JA Teline V - шаблон joomla Форекс

POLITIK
Typography

AMLAPURA-fajarbali.com | KPU Karangasem bakal melakukan penetapan calon anggota DPRD yang terpilih saat Pileg 17 April setelah masa tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). Jika tidak ada gugatan hasil Pileg di Karangasem, KPU bakal menetapkan nama-nama yabg terpilih setelah tanggal 1 Juli mendatang. 

Ketua KPU Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana, Kamis (27/6/2019), mengatakan, sesuai tahapan sidang gugatan terkait hasil Pileg baru akan dilaksanakan hingga tanggal 1 Juli mendatang. Artinya, jika ada gugatan hasil pileg di kabupaten Karangasem, pihaknya pum harus menunggu sampai ada putusan mengikat dari MK. "Kita tunggu saja apa ada atau tidak gugatan hasil Pileg untuk di Karangasem," ujarnya. 

Krisna Adi Widana mengatakan,kalau memang tidak ada mengajukan gugatan, penetapan kemungkinan akan dilaksanakan tanggal 3 Juli mendatang. KPU, memiliki waktu selama tiga hari yakni tanggal 2,3 dan 4 Juli melaksanakan pleno penetapan calon anggota terpilih di DPRD Karangasem. "Kemungkinan tanggal 3 Juli nanti kita tetapkan, siapa saja yang lolos," ujarnya lagi. 

Nantinya, penghitungan penetapan hasil Pileg akan dilakukan dengan sistem saintelaegue, jadi surat suara sah partai akan dibagi 1,3,5,7 dan seterusnya untuk menetukan kursi dan calon anggota DPRD dengan perolehan  suara terbanyak. Sesudah itu, kata Krisna Adi Widana, akan ditentukan jumlah anggota DPRD yang lolos per dapil. "Setelah itu,KPU akan merangking perolehan masing masing-masing caleg, dalam rangka persiapan pengganti antar waktu (PAW), nantinya semua itu di SK-kan oleh KPU Karangasem," sebutnya. 

Krisna Adi Widana mengatakan, KPU memiliki waktu sempai tujuh hari mengusulkanya ke Gubernur melalui bupati Karangasem. Tahapanya selanjutanya, kata Krisna Adi Widana, pelantikan akan dilaksanakan pada 16 Agustus mendatang. Dikatakannya,syarat lainya yang mesti dipenuhi calon anggota DPRD terpilih sebelum diusulkan ke Gubernur harus menyerahkan laporan hasil kekayaaan pejabat negara (LHKPN). "Setelah dikonfimasi semua anggota yang lolos sudah menyerahkan semua itu barulah di lantik," pungkasnya. (bud)