai. Presiden RI Joko Widodo dalam arahannya 12 Januari 2022 lalu mengatakan, Program vaksin booster ini akan diberikan secara gratis untuk masyarakat Indonesia dimana untuk Bulan Januari ini, vaksinasi ditargetkan menyasar 21 juta orang.

BANGLI-fajarbali.com | Serangkaian Songan Youth Festival berbagai kreasi perlombaan yang memadukan seni dan olah raga digelar STT Tirta Nirmala, Desa Songan, Kintamani, Bangli. Festival untuk mewadahi kreativitas para pemuda ini,  dibuka langsung Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Sabtu (22/01/2022).

DENPASAR – fajarbali.com | Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscablub) yang diselenggarakan di Sekretariat DPD Hanura Bali di Denpasar pada Sabtu (22/1) menghasilkan salah satu keputusan strategis, yakni menunjuk Wayan Budi sebagai nahkoda DPC Karangasem hingga 2025 menggantikan I Made Arnawa.

BANGLI-fajarbali.com | Anjuran Gubernur Bali, I Wayan Koster untuk mempatenkan tarian dan lagu Pucuk Bang sebagai maskot Bangli langsung ditindaklanjuti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangli. Koordinasi sudah dilakukan ke Pemprop Bali. Selain itu, Disparbud Bangli juga saat ini masih melakukan identifikasi untuk mendapatkan sejumlah Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang lain. 

Denpasar-fajarbali.com | Seorang pasien Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar, Bali berhasil melahirkan bayi kembar empat. Dimana kejadian itu merupakan peristiwa kelahiran bayi kembar empat yang pertama kalinya di rumah sakit tersebut.

Denpasar-fajarbali.com | Dua orang pasien Covid-19 varian Omicron dilaporkan meninggal hari pada Sabtu (22/1). Menurut informasi resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kedua korban memiliki komorbid. Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi melalui siaran persnya mengatakan, kedua kasus tersebut merupakan pelaporan fatalitas pertama di Indonesia akibat varian baru yang memiliki daya tular tinggi. Disebutkan, satu kasus merupakan transmisi lokal, meninggal di RS Sari Asih Ciputat dan satu lagi merupakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri, meninggal di RSPI Sulianti Saroso.

NEGARA-fajarbali.com | Sejumlah Pejabat Tinggi Pratama, Administrator serta Pejabat Pengawas di Pemkab Jembrana kembali terjadi pergeseran atau mutasi. Hal itu terbukti dilantiknya sejumlah pejabat di Aula Lantai II Jimbarwana, Pemkab Jembrana Jumat(21/2). Hadir saat pelaksanaan pelantikan di antaranya  Ketua DPRD Ni Made Sri Sutharmi dan Sekda I Made Budiasa serta pimpinan OPD dilingkup Pemkab Jembrana.

NEGARA-fajarbali.com | Untuk membangkitkan sektor perekonomian adat di Kabupaten Jembrana, Bupati Jembrana I Nengah Tamba menghadiri penandatanganan perjanjian kerjasama Baga Utsaha Praduwen Desa Adat (BUPDA) di Desa Adat Tegalcangkring dengan PT Surya Sanjaya dan sekaligus Bupati Tamba meresmikan BUPDA Mart dan Banjar Creative Space, Sabtu (22/1).

GIANYAR-fajarbali.com | Mendukung perkembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Gianyar, Dekranasda Gianyar menggandeng PT. GOTO Gojek Tokopedia dan PT. Tokopedia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital serta menaikkan kelas perajin binaan Dekranasda Gianyar. Upaya itu juga didukung membuka Dekranasda Gianyar Hybrid Store di Block B Pasar Seni Sukawati. 

GIANYAR-fajarbali.com | Di Tahun 2022 ini vaksinasi kepada anjing peliharaan menyasar ke desa-desa yang diindikasikan terdapat anjing rabies atau pernah terdapat anjing rabies. Tiga desa yang disasar adalah Desa Peliatan Kecamatan Ubud, Desa Manukaya kecamatan Tampaksiring dan Desa Serongga Kecamatan Gianyar. 

DENPASAR-Fajarbali.com |

DENPASAR-Fajarbali.com

ENPASAR-Fajarbali.com|Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Buleleng telah menahan Hernawati, tersangka kasus dugaan penyimpangan pengelolaan keuangan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Amarta Desa Patas, Buleleng.

DENPASAR-Fajarbali.com |Sidang kasus dugaan korupsi bantuan keuangan khusus (BKK) pengadaan aci-aci dan sesajan untuk Banjar se kota Denpasar dengan terdakwa I Gusti Ngurah Bagus Mataram, Jumat (21/1/2022) kembali digelar.

DENPASAR – fajarbali.com  I  Menyambut serta membuka tahun baru  2022, Komunitas Honda Big Bike Chapter Bali menggelar kegiatan kebersamaan yang diberi tajuk  “Charity Event”, (15/1) 2021. Dengan konsep satu hati berbagi, komunitas HOBI mengunjungi Yayasan Saranam Seva yang berlokasi di Singaraja. Bentuk bantuan yang disalurkan berupa bahan pokok makanan , beras , sayuran , kacang-kacangan, susu , minyak, dll.  Kegiatan yang diselenggarakan secara terbatas dengan total 25 Riders yang menggunakan Honda  Rebel , Honda CB650 , Honda CB500X , Honda Xadv750 , Honda CB500FK dengan tetap mengikuti prokes.

DENPASAR-Fajarbali.com|Tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Buleleng, Kamis (20/1/2022) resmi menahan mantan Ketua BUMDes Amarta Desa Patas Buleleng Hernawati yang diduga melakukan tidak pidana korupsi. 

DENPASAR-Fajarbali.com | Tesangka kasus dugaan penyimpangan dalam pengelolaan keuangan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Amarta Desa Patas, Buleleng, Hernawati, Kamis (20/1/2022) resmi ditahan oleh tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Buleleng.