JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Pilgub Bali Award, Tabanan Raih Penghargaan Partisipasi Pemilih

POLITIK
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Setelah penyelenggaran Pilgub Bali 2018 berjalan lancar, KPU Provinsi Bali menggelar Pilgub Bali Award yang berlangsung di Gedung Ksirarnawa Art Center Denpasar. Pilgub Bali Award merupakan bentuk penghargaan kepada penyelenggara Pilkada di berbagai tingkatan.

Ketua KPU Provinsi Bali Wayan Jondra mengatakan, ada beberapa temuan yang perlu mendapat perhatian. Yakni angka partisipasi pemilih. Di Denpasar, angka partisipasi masih tergolong rendah. Padahal, akses informasi memadai dan aksesibilitasnya baik. Begitu juga dengan Kabupaten Buleleng yang notabene merupakan DPT terbanyak.

Namun berbeda dengan Kabupaten Bangli dan Klungkung. Kendati aksesibilitas tidak begitu baik, akan tetapi tingkat partisipasinya cukup tinggi.

Tertinggi, angka partisipasi pemilih diraih oleh Kabupaten Tabanan. Maka dari itu, Kabupaten Tabanan berhak mendapatkan penghargaan dari KPU Provinsi Bali.

Sementara itu, Gubernur Bali Wayan Koster yang turut hadir dalam Pilgub Bali Award mengapresiasi Pilgub Bali 2018 yang telah berjalan lancar dan aman. Dengan adanya Pilgub Bali Award tersebut, bisa dijadikan ajang untuk mengevaluasi apa yang menjadi kekurangan dalam penyelenggaran Pilkada di Bali. “Ini bisa menjadi basis kita untuk terus mengevaluasi dan terus mendorong agar pemilu berikutnya bisa kita keola dengan lebih baik lagi,” katanya.

Untuk itu, apa yang menjadi hasil penelitian oleh KPU perlu adanya tindak lanjut dan sosialisasi kepada masyarakat luas. Di samping itu, sinergi antara KPU dengan pemerintah daerah juga perlu ditingkatkan.

Persoalan anggaran juga perlu diperhatikan. Dimana penataan dan efisiensi penggunaan anggaran untuk Pilkada harus ditekan. Apalagi pada tahun 2019 mendatang akan digelar hajatan Pilkada yang lebih besar yakni Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg). “Menurut saya Pemilu serentak harus dilakukan dengan manajemen yang berbeda dengan Pemilu yang dilakukan secara sendiri-sendiri,” tandasnya.

Pilgub Bali Award 2018 diberikan dalam 12 kategori. Kategori Pemilih Berkualitas, Kategori Akurasi Daftar Pemilih, dan kategori Upload Sidalih. Juga kategori Penyampaian Laporan Keuangan Tingkat Kabupaten, Penyampaian Keuangan Tingkat PPK, dan Laporan SPIP. Berikutnya kategori Kreasi Sosialisasi, Situng Tercepat, dan Transparansi Penyelenggaraan Pemilu (PPID). Serta kategori Partisipasi Pemilih Tertinggi Tingkat Kabupaten, Partisipasi Pemilih Tingkat Desa dan Penyelenggara Pemilu Berkualitas. (her)