JA Teline V - шаблон joomla Форекс

POLITIK
Typography

SINGARAJA-fajarbali.com | Setelah dua hari Rapat Pleno, akhirnya tepat Pukul 21.30 wita KPU Kabupaten Buleleng akhirnya merampungkan penghitungan suara Pemilu 2019. Untuk Pileg DPRD Kabupaten Buleleng, PDIP meraih suara tertinggi dengan perolehan total 18 kursi. Justru Partai Demokrat merosot pada Pileg 2019 ini. 

Pada Pileg 2014 yang lalu, Partai Demokrat meraih 6 kursi, namun kali ini turun separuh menjadi 3 kursi. Sedangkan PDIP, yang sebelumnya 15 kursi menjadi 18 kursi atau naik 3 kursi. 

Perolehan kursi PDIP terbilang merata diseluruh Dapil di Buleleng. Yakni Dapil Kecamatan Buleleng dengan 4 kursi. Selanjutnya, dapil Kecamatan Tejekula- Kubutambahan berhasil meraih 2 kursi, dapil Sawan dengan 2 kursi, dapil Sukasada dengan 3 kursi, dapil Banjar-Busungbiu 3 kursi, dan Dapil Seririt-Gerokgak 4 kursi."Tentu kami bersyukur hasil yang kami capai. Memang awalnya kami memasang target 19-20 kursi. Namun dari hasil perhitungan, meskipun dapat 18 kursi, kami berharap bisa lebih maksimal berbuat untuk masyarakat Buleleng lewat DPRD Buleleng," kata Sekretaris DPC PDIP Buleleng, Gede Supriatna, Senin (06/05).

Untuk Partai Demokrat, kehilangan 3 kursi menjadi pukulan telak. Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY),  hanya mampu meraih kursi di 3 Dapil. Diantaranya, Dapil Tejakula-Kubutambahan (Luh Hesti Ranitasari), Dapil Seririt-Gerokgak (Kadek Sumardika), Dapil Banjar-Busungbiu (Gusti Agung Ngurah Putra Sudewa). Sedangkan 3 incumbent Partai Demokrat lainnya Made Adi Purnawijaya, Mangku Ariawan, dan Dewa Putu Tjakra terpental dari Pileh 2019 ini. 

Kejuatan justru muncul dari partai pendatang baru yakni Perindo. Partai besutan Hari Tanoe ini berhasil menguasai satu kursi dari Caleg Dapil Seririt-Gerokgak bernama Gusti Made Kusumayasa. Diketahui Made Kusumayasa merupakan mantan Perbekel Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt.

Disisi lain, Partai Golkar masih terbilang stabil dengan mempertahankan 7 kader terbaiknya melangkah ke gedung dewan di Bumi Panji Sakti. Raihan ini masih sama seperti Pileg 2014 lalu, dimana masing-masing Dapil Golkar mengirimkan satu perwakilannya, hanya khusus di Dapil Tejakula-Kubutambahan Golkar mengirimkan 2 wakilnya. Selanjutnya ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga meloloskan satu wakilnya dari Dapil Seririt-Gerokgak. PKB sukses mengantarkan kadernya bernama Mulyadi Putra, yang sebelumnya sempat menjadi anggota DPRD Buleleng 2014-2019 dari PPP. (ags)